Resep Samosa Isi Sayur, Buat yang Enggak Doyan Daging

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   24 Juli 2023

“Samosa tak cuma dapat dibuat dengan daging sapi, kamu juga dapat membuatnya dari sayuran. Selain itu, kamu juga dapat memasak samosa isi sayur ini dengan sejumlah bahan alternatif lain.”

Resep Samosa Isi Sayur, Buat yang Enggak Doyan DagingResep Samosa Isi Sayur, Buat yang Enggak Doyan Daging

Halodoc, Jakarta – Samosa adalah makanan ringan yang terkenal di wilayah Asia Tengah. Hidangan ini merupakan sejenis pastry goreng dan berisikan kentang rebus dengan rempah-rempah. Kebanyakan samosa berisikan daging sapi sebagai bahan utamanya. 

Namun, bagi kamu yang tidak menyukai daging, sebenarnya kamu bisa berkreasi untuk membuat samosa berisikan sayuran. Yuk, ketahui apa resep samosa isi sayur buat kamu yang tidak suka daging. 

Resep Samosa Isi Sayur yang Dapat Kamu Coba di Rumah 

Bahan-Bahan:

  • Sayur kol secukupnya (pastikan untuk tidak terlalu penuh). 
  • 3 buah wortel.
  • 3 buah kentang.
  • 5 buah bakso.
  • 10 lembar kulit lumpia.
  • Minyak goreng.
  • Penyedap rasa.
  • Lada bubuk.

Langkah Pembuatan 

1. Langkah 1

Iris tipis kol, kentang, wortel, dan bakso. Kemudian, tumis kol, kentang, wortel, dan bakso hingga matang, tambahkan penyedap rasa dan bubuk lada.

2. Langkah 2

Siapkan kulit lumpia, masukkan isian kol, kentang, wortel, dan bakso yang sudah tertumis. Bentuknya seperti segitiga dan gunakan cairan tepung sebagai perekat agar lipatannya tidak rusak saat kamu goreng.

3. Langkah 3

Panaskan minyak, lalu goreng samosa yang sudah kamu bentuk. Samosa isi sayur siap untuk kamu sajikan sebagai camilan favorit keluarga.

Selain untuk camilan keluarga, tentunya resep samosa isi sayur ini dapat menjadi salah satu hidangan berbuka puasa. 

Alternatif Bahan Resep Samosa untuk Pengidap Hipertensi dan Diabetes

Alternatif Bahan Resep Samosa untuk Pengidap Hipertensi dan Diabetes

Pengidap hipertensi atau diabetes (penyakit gula) tentu perlu membatasi konsumsi gorengan secara berlebihan. Nah, ada beberapa bahan yang dapat menjadi alternatif agar samosa isi sayuran dapat menjadi hidangan yang lebih sehat, yaitu: 

1. Menggunakan Kulit Lumpia Gandum

Gantilah kulit lumpia biasa dengan kulit lumpia yang terbuat dari gandum. Kulit lumpia gandum mengandung lebih banyak serat dan nutrisi daripada kulit biasa.

2. Panggang daripada Menggoreng

Coba panggang samosa daripada menggorengnya. Dengan cara ini, kamu dapat mengurangi jumlah lemak dan kalori dalam hidangan tanpa mengorbankan rasa.

3. Isi dengan Sayuran Lebih Banyak

Buatlah samosa dengan lebih banyak sayuran seperti kentang, wortel, kacang polong, kubis, dan lainnya. Sayuran kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan. Khususnya bagi pengidap penyakit gula dan hipertensi. 

Ketahui apa saja sayuran yang sehat untuk tubuh pada artikel: Catat, Inilah 20 Jenis Sayuran yang Menyehatkan Tubuh

4. Kurangi Takaran Garam dan Gula

Kurangi penggunaan garam dan gula dalam isian samosa. Nah, kamu dapat menggantinya dengan rempah-rempah alami untuk menambahkan cita rasa tanpa menambahkan sodium atau gula berlebih.

Itulah resep samosa isi sayuran untuk mereka yang tidak menyukai daging, sekaligus beberapa alternatif bahannya. Jika kamu atau orang tua kamu mengidap hipertensi atau diabetes, pastikan untuk terlebih dahulu berdiskusi dengan dokter spesialis penyakit dalam terkait konsumsinya. 

Selain itu, pastikan untuk tetap minum obat dan suplemen yang telah dokter resepkan, secara teratur. Nah, tak hanya samosa isi sayuran, ada juga resep camilan lainnya yang tak kalah lezat. Ketahui pada:

Referensi: 
Cookpad. Diakses pada 2023. Samosa Isi Sayur. 
Healthline. Diakses pada 2023. Why Are Fried Foods Bad for You?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan