Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik dan Padat Nutrisi

5 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   30 Juni 2023

"Saat memilih makanan kucing, kamu perlu menyesuaikannya dengan jenis, usia, tekstur dan kandungan gizi untuk kucing. Hal ini penting agar kesehatan kucing kesayangan tetap terjaga."

Rekomendasi Makanan Kucing Terbaik dan Padat NutrisiRekomendasi Makanan Kucing Terbaik dan Padat Nutrisi

Halodoc, Jakarta – Jika kamu memelihara seekor kucing, tentunya perlu memilih makanan terbaik untuk hewan kesayangan. Pastikan produk yang kamu pilih sesuai dengan usia, jenis kucing dan padat nutrisi sehingga bisa memenuhi kebutuhan gizinya.

Sebab, kucing adalah hewan yang aktif dan memiliki metabolisme tinggi. Makanan padat nutrisi cenderung mengandung energi yang lebih tinggi ketimbang makanan yang kurang padat gizinya. 

Rekomendasi Makanan Kucing yang Padat Nutrisi

Nah, berikut beberapa rekomendasi produk makanan kucing padat nutrisi yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Royal Canin Fit 32 Makanan Kucing Dewasa Dry 400 g

Royal Canin Fit 32 Makanan Kucing Dewasa Dry 400 g

Dapatkan Royal Canin Fit 32 Makanan Kucing Dewasa Dry 400 g di Halodoc

Rekomendasi pertama ada Royal Canin Fit 32 yang cocok untuk kucing dewasa berusia 1-7 tahun. Makanan ini mampu memenuhi kebutuhan nutrisi kucing sehingga kesehatan mereka tetap terpelihara dengan baik.

Formulasi nutrisi Royal Canin sudah seimbang. Sebab, ada rangkaian vitamin serta mineral yang mampu menjaga kesehatan sistem saluran kencing kucing dewasa.

Rentang harga: Rp55.100 – Rp70.800 per pack

2. Life Cat Kitten Tuna 85 g

Life Cat Kitten Tuna 85 g makanan kucing

Dapatkan Life Cat Kitten Tuna 85 g di Halodoc

Selanjutnya Life Cat Kitten Tuna yang berjenis makanan basah. Produk ini khusus untuk anak kucing yang masih membutuhkan gizi lebih dan tekstur yang lebih lembut.  Kandungan ikan tuna dan vitamin lainnya membantu memenuhi kebutuhan nutrisi dan mendukung pertumbuhan untuk anak kucing.

Rentang harga: Rp5.300 – Rp6.100 per pouch

3. Life Cat Adult Cat Chicken & Tuna 85 g

Dapatkan Life Cat Adult Cat Chicken & Tuna 85 g di Halodoc

Life Cat Adult Chicken & Tuna merupakan rekomendasi makanan basah lainnya untuk kucing dewasa. Campuran rasa ayam dan ikan bisa meningkatkan nafsu makan  sehingga membuat hewan kesayangan kamu lahap. 

Kandungan vitamin dan mineralnya pun berfungsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian kucing dewasa. 

Rentang harga: Rp5.400 – Rp6.100 per pouch

4. Royal Canin Intense Beauty In Jelly Makanan Kucing Dewasa Wet 85 g

Royal Canin Intense Beauty In Jelly Makanan Kucing Dewasa Wet 85 g

Dapatkan Royal Canin Intense Beauty In Jelly Makanan Kucing Dewasa Wet 85 g di Halodoc!

Royal Canin Intense Beauty in Jelly juga bisa menjadi pilihan makanan basah yang lezat dan padat nutrisi untuk kucing dewasa. Kandungan antioksidan kompleks dan asam lemak, seperti omega-3 dan omega-6, diformulasikan khusus untuk menjaga kecantikan dan kesehatan mantel dan kulitnya. 

Selain itu, kamu juga perlu tahu serba-serbi Makanan Kucing dan Cara Tepat Memberikannya.

Rentang harga: Rp17.500 – Rp28.000 per pouch

5. Royal Canin Adult Maine Coon Makanan Kucing Dewasa Dry 2 kg

5. Royal Canin Adult Maine Coon Makanan Kucing Dewasa Dry 2 kg

Dapatkan Royal Canin Adult Maine Coon Makanan Kucing Dewasa Dry 2 kg di Halodoc

Terakhir ada Royal Canin Adult Maine Coon  yang khusus untuk kucing Maine Coon. Makanan ini diformulasikan secara eksklusif dengan mempertimbangkan kebutuhan nutrisi kucing Maine Coon. 

Kandungan protein yang tinggi dan kandungan lemaknya bisa menjaga massa otot dan mempertahankan gaya hidup mereka yang sangat aktif. Vitamin dan mineralnya juga bisa menjaga kesehatan mantel bulunya. 

Rentang harga: Rp277.700 – Rp389.300 per pack

Tips Memilih Makanan untuk Kucing

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan supaya tidak salah memilih, yaitu:

1. Pastikan kandungan gizinya seimbang

Pilihlah makanan yang mengandung nutrisi yang seimbang, termasuk protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral. Pastikan makanan tersebut dirancang khusus untuk kebutuhan gizi dan memenuhi standar nutrisi untuk kucing.

2. Mengandung protein berkualitas tinggi

Kucing adalah hewan karnivora. Pastikan makanan yang kamu pilih mengandung sumber protein berkualitas tinggi. Misalnya, seperti daging ayam, daging sapi, atau ikan. Hindari makanan yang mengandung banyak pengisi seperti tepung gandum atau produk nabati.

3. Hindari pengawet dan pewarna buatan

Pilihlah makanan yang bebas dari bahan pengawet buatan, pewarna buatan, dan perasa tambahan. Bahan-bahan alami lebih baik untuk kesehatan kucing.

4. Pertimbangkan kondisi kesehatannya

Apabila hewan kesayanganmu memiliki masalah kesehatan khusus, seperti alergi makanan atau sensitivitas tertentu, konsultasikan dengan dokter hewan terlebih dahulu sebelum memilih makanan. Sebab, ada makanan khusus yang dirancang untuk kondisi tertentu.

5. Sesuaikan usia dan aktivitas fisiknya

Pertimbangkan usia dan tingkat aktivitas fisik kucing. Untuk kucing yang masih muda cenderung masih aktif sehingga mereka butuh makanan yang kalorinya lebih tinggi. Sedangkan kucing yang lebih tua mungkin memerlukan makanan yang lebih rendah kalori atau dengan formula khusus untuk menjaga kesehatannya.

6. Kualitas makanan dan higienitasnya

Pilih makanan dari produsen yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Makanan berkualitas seringkali mengikuti standar gizi yang lebih tinggi dan mengikuti proses produksi yang aman.

Selain itu, kamu juga perlu memastikan makanan tersebut tetap higienis. Usahakan rutin mengganti mangkuk makanan dan minumannya. Jangan lupa mencuci tangan sebelum dan sesudah memberi makan kucing. Jika air tidak tersedia, kamu bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung antiseptik

Itulah rekomendasi produk dan tips-tips memilih makanan untuk hewan peliharaan kesayangan yang bisa kamu lakukan. Jika punya pertanyaan lain soal kesehatan kucing, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter hewan di Halodoc.

chat dengan dokter
Referensi:
The Spruce Pets. Diakses pada 2023. How to Choose Healthy Cat Food Brands.
Cornell Feline Health Center. Diakses pada 2023. Feeding Your Cat.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan