Resep Keju Aroma yang Mudah Dibuat, Renyah dan Gurih

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Juli 2023

“Keju aroma menjadi salah satu camilan yang pernah viral beberapa waktu lalu. Kudapan dengan rasa manis, gurih, dan tekstur yang renyah ini sekarang bisa kamu buat sendiri di rumah dengan bahan dan cara yang sederhana.”

Resep Keju Aroma yang Mudah Dibuat, Renyah dan GurihResep Keju Aroma yang Mudah Dibuat, Renyah dan Gurih

Halodoc, Jakarta – Membuat makanan ringan yang rasanya enak sebenarnya bukan hal yang sulit untuk kamu lakukan. Bahkan, kamu bisa menggunakan bahan yang sudah ada di rumah. Salah satunya adalah keju aroma, kudapan yang pernah viral beberapa waktu karena rasa dan teksturnya yang sangat unik. 

Keju aroma adalah camilan yang menawarkan gabungan rasa gurih, asin, dan manis. Teksturnya renyah tetapi tidak keras. Makanan ringan ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk kamu yang tidak suka menyantap keju secara langsung. 

Resep Keju Aroma Renyah dan Gurih

Keju aroma sangat mudah untuk kamu buat sendiri. Bahan yang kamu butuhkan juga tidak terlalu banyak dan rumit. Berikut resepnya: 

Bahan kulit:

  • 500 gram tepung terigu.
  • 2 butir putih telur.
  • 750 ml air putih.
  • Garam dapur secukupnya.

Bahan isian:

  • Keju potong memanjang, takaran sesuai selera.
  • 2 butir putih telur untuk perekat kulit lumpia.
  • Krimer kental manis rasa cokelat sesuai selera.
  • Minyak goreng secukupnya.

Langkah Membuat Keju Aroma

Setelah menyiapkan semua bahan, selanjutnya kamu bisa mengikuti langkah berikut ini untuk membuat keju aroma:

1. Langkah pertama

Pertama, siapkan wadah untuk membuat adonan kulit lumpia. Lalu, mulai dengan mencampurkan tepung terigu, telur, air, dan garam secukupnya dalam wadah. Aduk-aduk secara perlahan sampai semua bahan tercampur sempurna dan adonan tidak bergerindil.

2. Langkah kedua

Langkah kedua membuat keju aroma, siapkan wajan, sebisa mungkin gunakan wajan dengan permukaan anti lengket. Lalu, panaskan wajan, dan tuang adonan sambil kamu miringkan hingga semua permukaan wajan tertutup adonan dan menghasilkan kulit yang tipis. Lakukan sampai adonan kulit lumpia habis.

3. Langkah ketiga

Berikutnya, biarkan kulit lumpia yang sudah kamu buat hingga dingin. Setelah kulit lumpianya dingin, saatnya untuk mengisinya dengan keju yang sudah kamu potong panjang. Letakkan satu kulit lumpia ke atas piring, olesi dengan krimer kental manis secara acak, supaya rasa manisnya terasa.

4. Langkah keempat membuat keju aroma

Langkah keempat, letakkan keju pada kulit lumpia dan gulung dengan rapat agar isinya tidak tumpah saat kamu menggorengnya. Jika sudah hampir sampai pada pinggir bagian kulit, olesi pinggirnya dengan menggunakan putih telur sebagai perekat. Lakukan hal yang sama sampai kulit lumpia habis.

5. Langkah kelima

Terakhir, goreng keju aroma yang sudah kamu buat. Sebelum itu, siapkan minyak panas, usahakan untuk menggunakan minyak yang masih baru. Setelah itu, mulai goreng satu per satu, bolak balik seperlunya sampai warnanya menjadi kuning emas. 

Agar minyak tidak mengendap, segera tiriskan keju aroma yang sudah kamu goreng pada tisu khusus untuk menyerap minyak. Biarkan sampai minyak goreng pada camilan tersebut berkurang. 

Itu tadi resep keju aroma yang renyah, gurih, dan pastinya mudah untuk membuatnya sendiri di rumah. Selain itu, kamu bisa mencoba berbagai resep camilan mudah dan praktis lainnya untuk teman bersantai sambil menikmati kopi atau teh: 

Namun, pastikan untuk tidak terlalu banyak menggunakan gula sehingga kadar gula dalam darah tetap terjaga. Jika kamu butuh saran menu camilan atau menu sehat lainnya, jangan ragu untuk langsung bertanya pada ahli gizi rekomendasi Halodoc.

Referensi:
Prochiz. Diakses pada 2023. Nikmat Dan Praktis, Cara Membuat Resep Keju Aroma!
Cookpat. Diakses pada 2023. Keju Aroma.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan