Penuh Nutrisi, 5 Manfaat Memasak dengan Olive Oil

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   25 Agustus 2022

“Olive oil tinggi antioksidan dan vitamin E, ia dapat mencegah terjadinya kerusakan oksidatif. Manfaat lainnya yaitu meningkatkan kesehatan jantung, mengurangi peradangan, dan meningkatkan fungsi otak.”

Penuh Nutrisi, 5 Manfaat Memasak dengan Olive OilPenuh Nutrisi, 5 Manfaat Memasak dengan Olive Oil

Halodoc, Jakarta – Seperti yang diketahui, bahwa olive oil merupakan salah satu minyak yang sehat. Olive oil tidak hanya sarat akan asam lemak bermanfaat dan antioksidan, tapi juga menjadi bahan makanan pokok yang paling sehat. 

Meskipun tidak banyak dibicarakan, beberapa orang dengan gaya hidup sehat menggunakan olive oil untuk memasak. Lantas, apa saja manfaat memasak dengan olive oil?

Manfaat Memasak dengan Olive Oil

Olive oil berasal dari perasan pertama buah zaitun yang mengandung banyak zat bioaktif, termasuk antioksidan dan vitamin E. Manfaat utama vitamin E adalah sebagai antioksidan, yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dan menyebabkan penyakit. 

Karena olive oil tinggi antioksidan dan vitamin E, ia dapat mencegah terjadinya kerusakan oksidatif. Nah, berikut ini manfaat menggunakan olive oil untuk memasak:

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Olive oil memiliki manfaat untuk kesehatan jantung. Termasuk khasiatnya untuk mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kadar kolesterol. Keduanya berkontribusi pada penurunan risiko penyakit jantung. 

Banyak studi yang menunjukkan bahwa olive oil satu-satunya sumber lemak tak jenuh tunggall, yang berkaitan dengan penurunan risiko stroke dan penyakit jantung.

  1. Mengurangi Peradangan

Peradangan dianggap sebagai salah satu pemicu utama beberapa masalah kesehatan kronis. Termasuk alzheimer dan diabetes tipe 2. Antioksidan, efek anti inflamasi, dan asam oleat  yang ditemukan dalam olive oil, berperan dalam mengurangi peradangan dan gejalanya.

  1. Meningkatkan Mood

Olive oil merupakan bagian dari pola makan sehat, sama seperti buah, sayuran, biji-bijian, dan ikan berlemak. Selain itu, olive oil terbukti berperan dalam mengurangi risiko depresi.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Pola makan sehat dengan olive oil berkaitan dengan meningkatkan fungsi kognitif, dan dapat mengurangi risiko alzheimer.

  1. Mencegah Munculnya Penyakit Kronis

Olive oil dengan kandungan polifenolnya memiliki efek perlindungan terhadap diabetes tipe 2 dan beberapa jenis kanker. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat ini.

Cara Tepat Menggunakan Olive Oil untuk Memasak

Jika ingin menggunakan olive oil untuk memasak, maka pilihlah jenis yang tepat. Jenis extra virgin olive oil adalah yang direkomendasikan, karena dapat mempertahankan beberapa antioksidan dan senyawa bioaktif dari buah zaitun. Untuk memasak, jenis olive oil tersebut dianggap lebih sehat dibandingkan jenis lainnya. 

Untuk mencegah penipuan, karena banyak olive oil yang berlabel “extra virgin”, maka pastikan untuk memeriksa label dengan hati-hati untuk mendapatkan produk yang asli.

Sementara itu, menggunakan olive oil untuk memasak tidak akan mengoksidasi atau merusak olive oil secara signifikan. Namun, dapat menurunkan beberapa antioksidan dan vitamin E, yang sensitif terhadap panas. 

Memanaskan olive oil pada suhu 180 derajat celsius selama 36 jam, dapat menyebabkan penurunan antioksidan dan vitamin E. Meski begitu, sebagian besar senyawa lainya masih utuh. 

Salah satu senyawa aktif extra virgin olive oil, yaitu oleocanthal, juga dapat berkurang jika dipanaskan pada suhu 240 derajat celsius selama 90 menit. 

Maka itu, jika kamu memasak dengan olive oil dengan suhu dan durasi batas maksimal, maka manfaatnya dapat berkurang. Sebaliknya, jika kamu memasak dengan suhu dan durasi di bawah batas, maka kamu masih dapat merasakan manfaatnya. 

Itulah yang perlu diketahui tentang manfaat menggunakan olive oil untuk memasak. Jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang manfaat dan penggunaan olive oil, atau memiliki keluhan kesehatan, kamu bisa tanya dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Is Olive Oil a Good Cooking Oil? A Critical Look
Healthline. Diakses pada 2022. 11 Proven Benefits of Olive Oil
Good Food BBC. Diakses pada 2022. Top 5 health benefits of olive oil

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan