Perlu Tahu, Ini Keuntungan dan Kerugian Kontrasepsi Vasektomi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   06 September 2022

“Vasektomi adalah tindakan operasi untuk mencegah kehamilan terjadi yang bersifat permanen. Maka dari itu, perlu tahu keuntungan dan kerugian dari tindakan ini sebelum melakukannya.”

Perlu Tahu, Ini Keuntungan dan Kerugian Kontrasepsi VasektomiPerlu Tahu, Ini Keuntungan dan Kerugian Kontrasepsi Vasektomi

Halodoc, Jakarta – Ada banyak jenis kontrasepsi yang bisa digunakan untuk mencegah kehamilan. Nah, salah satu kontrasepsi yang bisa digunakan, khususnya pada pria, adalah vasektomi.

Prosedur ini dapat menghentikan keluarnya aliran sperma agar tidak terjadinya pembuahan. Namun, metode ini memiliki beberapa keuntungan dan kekurangan saat diterapkan. Perlu pertimbangan yang matang sebelum melakukan hal ini.

Berbagai Keuntungan dan Kerugian dari Tindakan Kontrasepsi Vasektomi

Vasektomi adalah prosedur bedah kecil untuk memotong dan menutup tabung yang membawa sperma, dari testis ke uretra. Saat pria mengalami ejakulasi, air maninya tidak lagi mengandung sperma sehingga sel telur tidak bisa dibuahi. Hal ini dianggap sebagai bentuk kontrasepsi yang permanen.

Namun, apakah vasektomi adalah tindakan yang tepat dipilih?

Tindakan ini adalah pilihan kontrasepsi yang bagus untuk pria yang sudah memiliki anak, lalu tidak ingin menambah lagi. Metode ini memberikan pasangan pilihan terkait kontrasepsi jangka panjang.

Vasektomi biasanya tidak dianjurkan untuk pria di bawah usia 30 tahun dan belum memiliki anak, sebab prosedur ini sangat sulit untuk dibatalkan. Jadi, keputusan harus benar-benar bulat jika tidak ingin memiliki anak di kemudian hari.

Lalu, apa, sih, keuntungan dari vasektomi?

1. Sangat Efektif

Tindakan ini bersifat permanen dan menjadi kontrasepsi yang paling efektif, sebab mencegah kehamilan lebih dari 99%. Vasektomi adalah tindakan yang permanen, sehingga keputusan seseorang untuk mendapatkan tindakan ini benar-benar harus dipikirkan secara matang.

2. Sangat Nyaman

tindakan ini benar-benar dapat mencegah kehamilan. Kamu dan pasangan bisa langsung berhubungan seksual tanpa mempersiapkan suatu apa pun agar kehamilan tidak terjadi.

3. Kehidupan Seks Lebih Baik

Kontrasepsi ini tidak menimbulkan perbedaan saat berhubungan badan, sehingga perasaan puasnya tidak berbeda. Tindakan ini juga tidak memengaruhi hormon atau dorongan seks. Maka dari itu, hubungan suami-istri ini bisa dilakukan tanpa perlu khawatir kehamilan terjadi.

Lalu, apa, sih, kekurangannya?

1. Bersifat Permanen

Vasektomi adalah kontrasepsi yang bersifat permanen. Sangat sulit untuk dikembalikan, bahkan jika bisa, masalah kesuburan bisa saja terjadi. Operasi pengembaliannya sangat rumit dan mahal, serta tidak selalu berhasil.

Maka dari itu, keputusan yang matang perlu dibuat sebelum benar-benar yakin melakukan tindakan ini. Kehamilan bisa jadi tidak terjadi lagi setelah vasektomi dilakukan.

2. Memiliki Beberapa Risiko

Pada dasarnya, tindakan ini aman untuk dilakukan. Namun, ada beberapa risiko yang bisa terjadi, salah satunya infeksi. Meski kemungkinannya kecil dan mudah untuk diobati dengan antibiotik. Selain itu, pasca tindakan operasi juga bisa menimbulkan rasa sakit, pendarahan, memar, hingga bengkak.

3. Tidak Mencegah PMS

Perlu diketahui jika kontrasepsi ini tidak dapat mencegah penyebaran infeksi menular seksual. Air mani masih memungkinkan untuk membawa infeksi ini, meski tidak mengandung sperma. Cara terbaiknya adalah melakukan tes secara teratur dan menggunakan kondom.

Itulah beberapa keuntungan dan kekurangan dari kontrasepsi vasektomi. Sebelum memutuskan untuk mendapatkan tindakan ini, ada baiknya dipikirkan dengan serius. Bisa jadi tidak mungkin terjadi kehamilan lagi di masa depan.

Apabila ingin tahu lebih jauh tentang keuntungan dan kerugian dari tindakan vasektomi, cobalah untuk menggunakan fitur tanya dokter dari aplikasi Halodoc. Untuk mendapatkan kemudahan ini, download aplikasi Halodoc sekarang juga pada smartphone yang digunakan!

Referensi:
Johnsonville Medical Centre. Diakses pada 2022. What Is a Vasectomy? Process, Benefits and Side Effects.
Planned Parenthood. Diakses pada 2022. What are the benefits of vasectomy?
Planned Parenthood. Diakses pada 2022. What are the disadvantages of getting a vasectomy?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan