Pola Makan yang Tepat untuk Menjaga Keseimbangan Berat Badan

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Juni 2021
Pola Makan yang Tepat untuk Menjaga Keseimbangan Berat BadanPola Makan yang Tepat untuk Menjaga Keseimbangan Berat Badan

Halodoc, Jakarta – Untuk menjaga kesehatan, salah satu faktor yang dapat dilakukan adalah dengan selalu menjaga keseimbangan berat badan. Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan, seperti berolahraga dan menjaga pola makan. Tim Halodoc berusaha menjelaskan tentang beberapa pola makan yang tepat agar tetap memiliki berat badan yang ideal. Berikut bahasan lengkap tentang hal ini!

Cara Memilih Pola Makan yang Tepat untuk Keseimbangan Berat Badan

Seiring dengan bertambahnya usia, makanan yang dikonsumsi dan jumlahnya relatif sama, serta tubuh juga menjadi kurang aktif. Hal ini mungkin menyebabkan berat badan bertambah seiring berjalannya waktu. Selain itu, metabolisme yang juga semakin melambat sejalan dengan usia, serta komposisi tubuh yang mungkin jauh berbeda ketika masih muda. Salah satu cara untuk menjaga keseimbangan berat badan adalah menerapkan pola makan yang tepat.

Baca juga: Ingin Panjang Umur, Coba Pola Makan Sehat Ini

Setiap orang perlu memilih makanan yang padat nutrisi dan tetap aktif paling tidak 150 menit per minggunya. Pola makan yang terencana biasanya terdiri dari sayuran, buah-buahan, serta makanan yang penuh dengan vitamin, serat, dan mineral. Maka dari itu, kamu harus tahu penerapan pola makan yang tepat untuk menjaga keseimbangan berat badan agar tubuh tetap sehat. Berikut ini beberapa hal yang dapat kamu lakukan:

1. Perbanyak Konsumsi Fiber

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga keseimbangan tubuh adalah dengan memperbanyak beberapa makanan yang kaya akan fiber. Kandungan ini banyak ditemukan dalam makanan, seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, serta biji-bijian. Banyak penelitian yang menyebut jika mengonsumsi lebih banyak makanan yang kaya akan serat, dapat membantu untuk menurunkan berat badan serta mempertahankannya.

2. Kurangi Konsumsi Gula

Kamu juga perlu mengurangi dan bahkan membatasi konsumsi gula agar dapat menjaga keseimbangan berat badan. Gula berlebih adalah alasan utama seseorang mengalami kenaikan pada berat badan yang tidak sehat hingga menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti diabetes dan penyakit jantung. Maka dari itu, pastikan segala makanan yang dikonsumsi minim kandungan gula agar berat badan tetap ideal.

Apabila kamu ingin tahu takaran konsumsi gula minimum pada tubuh, pemeriksaan di rumah sakit yang bekerja sama dengan Halodoc dapat kamu lakukan. Hanya dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa memilih rumah sakit terdekat dan menentukan jam sesuai yang diinginkan. Unduh aplikasinya sekarang juga!

Baca juga: Pola Makan Sehat yang Dianjurkan selama Pandemi COVID-19

3. Penuhi Kebutuhan Lemak Sehat

Lemak kerap menjadi hal pertama yang dihentikan untuk dikonsumsi saat berusaha menurunkan berat badan. Padahal, lemak sehat sebenarnya dapat membantu kamu untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Beberapa makanan yang kaya akan lemak sehat, seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan dapat sangat berguna untuk dimasukkan ke pola makan sehari-hari. Hal ini juga dapat membantu kamu tetap kenyang lebih lama, serta mengurangi keinginan untuk makan camilan.

4. Minimalisir Distraksi

Kebiasaan makan di depan TV atau komputer dapat menyebabkan seseorang mengonsumsi lebih banyak kalori dan membuat berat badan bertambah. Maka dari itu, pastikan untuk makan di meja makan untuk menjauhkan diri dari gangguan yang potensial agar mampu menjaga keseimbangan berat badan. Selain itu, gadget juga termasuk salah satu yang perlu dihindari saat sedang makan.

Baca juga: Pola Hidup Sehat dengan Menerapkan Pedoman Gizi Seimbang

Itulah beberapa pola makan yang dapat kamu terapkan untuk menjaga keseimbangan berat badan. Dengan rutin melakukan rutinitas ini, diharapkan tubuh tetap sehat sehingga terhindar dari segala penyakit yang berbahaya. Selain pola makan, kamu juga perlu untuk berolahraga secara rutin agar timbunan lemak jahat yang masuk ke tubuh dapat terbakar dengan baik.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. The 25 Best Diet Tips to Lose Weight and Improve Health.
National Institute on Aging. Diakses pada 2021. Maintaining a Healthy Weight.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan