Resep Kue Kering Khas Indonesia untuk Temani Waktu Besantai

4 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   24 Juli 2023

“Kue kering khas Indonesia, seperti nastar dan putri salju, bisa menjadi camilan yang enak untuk menemani waktu bersantai. Namun, karena tinggi kalori, hindari mengonsumsi camilan tersebut secara berlebihan.”

Resep Kue Kering Khas Indonesia untuk Temani Waktu BesantaiResep Kue Kering Khas Indonesia untuk Temani Waktu Besantai

Halodoc, Jakarta – Pada saat acara-acara spesial, seperti tahun baru, lebaran atau natal, rasanya kurang lengkap tanpa kehadiran kue kering. Ada banyak jenis kue kering khas Indonesia yang rasanya enak dan bisa memeriahkan suasana.

Mulai dari nastar, kue putri salju dan masih banyak lagi. Tidak harus menunggu ada perayaan spesial dulu, kamu bisa coba buat kue kering khas Indonesia sebagai camilan untuk menemani waktu bersantai. Yuk, intip resepnya di sini!

Resep Kue Kering Khas Indonesia

Berikut cara membuat beberapa jenis kue kering khas Indonesia:

1. Nastar

Waktu pembuatan: 90 menit.

Bahan-bahan:

  • 250 gram margarin.
  • 50 gram gula halus.
  • 2 butir kuning telur.
  • 350 gram tepung terigu serbaguna.
  • 2 sdm susu bubuk.
  • Selai nanas untuk isian.

Bahan olesan:

  • 3 butir kuning telur.
  • 3 sdm minyak goreng.
  • Tiga sdt kental manis.

Cara membuatnya:

  1. Pertama-tama, masukkan margarin, gula halus dan kuning telur ke dalam wadah, lalu kocok hingga rata. Sekitar 30 detik sampai 1 menit.
  2. Kemudian, tambahkan ayakan terigu dan susu bubuk. Lalu, aduk hingga tercampur rata.
  3. Selanjutnya, ambil 1 sendok teh adonan, kemudian pipihkan dan isi dengan selai nanas. Bulatkan adonan hingga benar-benar bulat tanpa celah, lakukan sampai adonan habis.
  4. Kemudian, susun nastar di atas loyang.
  5. Siapkan oven dan panaskan terlebih dahulu dengan suhu 120 derajat Celsius. Kemudian, panggang nastar selama 25 menit.
  6. Sambil menunggu nastar, buat bahan olesan dengan mencampur kuning telur, SKM, dan minyak sayur.
  7. Setelah 25 menit, keluarkan nastar dan oles dengan bahan olesan tadi. Oles nastar sebanyak dua kali dengan rata di seluruh permukaan nastar.
  8. Panggang kembali nastar selama 25 menit di suhu 120 derajat Celsius. Oven sudah dipanaskan terlebih dahulu.
  9. Setelah 25 menit, angkat dan diamkan nastar di suhu ruang. Nastar pun siap kamu nikmati.

2. Kue putri salju keju

Waktu pembuatan: 90 menit

Bahan-bahan: 

  • 2 butir kuning telur. 
  • 200 gram butter
  • 300 gram margarin. 
  • 100 gram gula halus. 
  • 50 gram keju edam, parut. 
  • 50 gram keju cheddar. parut 
  • 650 gram tepung terigu protein sedang. 
  • 60 gram susu bubuk. 
  • 65 gram tepung maizena.

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, campurkan kuning telur, gula halus, butter, dan margarin ke dalam sebuah wadah, lalu aduk dengan menggunakan mixer. Aduk sampai adonan rata dan lembut.
  2. Kemudian, masukkan susu bubuk, keju edam, dan keju cheddar. Mixer sebentar sampai adonan rata. Matikan mixer. Lalu, masukkan terigu dan maizena, sambil diayak. Aduk dengan menggunakan spatula sampai adonan kalis. 
  3. Kemudian, pipihkan adonan sama rata. Cetak menggunakan cookie cutter sesuai selera. Lalu, susun kue di dalam loyang. Panggang dalam oven selama 40 menit dengan suhu 170 derajat Celsius. 
  4. Setelah itu, angkat dan baluri kue putri salju dengan gula halus. Sebaiknya taburi gula halus saat kue masih hangat agar gula lebih menempel. Kemudian, tata di dalam wadah dan taburi kembali dengan gula halus. Sajikan.

Selain resep kue kering di atas, coba juga resep berikut:

Awas, Batasi Konsumsi Kue Kering 

Mengonsumsi kue kering khas Indonesia yang enak, seperti nastar dan putri salju, memang bisa bikin kalap. Tidak jarang orang jadi mengonsumsinya secara berlebihan.

Namun, tahukah kamu bahwa kue nastar dan putri salju memiliki kalori yang sangat tinggi. Dilansir dari Fat Secret Indonesia, kalori 1 buah nastar sebesar 75 kilo kalori (kkal) dan putri salju sebanyak 30 kkal.

Karena itu, sebaiknya batasi konsumsinya agar tidak berlebihan. Beberapa tips yang bisa kamu coba agar tidak kalap saat makan camilan ini, yaitu:

  • Hindari mengonsumsi kue kering langsung dari toplesnya, tapi ambilah beberapa kue dan taruh di mangkuk atau piring. Dengan begitu, kamu bisa membatasi jumlah yang kamu konsumsi.
  • Kombinasikan dengan camilan sehat. Selain itu, jangan hanya mengonsumsi kue kering saja, kamu bisa mengisi mangkuk camilan kamu, seperempat dengan kue kering dengan selebihnya dengan camilan sehat, seperti anggur atau buah-buahan manis lainnya.

Itulah resep kue kering khas Indonesia. Bila kamu ingin bertanya seputar diet dan nutrisi makanan, kamu bisa tanyakan dengan ahli gizi di Halodoc.✔️ Melalui Video/Voice Call dan Chat, ahli gizi terpercaya dari Halodoc bisa memberimu saran kesehatan yang tepat. Klik gambar di bawah ini.

Referensi:
Cookpad. Diakses pada 2023. Nastar, Putri Salju Keju.
Pos Belitung. Diakses pada 2023. Resep Nastar Glowing Menggunakan Oven Tangkring, Gunakan Pasir saat Memanggang.
Fat Secret Indonesia. Diakses pada 2023.  Nastar, Kue Putri Salju.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan