Pilihan Obat Asam Urat yang Efektif dan Mudah Didapatkan

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 Juni 2023

“Penyakit asam urat dapat dikelola dengan perubahan gaya hidup. Namun jika diperlukan, penggunaan obat asam urat juga bisa jadi pilihan.”

Pilihan Obat Asam Urat yang Efektif dan Mudah DidapatkanPilihan Obat Asam Urat yang Efektif dan Mudah Didapatkan

Halodoc, Jakarta – Penyakit asam urat terjadi akibat penumpukan kristal asam urat dalam tubuh. Gejalanya adalah rasa nyeri, pembengkakan, dan peradangan pada sendi. Ada beberapa pilihan obat asam urat yang mampu meredakan gejala-gejala ini.

Hampir semua sendi di tubuh berisiko terkena penyakit asam urat, tapi sendi yang paling sering terkena yaitu jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. 

Pengobatannya yang efektif, yaitu perubahan gaya hidup. Namun penggunaan obat-obatan mungkin juga kamu perlukan. Lantas, apa saja pilihan obat asam urat yang efektif dan mudah kamu dapatkan?

Pilihan Obat Asam Urat yang Efektif

Penanganan penyakit asam urat bisa dengan pemberian obat. Namun, pemberian obat harus menyesuaikan tingkat keparahan kondisi. Obat-obatan penyakit asam urat berfungsi untuk meredakan nyeri sekaligus mencegah serangan berulang di kemudian hari.

Berikut ini pilihan obat yang efektif dan mudah untuk kamu dapatkan:

1. Voltaren SR 75 mg

Voltaren SR 75 mg obat asam urat

Dapatkan Voltaren SR 75 mg Di Toko Kesehatan Halodoc

Sebagai pengobatan awal, kamu dapat menggunakan obat Voltaren SR 75 mg dapat untuk mengobati penyakit asam urat atau saat merasakan gejala-gejalanya.

Obat tersebut mengandung natrium diklofenak, yaitu obat antiinflamasi non-steroid yang memiliki efek analgetik, antiinflamasi, dan antipiretik. Cara kerja obat Voltaren yaitu dengan menghambat siklooksigenase-1 dan 2 serta menghambat sintesis prostaglandin secara reversibel. 

Rentang harga obat ini sekitar Rp105.000 – Rp128.300

2. Pirocam 20 mg

obat asam urat Pirocam 20 mg

Dapatkan Pirocam 20 mg Di Toko Kesehatan Halodoc

Obat lainnya yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi asam urat yaitu Pirocam 20 mg. Gejala-gejala yang dapat kamu obati dengan obat ini, yaitu reumatoid arthritis dan osteoarthritis, dismenore primer, nyeri persendia, hingga nyeri pasca operasi. 

Rentang harga obat ini sekitar Rp2.600 – Rp4.000

3. Frigout 0.5 mg

obat asam urat Friogout 0.5 mg

Dapatkan Frigout 0.5 mg Di Toko Kesehatan Halodoc

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan obat Frigout 0.5 mg untuk mengatasi penyakit asam urat. Obat ini mengandung Colchicine untuk mencegah dan mengatasi serangan gejala asam urat.

Terutama gejala yang muncul secara mendadak dan menyebabkan rasa sakit yang intens yang biasanya hanya melibatkan satu atau beberapa sendi jari kaki, lutut, atau pergelangan kaki. 

Kandungan colchicine yang terdapat pada obat Frigout bekerja dengan menghambat laju pembentukan sel darah putih di sekitar area yang meradang, sehingga memutus siklus radang dan menghambat deposisi kristal asam urat. 

Rentang harga obat ini sektar Rp44.000 – Rp48.900

4. Zyloric 100 mg

Dapatkan Zyloric 100 mg Di Toko Kesehatan Halodoc

Kamu juga dapat menggunakan Zyloric 100 mg untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Ini bekerja dengan cara menghambat enzim xanthine oksidase, sehingga menghambat pembentukan asam urat dan jadi penghambat sintesis purin.

Enzim xanthine oksidase adalah enzim yang bertanggung jawab untuk oksidasi, suatu zat alami dalam tubuh bernama hypoxanthine untuk menjadi xanthine dan kemudian menjadi asam urat. 

Rentang harga obat ini sekitar Rp24.500 – Rp32.500

5. Feburic 80 mg

Dapatkan Feburic 80 mg Di Toko Kesehatan Halodoc

Feburic memiliki kandungan Febuxostat yang juga bermanfaat untuk mengatasi gejala asam urat. Febuxostat merupakan inhibitor dari xanthine oxidase yang menghambatnya dan mengoksidasi xanthine dan hypoxanthine menjadi asam urat. 

Rentang harga obat ini sekitar Rp244.000 – Rp293.000

Itulah yang perlu kamu ketahui tentang pilihan obat asam urat yang efektif dan mudah kamu dapatkan. Namun jika gejala berlanjut, sebaiknya segera hubungi dokter ahli. 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Gout.
Patient.Info. Diakses pada 2023. Gout. 
Medical News Today. Diakses pada 2023. What are the potential complications of gout? 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Gout. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan