Resep Kroket Kentang yang Praktis dan Sederhana untuk Anak di Rumah

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   11 Juli 2023

“Kroket kentang menjadi salah satu kudapan yang menyehatkan untuk anak. Berbahan dasar kentang, makanan ini bisa kamu campurkan dengan daging dan sayuran.”

Resep Kroket Kentang yang Praktis dan Sederhana untuk Anak di RumahResep Kroket Kentang yang Praktis dan Sederhana untuk Anak di Rumah

Halodoc, Jakarta – Kroket adalah makanan yang terbuat dari campuran kentang, daging, dan sayuran. Campurkan bahan-bahan ini menjadi satu, kemudian lapisi dengan tepung roti. Dengan begitu, kroket menjadi renyah pada kulitnya dan lembut di dalamnya.

Mengingat bahan dasar makanan ini adalah kentang, jadi makanan ini cocok untuk dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Campuran daging dan sayurannya pun menambah nutrisi dalam makanan ini.

Yuk, simak berbagai resep kroket kentang yang bisa kamu coba di rumah!

Resep Kroket Kentang untuk Anak

Kroket kentang adalah makanan yang berasal dari Belanda. Namun, karena penyajiannya cukup mudah, makanan ini akhirnya terkenal di Indonesia.

Kroket kentang merupakan makanan yang bisa kamu sajikan untuk makanan kudapan anak di rumah. Untuk mempermudah anak, ibu juga bisa membuat makanan ini dengan bentuk yang sesuai keinginan anak.

Selain daging sapi, ibu juga bisa membuat makanan kudapan ini menggunakan daging lainnya, seperti daging ayam hingga daging ikan. Selain itu, sayuran yang bisa ibu campurkan juga sangat beragam. Mulai dari brokoli hingga wortel.

Nah, Enggak Hanya Baik untuk Mata, Ini 6 Manfaat Wortel yang bisa ibu cari tahu untuk kesehatan anak.

Ada berbagai resep kentang kroket yang bisa kamu coba, salah satunya adalah resep yang satu ini, yaitu:

Tuna Kroket

Bahan yang perlu kamu siapkan:

  • ¼ cangkir minyak zaitun.
  • ¼ bawang bombay dicacah halus.
  • 2 buah bawang putih, cincang halus.
  • ¾ cangkir tepung all purpose.
  • 2 cangkir susu.
  • 1 kaleng daging ikan tuna.
  • Daun parsley dicacah secukupnya.
  • 2 sendok teh garam.
  • Setengah sendok teh lada hitam.
  • 2 butir telur yang dikocok lepas.
  • Keju secukupnya.
  • Tepung roti.

Selain kroket, kentang juga bisa ibu buat perkedel. Lalu, Berapa Kalori Perkedel Kentang Goreng? Yuk, cari tahu melalui artikel tersebut.

Cara Membuat Kroket Kentang

Tidak sulit kok untuk membuat makanan yang satu ini, nah berikut langkah-langkahnya.

1. Langkah pertama panaskan minyak. Untuk menumis bawang bombay dan bawang putih. Tumis kedua bawang hingga harum.

2. Kedua, kecilkan api dan masukkan tepung secara perlahan. Aduk-aduk hingga semuanya tercampur rata. Masukkan susu perlahan, hingga mendapatkan tekstur yang baik untuk dibentuk lonjong. 

3. Kemudian, matikan api. Masukkan keju, tuna, hingga daun parsley, dan garam. Aduk hingga semuanya tercampur dengan baik. Tunggu hingga adonan dingin. Kamu juga bisa memasukkannya ke dalam lemari pendingin.

4. Sambil menunggu adonan siap dibentuk, kamu bisa menyiapkan telur dan kocok lepas. Saat adonan kroket kentang dingin, siap untuk ibu bentuk sesuai dengan keinginan.

5. Setelah terbentuk sesuai, balurkan kroket pada telur yang sudah dikocok lepas. Kemudian, masukkan ke dalam tepung roti. Ulangi hingga beberapa kali. Setelah itu, diamkan beberapa saat dalam kulkas. Kroket siap digoreng dan dihidangkan.

6. Sebelum menggoreng, pastikan minyak sudah dalam kondisi panas yang cukup. Jika proses menggoreng tidak dilakukan pada saat minyak panas, kondisi ini dapat merusak bentuk kroket.

7. Goreng kroket saat minyak panas selama beberapa menit hingga kroket berubah warna menjadi coklat keemasan. Tiriskan kroket untuk mengurangi minyak.

Ibu bisa menyajikan kroket menggunakan mayonaise atau keju cair di atasnya.

Agar tetap sehat dalam mengonsumsi makanan gorengan, ibu bisa cari tahu berbagai tipsnya melalui artikel ini: Tips Sehat Buat yang Suka Makan Gorengan.

Nah, tidak sulit bukan membuat kroket kentang untuk anak? Jangan lupa juga untuk melindungi kesehatan Si Kecil dengan berbagai produk kesehatan berkualitas di Halodoc. Dapatkan secara mudah dengan klik gambar berikut:

toko kesehatan

Manfaat Kroket Kentang untuk Kesehatan

Kentang yang menjadi bahan dasar dari makanan ini memiliki banyak kandungan nutrisi di dalamnya. Kentang mengandung serat, protein, dan karbohidrat. Dengan demikian, ibu perlu tahu berbagai manfaat mengonsumsi kroket kentang bagi anak, seperti:

  • Mampu memenuhi kebutuhan antioksidan anak.
  • Menjaga kesehatan pencernaan anak.
  • Mengenyangkan.
  • Lezat dan mudah dalam pengonsumsiannya.
Referensi:
Delighted Cooking. Diakses pada 2023. What Is a Croquette?
Food and Wine. Diakses pada 2023. Tuna Croquettes.
The Spruce Eats. Diakses pada 2023. What Is a Kroket (or Croquette)?
Healthline. Diakses pada 2023. 7 Health and Nutrition Benefits of Potatoes.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan