Resep Combro Oncom Pedas, Camilan Sore yang Bikin Nagih

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 Agustus 2023

“Combro atau kepanjangannya oncom dijero adalah salah satu camilan tradisional yang sampai sekarang masih sangat populer dan tinggi peminat. Ini karena rasa pedas dan gurihnya yang selalu membuat ketagihan dan mudah untuk membuat sendiri di rumah.”

Resep Combro Oncom Pedas, Camilan Sore yang Bikin NagihResep Combro Oncom Pedas, Camilan Sore yang Bikin Nagih

Halodoc, Jakarta – Combro menjadi camilan khas wilayah Jawa Barat yang terbuat dari bahan dasar singkong dengan rasa gurih yang pulen. Sementara bagian dalamnya biasanya berupa oncom yang memiliki rasa khas pedas menyengat.

Oncom terbuat dari hasil fermentasi ampas tahu dengan rasa gurih dengan tambahan kemangi dan bumbu cabai. Mengonsumsi camilan ini dengan cabai rawit dan secangkir kopi atau teh panas tentunya sangat nikmat. 

Resep Combro Oncom Pedas

Jika berencana membuat combro sendiri, kamu sudah pasti harus pintar memilih singkong dengan kualitas terbaik. Sementara isiannya bisa kamu atur tingkat pedasnya sesuai selera. Berikut bahan dan membuat camilan combro pedas yang bisa kamu coba di rumah:

Bahan:

  • 1 kg singkong, parut.
  • Garam secukupnya.

Bahan isian combro:

  • ½ papan oncom, hancurkan.
  • 1 batang daun bawang, iris tipis.
  • 3 sdt gula merah, serut.
  • Garam secukupnya.

Bumbu halus:

  • Pertama, campurkan singkong yang sudah kamu parut dengan garam. Aduk sampai tercampur rata, lalu sisihkan. 
  • Selanjutnya, tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sampai wangi. Lalu, masukkan oncom yang sudah kamu lumat halus, aduk sampai tercampur rata. 
  • Kemudian, masukkan daun bawang, garam, dan gula merah. Masak kembali sampai oncom mengeluarkan aroma wangi dan teksturnya menjadi agak kering. Angkat, sisihkan, lalu bentuk bulat sehingga bisa dengan mudah kamu masukkan ke dalam adonan singkong.
  • Berikutnya, ambil adonan singkong secukupnya, bentuk bulat. Lalu, buat lubang pada bagian tengahnya dan masukkan isian oncom. Kemudian, bentuk bulat dan pipihkan. 
  • Terakhir, goreng combro yang sudah berisi oncom dengan minyak panas hingga matang berwarna kecoklatan. Angkat, tiriskan, dan sajikan selagi hangat. 

Manfaat Oncom untuk Kesehatan

Oncom sebagai isian utama combro menawarkan banyak manfaat untuk mendukung kesehatan tubuh. Tak hanya mengandung nutrisi penting seperti karbohidrat, lemak, dan protein, bahan satu ini juga mengandung vitamin B1, B3, kalsium, fosfor, dan zat besi. 

Sementara itu, manfaatnya mulai dari melancarkan peredaran darah, meningkatkan kesehatan sistem reproduksi sekaligus kehamilan, mendukung kesehatan otak dan saraf, tulang, hingga kesehatan gigi dan mulut. 

Akan tetapi, tentu kamu tidak boleh mengonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Sebab, combro sendiri merupakan camilan yang pengolahannya dengan digoreng. Sebagai gantinya, kamu bisa mengolah oncom menjadi menu sehat untuk keluarga, mulai dari tutug oncom hingga tumis oncom dengan rasa pedas. Atau, kamu juga bisa membuat alternatif camilan berikut ini. 

Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga dengan rutin mengonsumsi suplemen dan vitamin. Pilihan terbaiknya bisa kamu dapatkan langsung dari aplikasi Halodoc. Klik gambar berikut untuk memesannya sekarang:

Referensi:
Cookpad. Diakses pada 2023. Resep Combro Enak dan Mudah.
Masak Apa Hari Ini. Diakses pada 2023. Resep Combro Isi Sambal Oncom Kemangi.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan