Perawatan Rumahan untuk Atasi Batuk Berdahak

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   07 Februari 2022

“Ada beberapa perawatan rumahan yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi gejala batuk berdahak, mulai dari menggunakan pelembap ruangan atau humidifier, hingga mengonsumsi teh jahe. Selain beberapa cara tersebut, kamu bisa mengonsumsi obat batuk yang memiliki manfaat sebagai agen mukolitik alami.”

Perawatan Rumahan untuk Atasi Batuk BerdahakPerawatan Rumahan untuk Atasi Batuk Berdahak

Halodoc, Jakarta – Batuk berdahak merupakan respons alami tubuh  saat berusaha untuk mengeluarkan dahak atau lendir dari saluran pernapasan. Umumnya, batuk berdahak disebabkan oleh infeksi mikroorganisme seperti bakteri atau virus, seperti yang menyebabkan pilek atau flu. 

Meski dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi batuk berdahak juga dapat menghambat aktivitas dan produktivitas seseorang. Terutama jika batuk berdahak menyerang di malam hari, sehingga membuat tidurmu terganggu. 

Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui perawatan rumahan untuk mengatasi batuk berdahak dengan meredakan gejalanya. Tujuannya agar kondisi kesehatanmu segera pulih, sehingga aktivitas kembali berjalan secara optimal. 

Lantas, apa saja perawatan rumahan untuk mengatasi batuk berdahak? Yuk, simak infonya di sini!

Baca juga: Kenali 5 Penyebab Batuk Berdahak yang Sering Diabaikan

Perawatan Rumahan yang Efektif Mengatasi Batuk Berdahak

Ada beberapa perawatan rumahan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi batuk berdahak. Mulai dari menggunakan pelembap ruangan hingga mengonsumsi obat batuk khusus. Nah, berikut ulasan selengkapnya. 

1. Menggunakan Pelembap Ruangan 

Pelembap ruangan atau humidifier bertujuan untuk melembapkan udara sehingga dapat membantumu menghindari menghirup udara kering, terutama di malam hari. Sebab, ketika bernapas di lingkungan yang terlalu kering (kelembapan rendah), mukosa saluran pernapasan mengalami dehidrasi sehingga dapat menyebabkan tenggorokan kering dan rentan terjadi iritasi. 

2. Mandi Air Hangat 

Mandi air hangat dapat membantu melembabkan saluran udara bagian atas melalui uap yang dihasilkan. Menariknya lagi, mandi air hangat juga membantu memecah lendir yang mengendap di dada.

3. Meningkatkan Asupan Vitamin C 

Meningkatkan asupan vitamin C terbukti meningkatkan sistem kekebalan dan membantu tubuh melawan infeksi lebih cepat. Agar mendapat hasil yang maksimal, cobalah untuk mengonsumsi buah atau jus jeruk dua kali sehari sampai gejala membaik. 

4. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi sangatlah penting, apalagi ketika tubuh sedang melawan infeksi seperti batuk berdahak. Hal tersebut juga dapat membuat tenggorokan terhindar dari kondisi kering yang memicu iritasi atau peradangan. Maka dari itu, cobalah untuk mengonsumsi setidaknya 10 gelas air berukuran delapan ons setiap harinya (2,5 liter).

5. Mengonsumsi Teh Jahe 

Jahe memiliki sifat antiinflamasi dan diperkaya dengan antioksidan. Oleh sebab itu, mengonsumsi beberapa cangkir teh jahe setiap harinya dipercaya dapat membantu meredakan peradangan di tenggorokan. 

6. Obat Batuk Berdahak

Obat batuk berdahak dinilai lebih efektif untuk mengatasi batuk berdahak, dibandingkan cara-cara di atas. Obat batuk jenis ini berfungsi untuk mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan saat batuk. 

Nah, pertanyaannya obat batuk seperti apa sih yang efektif mengatasi masalah ini?

Pentingnya Memilih Obat Batuk yang Tepat

Obat batuk berdahak yang ditujukan untuk semua umur adalah salah satu obat yang paling aman yang bisa kamu pilih. Nah, salah satu produk yang direkomendasikan adalah obat batuk sirup Prospan yang terbuat dari bahan herbal alami.

Perlu diketahui, Prospan merupakan obat batuk herbal yang telah terbukti secara klinis dan sudah dipasarkan di lebih dari 100 negara selama 65 tahun lebih. 

Menariknya lagi, Prospan sirup juga memiliki manfaat agen mukolitik herbal alami berkat kandungan zat aktif Hedera helix atau daun ivy (Special Ivy Extract EA 575). Artinya, obat batuk herbal ini mampu meredakan batuk berdahak dengan mengencerkan dahak, sehingga dapat melegakan saluran pernapasanmu. 

Baca juga: Jangan Keliru, Kenali Batuk Berdahak pada Anak

Manfaat Kandungan zat aktif Hedera Helix 

Manfaat ekstrak daun ivy yang terkandung pada Prospan sirup telah terbukti secara klinis dalam meredakan batuk. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada 2020, menunjukkan bahwa ekstrak daun ivy memiliki kandungan senyawa saponin yang tinggi yang dapat mengencerkan dahak sehingga dahak lebih mudah dikeluarkan. Inilah alasan mengapa ekstrak daun ivy atau hedera felix berperan sebagai mukolitik alami.  

Menariknya lagi, hedera helix juga diketahui bersifat bronkospasmolitik yang dapat mengurangi penyempitan saluran napas sehingga melegakan pernapasan. Berdasarkan hal tersebut, mengonsumsi obat batuk Prospan sirup dapat secara efektif meredakan batuk berdahak.

Sebab, dahak menjadi lebih mudah dikeluarkan sehingga batuk berdahak yang membandel pun tidak lagi menghambat aktivitasmu. 

Kamu juga bisa mengonsumsi salah satu dari beberapa rekomendasi obat batuk berdahak dalam artikel ini untuk membantu mengatasi gejalanya: 7 Pilihan Obat Batuk Berdahak untuk Dewasa di Apotek.

Nah, itulah penjelasan terkait bagaimana perawatan rumahan dapat membantu mengatasi batuk berdahak. Selain beberapa cara rumahan, kamu juga bisa mengonsumsi obat batuk Prospan yang telah teruji klinis kualitasnya. 

Jika kamu membutuhkan obat batuk Prospan, kamu bisa cek kebutuhan obat melalui aplikasi Halodoc. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre berlama-lama di apotek. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download Halodoc sekarang! 

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2021. Treating a Wet Cough at Home: 10 Natural Remedies
Hindawi Journal. Diakses pada 2021. Assessment of the Efficacy and Safety of Ivy Leaf (Hedera helix) Cough Syrup Compared with Acetylcysteine in Adults and Children with Acute Bronchitis
Hindawi Journal. Diakses pada 2021. Systematic Review of Clinical Trials Assessing the Effectiveness of Ivy Leaf (Hedera Helix) for Acute Upper Respiratory Tract Infections
PubMed. Diakses pada 2021. Tolerance, safety and efficacy of Hedera helix extract in inflammatory bronchial diseases under clinical practice conditions: a prospective, open, multicentre postmarketing study in 9657 patients
PubMed. Diakses pada 2021. Efficacy of two dosing schemes of a liquid containing ivy leaves dry extract EA 575 versus placebo in the treatment of acute bronchitis in adults
NCBI. Diakses pada 2021. The effects of Hedera helix on viral respiratory infections in humans: A rapid review
Healthline. Diakses pada 2022. 8 Ways Dry Air Can Affect Your Health. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan