Resep Mie Nyemek Kaya Rempah yang Pasti Jadi Favorit Keluarga

3 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   21 November 2023

"Mie nyemek memiliki cita rasa yang gurih, sedikit pedas dan manis. Hidangan ini biasanya ditambahkan dengan telur dadar, potongan daging dan sayur-sayuran."

Resep Mie Nyemek Kaya Rempah yang Pasti Jadi Favorit KeluargaResep Mie Nyemek Kaya Rempah yang Pasti Jadi Favorit Keluarga

Halodoc, Jakarta – Mie nyemek merupakan masakan khas Jawa yang kaya rempah. Bedanya dengan mie biasa, menu ini tidak bertekstur kering maupun berkuah. Hidangan ini berisi mie dengan sedikit kuah sehingga teksturnya sedikit “nyemek”. 

Ciri khas dari menu ini adalah rasa yang gurih, sedikit pedas, dan manis karena penggunaan kecap manis dalam bumbunya. Biasanya, mie dihidangkan dengan irisan telur dadar tipis, potongan daging ayam atau sapi, serta sayuran seperti sawi atau pakcoy. 

Resep Mie Nyemek Kaya Rempah

Jika kamu ingin membuat mie nyemek sendiri di rumah, simak resep berikut ini:

Waktu membuat 20 menit

Untuk 2 porsi

Bahan-bahan:

  • 1 lembar mie telur kering 
  • 5 sdm ayam suwir 
  • 1 buah tomat, potong 
  • Bawang goreng
  • 1 batang daun bawang, iris 
  • Kubis secukupnya, iris 
  • 1 butir telur

Bumbu halus: 

  • 2 siung bawang putih, haluskan 
  • 1 sendok teh kecap asin
  • 2 siung bawang merah, haluskan  
  • ½ sendok teh saus tiram 
  • 2 sendok makan kecap manis 
  • Gula, garam, dan merica

Cara membuat:

  1. Rebus mie telur hingga setengah matang. Tiriskan. 
  2. Siapkan wajan, tumis bumbu halus. Tambahkan sedikit air.
  3. Masukan mie yang telah direbus, ayam suwir, bakso, tomat, daun bawang, dan kubis. Aduk sampai mi tercampur rata dengan kuah. 
  4. Tambahkan telur, aduk rata sampai kuahnya mengental. 
  5. Beri bumbu berupa kecap asin, saus tiram, kecap manis, gula, garam, dan merica. Koreksi rasa.
  6. Sajikan dengan taburan seledri dan bawang goreng. 
  7. Mie nyemek siap kamu sajikan.

Selain mie nyemek, kamu juga bisa mencoba resep mie ini di rumah, salah satunya adalah Cara Membuat Mie Goreng yang Lebih Sehat dengan Bahan Sederhana.

Cara Membuat Mie Nyemek Versi Lebih Sehat

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih bahan-bahan yang lebih sehat dalam pembuatan mie nyemek:

1. Pilih mie berbasis gandum utuh atau soba

Gunakan mie gandum utuh atau mie soba sebagai alternatif. Jenis mie ini mengandung serat lebih banyak dan lebih rendah indeks glikemiknya. Dengan begitu, gula darah tetap stabil.

2. Tambahkan sayuran segar

Kamu juga sebaiknya menambahkan beragam sayuran segar seperti wortel, brokoli, sawi, kangkung, dan paprika. Sayuran memberikan serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan.

3. Pilihan sumber protein yang sehat

Gunakan daging ayam tanpa kulit atau daging tanpa lemak untuk membuat mie nyemek. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi kadar lemak jenuh sehingga tidak berlebihan.

4. Gunakan minyak nabati

Saat menumis bumbu, gunakan minyak nabati sehat seperti minyak zaitun extra virgin atau minyak kelapa. Hindari minyak kelapa dalam jumlah besar karena mengandung lemak jenuh yang tinggi.

5. Batasi garam dan gula 

Gunakan saus tiram rendah garam dan kecap manis rendah gula untuk memberikan cita rasa tanpa terlalu banyak garam dan gula tambahan.

Jika ingin menambahkan kaldu untuk rasa, gunakan kaldu sayuran rendah garam atau kaldu homemade yang tidak mengandung banyak sodium.

6. Hindari penggunaan MSG

Sebisa mungkin, jangan menambahkan monosodium glutamate (MSG) atau penyedap rasa buatan lainnya. Lebih baik gunakan bumbu alami seperti bawang merah, bawang putih, jahe, dan rempah-rempah.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, kamu dapat membuat mie nyemek yang lebih sehat dengan bahan-bahan yang lebih bernutrisi.

Jika punya pertanyaan lain seputar nutrisi makanan atau ingin mengetahui takaran saji yang tepat untuk konsumsi harian keluarga, jangan ragu untuk hubungi ahli gizi di Halodoc.

Referensi:
Kompas. Diakses pada 2023. Resep Mi Nyemek Khas Yogyakarta, Cocok Disantap Saat Malam.
Cookpad. Diakses pada 2023. Mie Nyemek, Mudah & Enak.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan