Perlu Tahu, Ini Penyebab Timbulnya Jakun pada Wanita

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   08 Agustus 2022

“Wanita juga dapat memiliki jakun pada lehernya. Namun, apa saja sih penyebab dari hal tersebut? Salah satunya adalah kadar testosteron yang tinggi.”

Perlu Tahu, Ini Penyebab Timbulnya Jakun pada WanitaPerlu Tahu, Ini Penyebab Timbulnya Jakun pada Wanita

Halodoc, Jakarta – Jakun umumnya hanya dimiliki oleh pria. Hal ini biasanya ciri-ciri terjadinya pubertas dan terlihat adanya tonjolan di leher bagian depan.

Meski begitu, beberapa wanita juga bisa, lho, mengalami pertumbuhan jakun. Namun, apa ,sih, hal yang menjadi penyebab pertumbuhan adam’s apple pada wanita ini? Berikut jawabannya!

Beberapa wanita dapat memiliki jakun pada lehernya dan bahkan terlihat jelas disebabkan masalah tertentu. Dalam beberapa kasus, jakun pada wanita timbul karena ketidakseimbangan hormon selama pubertas. Khususnya disebabkan oleh kadar testosteron yang tinggi.

Tumbuhnya jakun pada wanita dapat ditandai dengan beberapa gejala seperti peningkatan jerawat dan rambut tubuh hingga suara yang lebih dalam. Testosteron yang berlebih ini yang berpotensi menimbulkan gejala yang disebutkan barusan.

Bagi masyarakat awam, tonjolan pada leher sebenarnya hanya mirip jakun. Tetapi kenyataannya bukan. Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai kondisi kesehatan lainnya. Contohnya adalah anomali tubuh hingga sifat genetik.

Adapun, sudut tempat jakun berada di sekitar kotak suara adalah faktor yang menentukan  tonjolan. Wanita dengan sudut leher yang lebih lebar, jakunnya relatif rata dengan kotak suara. Dengan begitu, tonjolan pada leher ini tidak terlalu terlihat.

Pertumbuhan jakun pada wanita ini lebih sering terjadi pada pria atau wanita cisgender dan pada pria atau wanita transgender. Masalah ini dapat terjadi tergantung seberapa tinggi kadar testosteron yang ada di dalam tubuh, terutama saat janin terbentuk.

Operasi Pertumbuhan Jakun pada Wanita

Tidak banyak alasan medis untuk melakukan operasi terkait tonjolan pada leher tersebut. Pada kebanyakan kasus, operasi hanya bersifat sebagai kosmetik. Contohnya, memotong laring atau bahasa medisnya disebut chondrolaryngoplasty yakni prosedur untuk mengurangi ukuran jakun.

Setelah prosedur ini dilakukan, seseorang diminta untuk mengistirahatkan suara semaksimal mungkin selama beberapa hari setelah operasi. Dokter juga menyarankan untuk menghindari makanan padat agar lebih cepat pulih.

Lalu, bagaimana jika seseorang malah ingin memperbesar jakun? Pada seorang cisgender atau transgender mungkin dirinya ingin memiliki tampilan yang macho? Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan augmentasi jakun yang biasa dilakukan oleh ahli bedah plastik.

Pada proses ini, ahli bedah akan melakukan implan dari tulang rawan, menempelkannya ke tulang rawan tiroid pada leher. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan ukuran jakun dan memberi tampilan lebih maskulin.

Metode medis lainnya yang bisa dilakukan untuk memperbesar jakun adalah dengan cangkok tulang rawan. Metode ini biasanya digunakan untuk mengobati cacat tenggorokan pada anak kecil dan bayi.

Itulah pembahasan mengenai pembesaran jakun yang terjadi pada wanita. Memang, tingkat kadar testosteron di dalam tubuh sangat memengaruhi hal ini. Pada beberapa kesempatan, masalah ini mungkin sulit untuk dihindari, tetapi umumnya hanya memengaruhi tampilan.

Jika memiliki ukuran jakun yang besar padahal berjenis kelamin wanita, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan medis. Nah, pemesanan untuk pemeriksaan ini bisa dilakukan melalui fitur janji medis dari aplikasi Halodoc. Maka dari itu, segera download aplikasi Halodoc untuk mendapatkan kemudahannya!

Referensi:
Web MD. Diakses pada 2022. What to Know About the Adam’s Apple.
Dr. Angela Sturm. Diakses pada 2022. Can a Girl Have an Adam’s Apple?
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Should Know About the Adam’s Apple.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan