Saat Kelinci Peliharaan Terlalu Gemuk, Lakukan Hal Ini

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   20 Desember 2021
Saat Kelinci Peliharaan Terlalu Gemuk, Lakukan Hal IniSaat Kelinci Peliharaan Terlalu Gemuk, Lakukan Hal Ini

“Apakah kamu merasa kelinci peliharaan terlalu gemuk? Sebaiknya jangan abaikan kondisi ini karena ini bisa mengganggu kesehatan hewan peliharaan kamu. Kamu perlu menyusun strategi untuk membantu membakar lemak di tubuhnya, seperti dengan menerapkan pola makan yang lebih sehat dan alami, serta mengajaknya untuk lebih banyak bergerak dan berolahraga.”

Halodoc, Jakarta – Kelinci adalah hewan peliharaan yang menyenangkan. Mereka memiliki karakter yang lembut, meski kadang sangat suka makan. Kelinci juga memiliki kecenderungan untuk makan berlebihan jika kamu sebagai pemiliknya membiarkannya demikian. Pada akhirnya, ini bisa merusak kesehatan kelinci peliharaanmu. 

Jika kamu memiliki kelinci peliharaan terlalu gemuk, maka ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan berikut ini untuk membantu menurunkan sebagian dari berat badannya. Cara-cara ini juga dinilai mampu mengembalikan berat badan kelinci ke dalam indeks massa tubuh yang sehat.

Mengatasi Kelinci Peliharaan Terlalu Gemuk

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

  • Ketahui Ukuran Ras Kelinci

Hanya karena kelinci terlihat besar, bukan berarti ia kelebihan berat badan. Beberapa ras kelinci berukuran lebih besar dari yang lain. Jika kamu tidak yakin seperti apa berat badan yang sehat untuk kelinci yang kamu pelihara, bicarakan dengan dokter hewan.

Atau, salah satu cara yang dapat menentukan apakah kelinci kelebihan berat badan di rumah adalah dengan meraba tulang belakangnya. Jika kamu tidak dapat merasakan tulang belakang kelinci, maka benar adanya bahwa kelinci peliharaan terlalu gemuk dan perlu dikurangi berat badannya. 

  • Jangan Memberi Terlalu Banyak Pelet 

Kebanyakan orang berpikir bahwa kelinci harus hidup dengan diet pelet, nuget, atau muesli dengan sesekali memasukkan sayuran berdaun sebagai camilan. Namun, itu bukan jenis makanan alami untuk kelinci. Bahkan beberapa jenis pelet bisa saja mengandung gula tambahan, sehingga akan membuat kelinci mengalami kenaikan berat badan jika mereka memakannya berlebihan. 

Kelinci Anda harus mendapatkan banyak jerami segar berkualitas baik dan beberapa sayuran berdaun hijau. Idealnya, kamu harus memberi makan jerami dan mereka harus makan sebagian jerami dengan ukuran yang sama dengan tubuhnya setiap hari. Sementara itu, porsi pelet atau nugget mereka harus diukur dengan hati-hati mengikuti petunjuk pemberian makan di kemasan. 

Sebagai aturan umum, kamu harus memberi makan 25 gram (gr) pelet per kilo berat badan kelinci per hari, dibagi menjadi dua porsi dengan ukuran yang sama yang diberikan pada pagi dan sore hari. Pilih pelet atau nugget yang tinggi serat kasar. Mungkin ada makanan ringan dan sayuran berwarna juga, tetapi ini harus digunakan dengan hemat sebagai hadiah dan tidak boleh menjadi makanan utama kelinci. 

  • Beri Banyak Jerami

Cara mengatasi kelinci peliharaan terlalu gemuk lainnya adalah dengan mengubah pola makannya. Ingat, jerami harus menjadi makanan utama kelinci. Jerami juga penting untuk mendorong perilaku makan alami kelinci dan mendorong mereka untuk mengunyah, yang akan membantu menjaga gigi mereka yang terus tumbuh dalam kondisi baik. Namun  perlu diingat, bahwa jerami adalah tanaman alami dan nutrisinya dapat bervariasi tergantung pada kondisi di mana ia tumbuh. 

  • Buat Mereka Bergerak Lebih Banyak

Kelinci suka bergerak untuk mencari makan, sehingga kamu dapat mencoba memberi makan pelet atau nuget porsi harian kelinci di antara jerami mereka, sehingga mereka harus mencari makan dan bekerja lebih keras untuk menemukan makanannya. Ini juga memberikan latihan tambahan untuk membantu mereka tetap terhibur dan bahagia. Atau kamu juga bisa menyembunyikan makanan mereka di beberapa mainan mereka. 

  • Biarkan Kelinci Berolahraga

Salah satu hal terbaik yang dapat kamu lakukan untuk kelinci peliharaan terlalu gemuk adalah membiarkannya berkeliaran bebas dan berolahraga. Kelinci yang dikurung dalam kandang kecil dengan ruang yang cukup untuk bergerak tidak akan terlalu bahagia dan kemungkinan besar mereka juga tidak akan banyak berolahraga.

Kelinci membutuhkan banyak ruang untuk dapat bergerak dengan cepat dan membakar energi. Selain itu, jika kelinci mungkin kesulitan untuk mengurangi makanannya, selingi dengan olahraga dan ini akan membantu kelinci mencapai target penurunan berat badannya lebih cepat.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika kelinci peliharaan terlalu gemuk. Kamu juga bisa bertanya pada dokter hewan di Halodoc jika ingin tahu lebih banyak mengenai cara merawat kelinci yang baik dan benar. Ambil smartphone-mu sekarang dan download aplikasi Halodoc sekarang untuk menikmati layanan kesehatan yang lebih praktis!

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2021. Is Your Pet Bunny Too Plump?
Rabbit Welfare Association and Fund UK. Diakses pada 2021. Is Your Rabbit Too Fat?
Supreme Pet Foods. Diakses pada 2021. How to Help an Overweight Rabbit Lose Weight.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan