Muncul Gangguan pada Sendi Putar? Segera Hubungi Dokter Ini

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 Juli 2024

“Gangguan pada sendi putar dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, nyeri, dan kekakuan yang sangat mengganggu. Karena itu, jika mengalami gangguan ini, segera hubungi dokter di Halodoc untuk penanganan yang tepat. ”

Muncul Gangguan pada Sendi Putar? Segera Hubungi Dokter IniMuncul Gangguan pada Sendi Putar? Segera Hubungi Dokter Ini

DAFTAR ISI

  1. Jenis-Jenis Gangguan pada Sendi Putar
  2. Hubungi Dokter Ini untuk Tangani Gangguan pada Sendi Putar
    1. dr. I Ketut Wahyu Trisaputra Sp.OT
    2. dr. Mulya Imansyah Sp.OT, M.Han

Halodoc, Jakarta – Sendi putar adalah jenis sendi yang memungkinkan gerakan rotasi atau putaran satu tulang terhadap tulang lainnya. Gangguan pada sendi putar dapat mengakibatkan rasa sakit, gerakan menjadi terbatas, dan rasa tidak nyaman lainnya.

Gangguan pada sendi ini terdapat berbagai jenis, bergantung pada tempat dan penyebab masalah pada sendi tersebut. Karena itu, penting mengetahui jenis-jenis gangguan pada sendi putar untuk menentukan penanganan dan pengobatan seperti apa yang harus dilakukan.

Jenis-Jenis Gangguan pada Sendi Putar

Berikut adalah beberapa macam gangguan yang dapat terjadi pada sendi putar:

  • Arthritis. Radang sendi atau arthritis merupakan pembengkakan sendi yang ditandai dengan nyeri dan kekakuan sendi serta dapat memburuk seiring bertambahnya usia. Kondisi ini dibagi menjadi dua, yaitu:
    • Osteoarthritis: Merupakan jenis artritis yang disebabkan oleh degenerasi tulang rawan sendi. Hal ini dapat menyebabkan nyeri, kekakuan, dan pembatasan gerakan.
    • Rheumatoid Arthritis: Penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada sendi, termasuk sendi putar. Dapat mengakibatkan nyeri, pembengkakan, dan kerusakan sendi.
  • Bursitis. Peradangan pada bursa (kantung berisi cairan yang berfungsi sebagai bantalan di sekitar sendi). Bursitis pada sendi putar dapat menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan.
  • Tendinitis. Peradangan pada tendon yang mengelilingi sendi putar. Hal ini sering terjadi akibat penggunaan berlebihan atau cedera sehingga menyebabkan tendinitis.
  • Dislokasi. Terlepasnya tulang dari posisinya di sendi putar dapat menyebabkan nyeri hebat, deformitas, dan ketidakmampuan untuk menggerakkan sendi.
  • Cedera ligamen. Robekan atau peregangan berlebihan pada ligamen yang berfungsi menstabilkan sendi putar dapat menyebabkan ketidakstabilan dan nyeri pada sendi.

Berbagai jenis gangguan pada sendi putar tersebut harus segera ditangani dan diobati. 

Jika kamu membiarkanya dalam jangka waktu lama, ini akan memperburuk kondisi sendi dan dapat menyebabkan masalah yang lebih serius.

Oleh sebab itu, jika kamu mengalami masalah atau nyeri pada sendi putar, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter di Halodoc untuk mendapat penanganan yang tepat sesuai dengan jenis gangguan yang dialami.

Hubungi Dokter Ini untuk Tangani Gangguan pada Sendi Putar

Aktivitas sehari-hari tidak terlepas dari gerakan yang dilakukan oleh sendi putar.

Ketika sendi ini mengalami masalah atau gangguan akan menyebabkan rasa tidak nyaman yang menghambat gerak yang akan dilakukan.

Karena itu, jika kamu atau orang terdekat mengalami gangguan pada sendi putar yang tak kunjung hilang dan semakin mengganggu, segera hubungi dokter spesialis ortopedi di Halodoc untuk mendapat saran perawatan dan penanganan yang tepat.

Dokter di Halodoc telah berpengalaman serta mendapatkan penilaian baik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Berikut dokter di Halodoc yang bisa kamu hubungi:

1. dr. I Ketut Wahyu Trisaputra Sp.OT

Kamu juga dapat menghubungi dr. I Ketut Wahyu Trisaputra Sp.OT yang merupakan alumni Fakultas Kedokteran Universitas Udayana pada 2015 dan 2023.

Dokter I Ketut Wahyu Trisaputra Sp.OT kini menjalani praktik di Gianyar, Bali. Ia juga tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Indonesia (PABOI) dengan nomor STR 5111103323164833.

Memiliki pengalaman selama 7 tahun, dr. I Ketut Wahyu Trisaputra Sp.OT bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar nyeri pada sendi putar.

Chat dr. I Ketut Wahyu Trisaputra Sp.OT mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Catat, Ini 8 Penyakit yang Rentan Menyerang Tulang dan Sendi.

2. dr. Mulya Imansyah Sp.OT, M.Han

Pilihan dokter lain yang bisa dihubungi adalah dr. Mulya Imansyah Sp.OT, M.Han. Ia adalah alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Sebelas Maret pada 2007 dan Universitas Gadjah Mada pada 2017. 

Saat ini, dr. Mulya Imansyah Sp.OT, M.Han berpraktik di Poso, Sulawesi Tengah. Ia juga terdaftar sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Indonesia (PABOI) dengan nomor STR 3411103523080770.

Memiliki pengalaman selama 17 tahun, dr. Mulya Imansyah Sp.OT, M.Han mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait nyeri saat menggerakan sendi putar.

Dokter Mulya Imansyah Sp.OT, M.Han juga bisa memberikan konsultasi seputar rekonstruksi pinggul dan lutut, nyeri punggung bawah, keseleo, patah tulang, cedera tulang belakang dan ortopedi anak.

Chat dr. Mulya Imansyah Sp.OT, M.Han mulai dari Rp 99.000,- di Halodoc. 

Jika mengalami masalah pada sendi, Jangan Diurut! Ini 6 Langkah Atasi Nyeri Sendi.

Itulah beberapa dokter spesialis ortopedi yang bisa kamu hubungi untuk bantu perawatan terkait gangguan pada sendi putar.  

Dokter tersebut tersedia selama 24 jam di Halodoc sehingga kamu bisa lakukan konsultasi dari mana saja dan kapan saja.

Namun, jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apalagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2024. Dislocations. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Arthritis; Bursitis; Tendinitis.
NHS UK. Diakses pada 2024. Osteoarthritis; Rheumatoid arthritis.
Healthline. Diakses pada 2024. Dislocations; Lateral Collateral Ligament Sprain and Injury.
WebMD. Diakses pada 2024. Bursitis; Tendinitis.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan