Pertolongan Pertama saat Memiliki Pikiran Bunuh Diri

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 September 2023

“Mengenali tanda pikiran bunuh diri dan memberikan pertolongan pertama yang tepat bisa membantu mencegah tindakan yang merugikan dan menyelamatkan hidup seseorang yang mengalami kondisi tersebut.”

Pertolongan Pertama saat Memiliki Pikiran Bunuh DiriPertolongan Pertama saat Memiliki Pikiran Bunuh Diri

Halodoc, Jakarta – Pikiran bunuh diri atau suicidal thought adalah pikiran atau perasaan yang mengungkapkan keinginan untuk mengakhiri hidup. Biasanya, mereka yang mengalaminya, memiliki masalah yang cukup serius. Mereka beranggapan, bunuh diri adalah cara terbaik untuk menghilangkan beban tersebut. 

Pikiran untuk bunuh diri menjadi masalah yang sangat serius dan harus segera tertangani dengan tepat. Jika seseorang memiliki pikiran untuk bunuh diri, maka sebaiknya segera mencari pertolongan pertama. Pertolongan pertama ini penting agar dapat mencegah tindakan bunuh diri yang berbahaya.

Lakukan Ini saat Memiliki Pikiran Bunuh Diri

Pikiran untuk bunuh diri biasa terjadi pada orang yang menderita stres dan masalah kesehatan mental. Misalnya trauma, depresi atau gangguan bipolar. Kondisi ini memang tidak boleh membiarkannya terus terjadi dan sebaiknya segera mencari pertolongan.

Jika kamu melihat seseorang berpikir untuk bunuh diri, inilah yang dapat kamu lakukan. 

  1. Tunjukkan rasa perhatian dan kepedulian terhadap orang tersebut. Dengarkan dengan baik apa yang ingin dia sampaikan dan jangan menilai ataupun menghakimi.
  2. Ajaklah orang tersebut untuk mencari bantuan profesional, seperti psikolog atau konselor. Jika orang tersebut enggan untuk mencari bantuan profesional, cobalah untuk memberikan informasi dan sumber-sumber bantuan yang tersedia, seperti nomor telepon layanan psikolog atau rumah sakit jiwa terdekat.
  3. Ketika pikirannya sudah tenang, tanyakan apa yang membuat dia berpikir untuk bunuh diri. Posisikan diri jika kamu berada di kondisi yang sama dan beri motivasi yang membuatnya mengurungkan niat untuk bunuh diri.
  4. Jangan pernah meninggalkan orang tersebut sendirian. Tetaplah berada di dekatnya dan berikan dukungan emosional. 
  5. Bicaralah dengan lembut dan berusaha untuk membuat orang tersebut merasa tenang. Hindari memberikan saran yang terlalu berat atau menekan, karena hal ini dapat memperburuk kondisi orang tersebut.
  6. Apabila orang tersebut berada dalam kondisi yang sangat kritis dan terancam melakukan tindakan bunuh diri, segera hubungi nomor darurat atau menghubungi rumah sakit jiwa terdekat untuk mendapatkan bantuan medis secepat mungkin.

Catat, Ini yang Terjadi pada Otak Manusia Ketika Memutuskan Bunuh Diri.

Dukungan yang Bisa Diberikan Untuk Mencegah Pikiran Bunuh Diri

Saat seseorang mengalami pikiran bunuh diri, penting untuk memberikan dukungan yang kuat dan terus menerus untuk membantu mereka mengatasi kondisi tersebut dan mencegah tindakan yang berpotensi merugikan diri sendiri. Berikut adalah beberapa dukungan yang bisa kamu berikan untuk mencegah pikiran bunuh diri:

1. Dengarkan dengan empati

Saat seseorang mengalami pikiran bunuh diri, hal yang paling penting adalah mendengarkan dengan empati. Biarkan mereka berbicara tentang perasaan dan pikiran mereka tanpa menghakimi atau menilai. Jangan mencoba memberikan solusi atau saran terlebih dahulu, karena mungkin mereka hanya ingin merasa kamu mendengarkan dan memahami.

2. Berikan dukungan moral

Memberikan dukungan moral dapat membantu seseorang yang mengalami pikiran bunuh diri merasa lebih baik dan bersemangat. Dukungan moral dapat berupa kata-kata semangat, pujian atas keberanian dan ketahanan mereka, serta memastikan bahwa mereka merasa mendapatkan dukungan dan tidak sendirian dalam menghadapi kondisi tersebut.

3. Bicarakan tentang perawatan kesehatan mental

Bicarakan tentang opsi perawatan kesehatan mental yang tersedia, seperti konseling, terapi, atau obat-obatan. Membicarakan tentang perawatan kesehatan mental membantu seseorang yang mengalami pikiran bunuh diri merasa terbuka untuk mencari bantuan dan mengatasi kondisi tersebut.

Karena itu, penting untuk mengetahui Tanda Seseorang Punya Keinginan Bunuh Diri dan Cara Menolongnya.

4. Jangan menilai atau menghakimi

Jangan menilai atau menghakimi seseorang yang mengalami pikiran bunuh diri. Tidak ada yang salah atau buruk dengan seseorang yang mengalami kondisi tersebut. Sebaliknya, berikan dukungan dan pemahaman, serta jangan memperburuk kondisi dengan menghakimi atau menyalahkan mereka.

5. Ingatkan mereka bahwa mereka tidak sendiri

Seringkali, seseorang yang mengalami pikiran bunuh diri merasa sangat sendirian dan tidak memiliki dukungan. Ingatkan mereka bahwa mereka tidak sendiri dan bahwa mereka memiliki orang-orang yang peduli dan siap membantu. Tunjukkan bahwa kamu siap mendukung mereka dan akan selalu ada untuk mereka.

Ingatlah bahwa memberikan pertolongan pertama pada seseorang yang memiliki pikiran untuk bunuh diri adalah hal yang sangat serius dan harus secara cepat tertangani dengan tepat. Semua orang harus bertanggung jawab untuk membantu orang tersebut dan memastikan keamanan dan keselamatannya.

Adanya Hari Mencegah Bunuh Diri Sedunia harapannya dapat meningkatkan kesadaran tentang masalah bunuh diri dan mendorong tindakan preventif yang efektif.

Hari tersebut bertujuan untuk menekankan pentingnya mendukung individu yang berisiko dan membuka percakapan tentang kesehatan mental dengan keluarga, teman, dan masyarakat secara luas.

Tidak ada salahnya menawarkan bantuan profesional kepada mereka. Jelaskan secara perlahan bahwa perasaan tersebut sebenarnya wajar dan dapat berkurang dengan mendapatkan pertolongan langsung dari orang yang berpengalaman sehingga mendapatkan solusi dan pengobatan terbaik.

Kamu bisa menyarankan mereka untuk bertanya melalui chat atau voice/video call dengan psikolog melalui aplikasi Halodoc jika masih ragu untuk bertemu langsung. Beritahu juga bahwa download aplikasi Halodoc bisa dilakukan dari App Store maupun Play Store

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Suicide: What to do when someone is suicidal.
Medical News Today. Diakses pada 2023. How to help someone who is suicidal.
Medscape. Diakses pada 2023. Development of Mental Health First Aid Guidelines for Suicidal Ideation and Behaviour: A Delphi Study.
National Institute of Mental Health. Diakses pada 2023. Suicide Prevention.
Web MD. Diakses pada 2023. Suicidal Thoughts: Helping a Friend.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan