Nasal Spray Melindungi dari Debu dan Alergen

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 April 2021
Nasal Spray Melindungi dari Debu dan AlergenNasal Spray Melindungi dari Debu dan Alergen

Halodoc, Jakarta - Sistem Pernapasan bisa dikatakan sebagai salah satu bagian tubuh yang rentan. Pasalnya, saluran pernapasan atas berhubungan dengan bagian tubuh yang terpapar langsung dengan partikel asing di udara, yaitu hidung. Jika saluran pernapasan terbilang sensitif, sangat rentan mengalami kondisi alergi pada hidung seperti rhinitis alergi.

Gejala kekambuhan alergi pada saluran pernapasan seperti rhinitis alergi biasa ditandai dengan bersin-bersin, hidung berair, hidung gatal, dan tersumbat. Bahkan, pada beberapa kasus lebih berat juga disertai batuk, rasa tak nyaman pada tenggorokan, hingga demam ringan atau nyeri.

Waspada Paparan Debu dan Polusi di Sekitar

Seperti dianjurkan dalam Allergic Rhinitis and its Impact on Asthma (ARIA), langkah pencegahan pertama dan terpenting adalah sebisa mungkin menghindari alergen atau pemicu alergi terlebih dahulu. Walau begitu, alergen atau pemicu alergi bisa ada di mana saja, apalagi untuk kondisi rhinitis alergi dengan pemicu yang umumnya berasal dari udara. 

Baca juga: Tak Hanya Masker Lindungi Pernapasan dengan Nasal Spray

Alergen atau pemicu alergi pada umumnya berupa partikel asing dalam udara, contohnya debu tak kasat mata, serbuk sari, dan lainnya. Namun, tak hanya di luar, area dalam ruangan, seperti rumah atau ruang kerja juga bisa menjadi lingkungan dengan polusi atau tingkat udara kotor terburuk bagi kita sehari-hari, meski sekilas terlihat bersih.

Bagi seseorang yang mengidap rhinitis alergi, hal ini tentu menjadi ancaman kekambuhan alergi. Sementara itu, masih ada pula yang belum menyadari dan menganggap gejala alergi, termasuk rhinitis alergi bukan masalah serius karena terlihat mirip dengan kondisi medis ringan lainnya, seperti pilek

QUIXX Nasal Spray Berikan Perlindungan pada Saluran Pernapasan

Salah satu cara pengobatan yang dilakukan guna mengatasi alergi yang kamu alami adalah mengonsumsi obat antihistamin. Namun, tidak sembarangan, tentu kamu harus bertanya terlebih dahulu pada dokter. Pasalnya, obat yang diberikan bisa bergantung pada jenis alergi dan penyebab serta gejala yang muncul. 

Baca juga: Peduli Kesehatan, Ini Bedanya Rhinitis Alergi dan Rhinitis Non-Alergi

Nah, sekarang, kamu cukup download aplikasi Halodoc setiap ingin mendapatkan solusi masalah kesehatan terbaik langsung dari dokter, atau membuat janji di rumah sakit terdekat untuk berobat. Jadi, tak perlu lagi keluar rumah atau kerepotan mengantre saat berobat.

Sudah pasti, melakukan tindakan pencegahan adalah hal terbaik daripada harus menjalani pengobatan. Terlebih ketika masa pandemi sekarang yang menuntut kamu untuk lebih banyak beraktivitas di rumah, termasuk bekerja. Tanpa kamu sadari, paparan debu dan alergen di dalam ruangan justru menjadi lebih intens. Pun jika kamu harus bekerja di kantor, apakah ruang kerjamu sudah sepenuhnya bersih dari ancaman polusi dan alergen? 

Debu tak kasat mata pada perabot, karpet, sudut ruangan, bahkan dalam lemari kita. Bulu halus dari binatang peliharaan, residu bahan kimia dalam perlengkapan rumah tangga, hingga polusi dari benda elektronik, seperti AC yang kotor, semua merupakan partikel udara kotor yang bisa menjadi biang penyakit, terutama pada saluran pernapasan. 

Tidak hanya pada orang dengan kondis alergi, orang yang sehat pun menjadi lebih berisiko terpapar dan terserang rhinitis alergi. Maka dari itu, selain menghindari alergen dan polutan dalam ruangan dengan rutin membersihkan rumah, penting untuk memberikan perlindungan ekstra pada saluran pernapasan. Bagaimana caranya? 

Baca juga: Jangan Anggap Remeh Alergi, Waspadai Gejala-gejalanya

Menggunakan nasal spray bisa membantu menjaga kesehatan saluran pernapasan. Nasal spray bubuk seperti QUIXX akan membantu mencegah alergen ataupun partikel udara kotor masuk ke dalam saluran pernapasan. Bubuk QUIXX memberikan perlindungan dengan menjadi lapisan gel yang melapisi rongga dalam hidung saat disemprotkan, dan berfungsi untuk mengurangi juga mencegah partikel udara kotor agar tidak masuk terhirup ke saluran pernapasan. 

Kamu tidak perlu khawatir saat menggunakan nasal spray QUIXX, karena terbukti aman secara klinis. QUIXX mengandung bahan alami hypercellulose dan peppermint powder, yang berperan aktif menjadi lapisan pelindung dalam hidung yang membantu mencegah masuknya partikel udara kotor yang memicu alergi.

QUIXX nasal spray aman digunakan semua usia, mulai dari anak usia 2 tahun ke atas hingga orang dewasa. Bahkan, ibu hamil dan menyusui serta pegiat olahraga pun bisa menggunakannya. Sudah pasti, QUIXX nasal spray sangat praktis dan nyaman digunakan. Semprotan ini akan langsung bekerja dalam 2 menit dan memberikan perlindungan hingga 8 jam. 

Jadi, pastikan saluran pernapasan terlindungi sepenuhnya dari paparan debu dan polutan, ya!

Referensi:
Healthline. Dilases pada 2021. Allergic Rhinitis.
Detik. Diakses pada 2021. Nasal Spray Terbukti Jadi Cara Melindungi Diri Saat Pandemi!



Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan