Pomade Oil Based dan Water Based, Mana yang Lebih Bagus?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   12 Desember 2022

“Pomade memiliki bahan dasar air dan minyak. Keduanya memiliki kualitas yang baik asalkan disesuaikan dengan jenis rambut dan kegiatan yang kamu lakukan saat menggunakannya.”

Pomade Oil Based dan Water Based, Mana yang Lebih Bagus?Pomade Oil Based dan Water Based, Mana yang Lebih Bagus?

Halodoc, Jakarta – Rambut menjadi salah satu bagian tubuh yang dapat memengaruhi penampilan seseorang. Untuk itu, sangat penting memastikan bahwa rambut mendapatkan perawatan yang sesuai agar terhindar dari berbagai gangguan yang bisa terjadi.

Bagi pria, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga penampilan rambut tetap maksimal dengan menggunakan pomade. Nah, pomade sendiri terdiri dari dua jenis yang berbeda, yaitu oil based dan water based. Lantas, mana yang lebih bagus? Yuk, simak ulasan mengenai produknya berikut ini!

Kenali Pomade, Perawatan Rambut untuk Pria

Pomade adalah produk penataan rambut yang biasanya digunakan oleh pria dengan daya rekat yang kuat dan hasil akhir yang berkilau. Awalnya, pomade terbuat dengan bahan dasar lemak atau minyak dengan campuran apel untuk menghilangkan aroma yang tidak sedap dari bahan dasarnya.

Karena daya rekatnya yang sangat tinggi, produk ini sangat direkomendasikan untuk pria dengan rambut pendek. Namun, penggunaan pomade pada rambut yang panjang juga bisa membuat rambut lebih mudah untuk diatur dengan hasil akhir yang rapi.

Pilih Oil Based atau Water Based?

Untuk memastikan mana yang lebih bagus, sebaiknya ketahui dulu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenisnya berikut ini.

1. Water Based Pomade

Ada berbagai kelebihan yang bisa kamu rasakan ketika menggunakan bahan dasar minyak, seperti:

  • Penggunaan Lebih Mudah. Formula yang lebih lembut membuat yang berbahan dasar air lebih mudah penggunaannya dalam menata dan menghaluskan rambut. Bahan dasar ini tidak memiliki sensasi rambut kencang.
  • Mudah Dibersihkan. Produk dengan bahan dasar air bisa kamu cuci atau bersihkan dengan mudah menggunakan air biasa. Jadi, kamu tidak perlu menyiapkan apapun saat akan membersihkan rambut ketika menggunakan produk berbahan dasar air. Cuci rambut di bawah air yang mengalir menggunakan sampo hingga benar-benar bersih.
  • Cocok untuk Rambut Berminyak. Penggunaan water based pomade cocok untuk jenis rambut berminyak. Hal ini membuat ketahanan rambut menjadi lebih lama dan lebih berkilau.

Water based pomade juga memiliki kekurangan, seperti:

  • Mudah Rusak. Karena pomade ini mudah hilang dengan air biasa, saat terkena hujan atau keringat, maka dapat menjadi lebih mudah rusak.
  • Tidak Tahan Lama. Saat kamu menggunakan water based pomade, terlalu sering menyentuh rambut membuat ketahanannya berkurang.

2. Oil Based Pomade

Berikut kelebihan oil based pomade yang perlu kamu ketahui:

  • Lebih Kuat. Produk dengan bahan dasar minyak memiliki kemampuan penataan rambut yang lebih kuat. Artinya kamu bisa kembali menata rambut sesering mungkin tanpa kehilangan bentuk hingga kilauannya.
  • Tahan Terhadap Hujan dan Keringat. Penggunaan produk berbahan dasar minyak tidak akan mudah rusak akibat hujan dan keringat.
  • Cocok untuk Rambut Tebal. Jika kamu memiliki jenis rambut yang tebal, sebaiknya gunakan yang berbahan dasar minyak karena dapat menata rambut lebih kuat daripada menggunakan yang berbahan dasar air.
  • Cocok untuk Rambut Kering. Produk berbahan dasar minyak dapat melembapkan rambut secara alami. Hal ini sangat cocok untuk digunakan pemilik rambut kering.

Selain kelebihan, oil based pomade juga memiliki kekurangan, seperti:

  • Tidak Dapat Dibersihkan Sembarangan. Biasanya, penggunaan bahan dasar minyak membutuhkan sampo atau produk khusus untuk membersihkan produk dari rambut.
  • Memicu Penumpukan Minyak pada Kulit Kepala. Proses pembersihannya yang tidak tepat membuat minyak dapat menumpuk pada kulit kepala. Hasilnya, kamu berisiko mengalami ketombe.

Lalu mana yang lebih bagus? Kedua jenis pomade ini bagus jika kamu menggunakannya sesuai dengan jenis dan kebutuhan kamu. Pastikan juga untuk selalu membersihkan rambut dengan tepat setelah menggunakan produk ini agar tidak menyebabkan gangguan kesehatan pada kulit kepala maupun rambut.

Segera tanyakan langsung pada dokter spesialis kulit menggunakan Halodoc jika kamu mengalami gangguan pada kulit kepala. Pengobatan lebih dini membuat penanganan lebih mudah untuk dilakukan. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.

Referensi:
Byrdie. Diakses pada 2022. Water-Based or Oil-Based, Pomades Can Help You Achieve Your Dream Hair—Here’s How.
Ready Sleek. Diakses pada 2022. Oil-Based Vs Water-Based Pomades: 9 Key Differences.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan