Penting, Ini 3 Makanan yang Dapat Membantu Menghilangkan Jerawat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   24 Agustus 2023

“Ada sejumlah makanan yang dapat membantu menghilangkan jerawat. Salah satunya adalah makanan dengan kandungan probiotik.”

Penting, Ini 3 Makanan yang Dapat Membantu Menghilangkan JerawatPenting, Ini 3 Makanan yang Dapat Membantu Menghilangkan Jerawat

Halodoc, Jakarta – Sudah menjadi rahasia umum kalau makanan dapat memengaruhi kondisi kulit, termasuk jerawat. Namun, kondisi ini mungkin tidak sama bagi setiap individu. Pasalnya, beberapa jenis makanan mungkin malah berpotensi untuk memperbaiki jerawat. 

Terlebih lagi, pola makan yang sehat dapat membantu mengurangi kemungkinan jerawat muncul dan mendukung kesehatan kulit secara keseluruhan. Lantas, kira-kira apa saja makanan yang dapat membantu menghilangkan jerawat? 

Makanan yang Dapat Membuat Jerawat Hilang

Makanan yang Dapat Membuat Jerawat Hilang

Berikut adalah rekomendasi beberapa makanan yang dapat membantu menghilangkan jerawat: 

1. Makanan dengan Kandungan Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme yang bermanfaat bagi kesehatan usus. Sebab, mikroorganisme ini memiliki potensi untuk mengurangi peradangan yang membantu mencegah dan mengatasi masalah jerawat

Terlebih lagi, probiotik juga dapat menurunkan kadar Insulin Like Growth Factor [IGF-1] atau hormon pertumbuhan. Karena itu, mengonsumsi yoghurt merupakan pilihan yang baik baik saat mengalami jerawat atau pun tidak, sebagai tindakan pencegahan.

2. Makanan Kaya Antioksidan

Antioksidan juga memiliki sifat anti peradangan yang dapat memberikan efek yang baik untuk mengatasi jerawat. Sebab, antioksidan dapat melawan radikal bebas dan stres oksidatif dalam tubuh yang bisa menenangkan jerawat. 

Ada sejumlah makanan tinggi antioksidan yang bisa menjadi pilihanmu. Misalnya seperti, sayuran hijau seperti bayam, kale hingga buah seperti tomat dan jeruk. Selain itu, ada beberapa makanan yang juga dapat menjadi sumber. 

Baca selengkapnya dalam artikel: 8 Buah Kaya Antioksidan yang Wajib Dikonsumsi saat Bekerja

3.  Makanan Kaya Asam Lemak Omega-3

Omega-3 memiliki potensi untuk menjadi makanan yang membuat jerawat hilang. Sebab, kandungannya memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada kulit. Salah satu faktor yang berkontribusi pada perkembangan jerawat. Ada sejumlah makanan yang tinggi akan asam lemak omega-3, seperti: 

  • Ikan, seperti mackerel, salmon dan sarden. 
  • Kedelai dan produk olahannya, seperti tahu.
  • Daging sapi. 
  • Kacang-kacangan, seperti kenari dan almond. 

Omega-3 juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh. Baca informasinya di sini: Kenali 11 Manfaat Omega-3 untuk Kesehatan Tubuh

Selain Makanan, Ini Cara Lain untuk Membantu Atasi Jerawat

Tak hanya makanan, ada juga beberapa cara lain untuk membantu mengatasi jerawat, yaitu: 

  • Pastikan untuk mencuci wajah dua kali sehari, terutama setelah berolahraga.
  • Lindungi kulit saat beraktivitas di luar rumah, pastikan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30. 
  • Keramas secara teratur (seperti tiga hari sekali). 
  • Menggunakan produk perawatan kulit dan kosmetik yang lembut dan bebas minyak.
  • Menghindari memencet, mengopek, atau menyentuh jerawat. 
  • Menghindari atau membatasi konsumsi beberapa jenis makanan yang dapat memperparah jerawat. Misalnya seperti makanan yang digoreng karena mengandung lemak jenuh dan trans yang tidak sehat. 

Selain itu, mempertimbangkan untuk mengelola stres juga menjadi hal yang perlu kamu lakukan. Sebab, stres membuat produksi hormon androgen meningkat. Kondisi ini akan merangsang kelenjar sebaceous kulit sehingga menghasilkan minyak berlebih. 

Kapan Perlu Memeriksakan Kondisi ke Dokter? 

Jika konsumsi beberapa makanan dan perubahan gaya hidup tak membuahkan hasil, segeralah periksakan kondisi ke dokter. Biasanya dokter spesialis kulit akan merekomendasikan beberapa obat seperti: 

1. Retinoid 

Obat yang mengandung asam retinoat atau tretinoin seringkali bermanfaat untuk jerawat sedang. Ini datang sebagai krim, gel dan lotion. Contohnya termasuk tretinoin (Avita, Retin-A, lainnya), adapalene (Differin) dan tazarotene (Tazorac, Avage, lainnya). 

2. Antibiotik

Ini bekerja dengan membunuh bakteri kulit berlebih dan mengurangi kemerahan dan peradangan. Untuk beberapa bulan pertama pengobatan, kamu dapat menggunakan retinoid dan antibiotik, dengan antibiotik dioleskan di pagi hari dan retinoid di malam hari. 

3. Asam azelaic dan Asam Salisilat

Asam azelaic adalah asam alami yang diproduksi oleh ragi sehingga memiliki sifat antibakteri. Sementara itu, asam salisilat dapat membantu mencegah folikel rambut tersumbat dan tersedia sebagai produk pembersih dan pembersih. Meski begitu, studi yang menunjukkan keefektifannya masih terbatas. 

Itulah beberapa makanan yang dapat membantu menghilangkan jerawat. Jika masih memiliki pertanyaan soal jerawat segeralah tanyakan ke dokter spesialis kulit di Halodoc!

Referensi: 
Medical News Today. Diakses pada 2023. Can dietary changes help acne?
Everyday Health. Diakses pada 2023. 8 Diet Dos and Don’ts for Preventing Acne.
Healthline. Diakses pada 2023. Anti-Acne Diet.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan