Pahami Risiko Makan Ikan Mentah bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   17 Maret 2022

“Ikan mentah mengandung bakteri atau parasit yang dapat menyebabkan penyakit. Hindarilah mengonsumsi ikan mentah, sebab jika terinfeksi parasit yang terkandung dalamnya maka sejumlah bahaya kesehatan dapat terjadi. Mulai dari infeksi anisakiasis hingga salmonella.”

Pahami Risiko Makan Ikan Mentah bagi KesehatanPahami Risiko Makan Ikan Mentah bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Mengonsumsi ikan mentah seperti sashimi atau sushi, dalam beberapa kasus bisa menyebabkan masalah kesehatannya. Ikan mentah mengandung bakteri atau parasit penyebab penyakit, sehingga termasuk dalam makanan tidak sehat. Bayangkan saja, mengonsumsi ikan mentah yang sudah dibersihkan seperti sashimi saja masih perlu diragukan keamanannya. Apalagi ikan mentah yang masih berdarah.

Hal ini berkaitan dengan video yang sedang viral di media sosial, yang menunjukkan seorang wanita yang memakan ikan mentah. Dalam unggahan wanita itu, ia mengeluarkan ikan dari kantong plastik yang tampak masih berdarah, tanpa berpikir panjang ia pun memakannya. Padahal ada sejumlah bahaya kesehatan dari mengonsumsi ikan mentah yang siap mengintai.

Infeksi Parasit dari Ikan Mentah

Parasit adalah tumbuhan atau hewan yang memakan organisme hidup lain, yang dikenal sebagai inang, tanpa memberikan manfaat sebagai gantinya. Beberapa parasit tidak menyebabkan gejala akut yang jelas, tapi banyak dari parasit yang dapat menyebabkan kerusakan serius dalam jangka panjang. 

Infeksi parasit pada manusia merupakan masalah kesehatan utama di banyak negara tropis. Banyak infeksi parasit yang ditularkan melalui air minum yang terinfeksi, makanan yang tidak dimasak dengan benar, termasuk ikan mentah. Berikut ini beberapa penyakit yang dialami manusia setelah mengonsumsi ikan mentah atau setengah matang.

  1. Anisakiasis

Infeksi anisakiasis (cacing herring) atau cacing gelang dapat disebabkan oleh mengonsumsi ikan mentah atau setengah matang. Menelan cacing kecil ini dapat menyebabkan sakit perut yang parah, mual, dan muntah dalam beberapa jam setelah makan. Terlebih lagi jika cacing tidak keluar melalui batuk atau muntah, mereka dapat menggali ke dalam dinding usus. Hal ini bisa menyebabkan respons imun lokal atau peradangan di usus.

  1. Vibrio

Infeksi bakteri Vibrio parahaemolyticus berkaitan dengan konsumsi ikan dan kerang mentah, atau setengah matang. Infeksi ini dapat menyebabkan gejala seperti diare (termasuk diare berdarah), kram perut, mual, muntah, sakit kepala, demam, dan kedinginan. Gejala bisa menjadi parah pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah. 

  1. Listeriosis

Listeriosis adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Listeria monocytogenes. Bakteri ini dapat ditemukan pada makanan laut mentah, susu, dan produk susu yang tidak dipasteurisasi. Jika listeria menyebar hingga menginfeksi sistem saraf, kondisi tersebut dapat menyebabkan meningitis. Meningitis sendiri merupakan peradangan pada selaput dan cairan di sekitar otak dan sumsum tulang belakang. 

Pada orang yang tidak hamil, listeriosis dapat menyebabkan gejala ringan seperti demam dan diare. Namun, bisa juga menyebabkan gejala yang parah seperti leher kaku dan kebingungan, jika infeksi telah menyebar ke sistem saraf. Pada ibu hamil, listeriosis dapat menyebabkan keguguran, lahir mati, kelahiran prematur, atau infeksi serius pada bayi baru lahir.

  1. Salmonella

Infeksi Salmonella menyebabkan gejala diare, demam, dan kram perut. Gejala dimulai dalam satu hingga tiga hari setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi. 

Itulah setidaknya beberapa infeksi bakteri yang disebabkan karena mengonsumsi ikan atau daging mentah atau setengah matang. Banyak dari infeksi tersebut dapat menyebabkan gejala pencernaan, termasuk diare, mual, dan muntah. Dalam beberapa kasus, infeksi dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius.

Jadi, sebaiknya jangan mengonsumsi ikan mentah agar terhindar dari masalah kesehatan di atas. Bagi kamu yang gemar mengonsumsi ikan mentah seperti sashimi, pastikan makan tersebut higienis dan diolah dengan baik oleh profesional. 

Jika kamu mengalami masalah kesehatan setelah mengonsumsi ikan mentah, sebaiknya segera kunjungi dokter. Kamu bisa membuat jadwal kunjungan dokter di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Suara. Diakses pada 2022. Viral Video Perempuan Makan Ikan Mentah yang Masih Berdarah, Jangan Ditiru Ini Bahayanya!
Very Well Health. Diakses pada 2022. Infectious Diseases Associated With Eating Sushi and Sashimi
Healthline. Diakses pada 2022. Is Eating Raw Fish Safe and Healthy?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan