Praktis, Ini Resep Beef Bulgogi Khas Korea yang Menggugah Selera

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   31 Juli 2023

“Proses marinasi yang lama akan membuat daging lebih kenyal dan cita rasa bumbu lebih meresap. Buat pengidap kolesterol bisa mencoba alternatif resep bulgogi sehat ini dengan memilih jenis daging, sampai menggunakan minyak yang sehat.”

Praktis, Ini Resep Beef Bulgogi Khas Korea yang Menggugah SeleraPraktis, Ini Resep Beef Bulgogi Khas Korea yang Menggugah Selera

Halodoc, Jakarta – Suka beef bulgogi? Hampir semua orang menyukai sajian daging ala Korea ini. Rahasia utama dalam membuat beef bulgogi yang lezat adalah marinasi yang lama. Rendam potongan daging dalam campuran bumbu dan saus marinasi selama minimal 1-2 jam atau lebih baik lagi semalaman dalam kulkas. 

Proses marinasi yang lama akan membuat daging lebih kenyal dan cita rasa bumbu lebih meresap. Untuk lebih jelasnya lagi cara membuat daging-dagingan ini, baca selanjutnya di sini!

Resep Beef Bulgogi Super Enak

Jangan sampai salah step, ini panduan dan cara membuat menu Korea tersebut:

Bahan-bahan:

  • 500 gram daging sapi (sirloin atau tenderloin), potong tipis-tipis.
  • 4 siung bawang putih, cincang halus.
  • 1 buah bawang bombay, iris tipis.
  • 3 sdm kecap asin.
  • 2 sdt kecap manis.
  • 3 sdm wijen.
  • 2 sdt gula merah, serut halus.
  • 1 sdm bubuk cabai (sesuai selera).
  • 2 sdt wijen sangrai, sebagai garnish.
  • 2 sdm lada bubuk.
  • Garam secukupnya. 
  • 1 sdm merica bubuk.
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis.

Cara membuat: 

1. Campurkan bawang putih cincang, kecap asin, kecap manis, minyak wijen, gula merah, bubuk cabai, lada bubuk, dan garam dalam wadah besar untuk membuat saus marinasi.

2. Masukkan potongan daging sapi ke dalam wadah saus marinasi, aduk hingga semua daging terbalut dengan saus. Tutup wadah dengan plastik wrap dan diamkan dalam kulkas selama minimal 1-2 jam, atau lebih baik semalaman agar daging meresap dengan baik.

3. Panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan anti lengket di atas api sedang. Tumis bawang bombay hingga harum dan layu.

4. Masukkan daging sapi beserta saus marinasi ke dalam wajan, aduk rata dengan bawang bombay. Masak daging hingga matang dan empuk, sekitar 3-4 menit. Jangan terlalu lama memasak agar daging tetap lembut.

5. Sajikan beef bulgogi di atas piring saji, taburi dengan wijen sangrai sebagai garnish

Selain beef bulgogi, ada banyak aneka resep olahan daging lainnya yang menarik untuk dicoba. Ini rekomendasinya:

Alternatif Mengolah Beef Bulgogi untuk Pengidap Kolesterol

Buat pengidap kolesterol yang ingin menyantap menu daging-dagingan, bisa mencoba alternatif resep bulgogi sehat ini. Mulai dari memilih jenis daging, sampai menggunakan minyak sehat.

1. Jenis bagian daging

Pilih bagian daging sirloin ataupun tenderloin. Tenderloin adalah bagian paling lembut dari daging sapi dan memiliki kandungan lemak yang rendah. Bagian ini terletak di bagian punggung bawah sapi dan sering digunakan untuk steak.

Sirloin juga merupakan bagian yang cukup rendah lemak dan terletak di bagian belakang sapi. Bagian ini memiliki tekstur yang lebih kasar daripada tenderloin, namun tetap enak dan rendah lemak

2. Bahan saus yang lebih sehat

Mulai dari kecap manis rendah gula atau pemanis rendah kalori, dan garam himalaya. Meskipun garam himalaya mengandung natrium seperti garam meja biasa, tapi kadar natriumnya cenderung lebih rendah. Itulah sebabnya garam ini menjadi pilihan yang lebih baik terutama buat pengidap hipertensi dan kolesterol tinggi.

3. Pilihan minyak sehat 

Bisa minyak zaitun atau kanola untuk menumis bumbu saus. Kedua tipe minyak cenderung lebih sehat. Minyak kanola memiliki titik asap yang tinggi, artinya minyak ini dapat digunakan untuk menggoreng dan memasak dengan panas tinggi tanpa mengalami perubahan komposisi yang merugikan.

Itulah resep bulgogi khas Korea yang bisa kamu coba untuk disantap bersama keluarga. Selain dengan makanan sehat, jaga juga kesehatan keluargamu dengan produk kesehatan berkualitas. Dapatkan secara mudah melalui aplikasi Halodoc dengan klik gambar ini:

bulgogi - toko kesehatan
Referensi:
Kompas.com. Diakses pada 2023. Resep Beef Bulgogi, Daging Sapi Panggang Khas Korea.
Dapurkobe.co.id. Diakses pada 2023. Resep Bulgogi Korea.
Halodoc. Diakses pada 2023. Cek Fakta: Apakah Canola Oil Aman untuk Memasak?
Halodoc. Diakses pada 2023. Benarkah Memasak dengan Canola Oil Jauh Lebih Sehat?
Halodoc. Diakses pada 2023. Mana yang Lebih Sehat, Sirloin atau Tenderloin?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan