Resep Mille Crepes yang Bisa Disajikan di Acara Spesial

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Oktober 2023

“Cara membuat mille crepes mudah dan tidak memerlukan oven. Meski begitu, konsumsi hidangan penutup yang manis ini perlu kamu batasi karena mengandung kalori dan lemak yang tinggi.”

Resep Mille Crepes yang Bisa Disajikan di Acara SpesialResep Mille Crepes yang Bisa Disajikan di Acara Spesial

Halodoc, Jakarta – Bagi pecinta dessert, kamu mungkin sudah tidak asing dengan mille crepes. Kue yang ciri khasnya terdiri dari banyak lapisan ini memiliki rasa yang manis dan lembut saat kamu memakannya.

Bila ingin menyajikan kue ini pada acara spesial, kamu tidak harus beli ke toko kue yang mahal kok. Yuk, coba buat sendiri dengan mengikuti resep berikut ini!

Resep Mille Crepes Enak

Mille crepes merupakan kue yang terdiri dari berlapis-lapis crepe yang bertumpuk dengan isian krim. Kata mille crepes sendiri berasal dari perpaduan kata “mille feuille” dan “crepes”.

Dalam bahasa Perancis, “mille feuille” berarti seribu daun untuk menggambarkan banyaknya lapisan crepes. Meski begitu, camilan satu ini bukan berasal dari Perancis, melainkan buatan koki kue asal Jepang bernama Emy Wada.

Cara membuat camilan ini terbilang cukup mudah. Bahkan kamu tidak memerlukan oven untuk membuatnya, karena memasak kue ini cukup dengan menggunakan teflon anti lengket.

Berikut resep mille crepes untuk acara spesial:

  • Waktu membuat: kurang lebih 45 menit
  • Untuk 4-5 porsi

Bahan-bahan:

  • 4 butir telur
  • 50 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 185 gr tepung terigu
  • 25 gr coklat bubuk
  • 500 ml susu cair
  • 65 gr margarin cair

Bahan cream:

  • 150 gr whipped cream bubuk
  • 300 ml air es
  • 100 gr dark cooking chocolate (dcc)
  • 40 gr kental manis.

Cara membuatnya:

  1. Untuk membuat crepes, campurkan tepung terigu dan coklat bubuk, lalu ayak ke wadah lain untuk menyaring yang menggumpal.
  2. Kemudian kocok telur, lalu masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil kamu aduk hingga rata. Lalu, tuang susu, dan mentega cair, aduk rata hingga tidak ada yang bergerindil.
  3. Panaskan teflon anti lengket, lalu oleskan minyak tipis saja. Tuang adonan sebanyak satu sendok sayur. Ratakan dan tunggu hingga adonan tidak basah lagi dan mengelupas. Angkat, lalu ulangi hal tersebut sampai adonan crepes habis.
  4. Untuk krim pelapisnya, masukkan semua bahan di wadah lalu aduk dengan menggunakan mixer hingga tercampur rata, mengembang putih dan tidak tumpah saat kamu membaliknya.
  5. Tata lapisan crepes yang sudah dingin, oleskan krim secukupnya, lalu tumpuk dengan crepe lagi.
  6. Lanjutkan langkah tersebut hingga lapisan crepes habis paling atas. Simpan di freezer selama 15 menit agar krimnya set.
  7. Mille crepes pun bisa kamu hidangkan untuk keluarga.

Selain resep itu, kamu juga bisa coba beberapa resep kue lainnya berikut:

Tips Mengonsumsi Mille Crepes Agar Berat Badan Tetap Terjaga

Bila kamu melihat dari bahan-bahannya, camilan ini merupakan dessert yang tinggi kalori dan sebagian besar kalori tersebut berasal dari lemak. Karena itu, kamu perlu membatasi konsumsinya agar tidak berlebihan. 

Pasalnya, mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan gula secara berlebihan tak hanya bisa menggagalkan usaha diet, tapi juga meningkatkan risiko kamu mengalami diabetes, obesitas dan berbagai penyakit lainnya.

Jadi, bila kamu atau ada anggota keluargamu yang sedang diet, berikut tips mengonsumsi camilan ini agar berat badan tetap terjaga:

  • Berbagilah potongan dengan orang lain. Jadi, sebaiknya kamu tidak makan 1 potong kue sendirian, bagilah dengan teman atau orang terdekatmu.
  • Buat sendiri. Dengan begitu, kamu bisa mengontrol jenis bahan untuk kue tersebut. Misalnya, kamu bisa mengganti susu full cream dengan susu rendah lemak, atau mengurangi penggunaan gula.
  • Tambahkan topping yang sehat berupa buah segar. Hal ini akan menambahkan nilai gizi pada kue tersebut, karena buah bisa memberikan asupan vitamin, serat, dan lain-lain.

Itulah resep mille crepes untuk acara keluarga. Bila kamu ingin bertanya seputar nutrisi makanan atau diet rendah kalori, coba hubungi saja ahlinya lewat aplikasi Halodoc.

Melalui Video/Voice Call dan Chat, ahli gizi terpercaya dari Halodoc bisa memberimu saran kesehatan yang tepat. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
Cookpad. Diakses pada 2023. Mille crepes cake.
Tasty. Diakses pada 2023. Mille crepes cake.
WRP. Diakses pada 2023. Makan Mille Crepes Viral Saat Menjalani Diet, Boleh Tidak Ya?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan