Muncul Gangguan di Kelenjar Tiroid? Segera Hubungi Dokter Ini

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   21 Februari 2024

“Kelenjar tiroid sangatlah penting kehadirannya karena ia yang bertanggungjawab mengatur metabolisme tubuh. Jika ada gejala gangguan pada kelenjar ini, sebaiknya segera hubungi dokter di Halodoc untuk mendapatkan penanganan tepat.”

Muncul Gangguan di Kelenjar Tiroid? Segera Hubungi Dokter IniMuncul Gangguan di Kelenjar Tiroid? Segera Hubungi Dokter Ini

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Kelenjar tiroid adalah kelenjar endokrin yang terletak di leher dan menghasilkan hormon tiroid untuk mengatur metabolisme tubuh. Jika fungsinya terganggu, maka kamu dapat mengalami masalah kesehatan yang perlu segera ditangani dokter.

Ada beberapa gangguan yang dapat terjadi di kelenjar tiroid, seperti hipotiroidisme,  hipertiroidisme, gondok, tiroiditis, kanker tiroid, nodul tiroid, sindrom Graves, kretinisme, dan lain sebagainya.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika ada gejala atau kekhawatiran terkait kesehatan tiroid.

Gejala Gangguan Kelenjar Tiroid yang Membahayakan

Ada beberapa gejala gangguan kelenjar tiroid yang membahayakan dan memerlukan penanganan segera oleh dokter antara lain:

1. Denyut jantung tidak teratur atau cepat

Jika kamu atau orang terdekat merasa denyut jantung tidak teratur, sangat cepat (tachycardia), atau jika kamu mengalami palpitasi (sensasi detak jantung yang tidak normal), ini bisa menjadi tanda hipertiroidisme yang serius.

2. Nyeri atau pembengkakan yang parah di leher

Pembengkakan atau nyeri yang signifikan di leher bisa menjadi tanda adanya masalah serius di kelenjar tiroid, seperti nodul besar, gondok, atau bahkan kanker tiroid.

3. Perubahan tiba-tiba dalam berat badan

Apabila kamu mengalami perubahan berat badan yang drastis tanpa alasan yang jelas, baik peningkatan atau penurunan berat badan yang tidak diinginkan, ini bisa menjadi tanda gangguan kelenjar tiroid.

4. Kerusakan mata atau kesulitan menelan

Jika kamu atau orang terdekat mengalami kesulitan menelan makanan atau cairan, atau jika kamu memiliki masalah dengan penglihatan atau rasa sakit di mata, ini bisa menjadi tanda komplikasi dari gangguan kelenjar tiroid seperti gondok atau oftalmopati Graves.

5. Perubahan mood yang signifikan

Perubahan tiba-tiba dalam suasana hati, seperti kecemasan yang meningkat dan depresi bisa menjadi tanda gangguan hormonal, termasuk gangguan kelenjar tiroid.

6. Kelelahan yang parah dan persisten

Kelelahan yang tidak normal atau berat yang tidak dapat dijelaskan dengan alasan lain bisa menjadi tanda hipotiroidisme yang serius.

7. Gejala gangguan tiroid pada bayi atau anak

Jika kamu memiliki bayi atau anak yang menunjukkan gejala seperti pertumbuhan terhambat, kelelahan ekstrem, atau masalah perkembangan, ini bisa menjadi tanda kekurangan hormon tiroid yang serius (kretinisme).

Nah, Ini Waktu Tepat Melakukan Operasi pada Pengidap Hipertiroid.

Rekomendasi Dokter di Halodoc yang Bisa Bantu Pengobatan Masalah Tiroid

Apabila kamu atau orang terdekat mengalami salah satu atau beberapa dari gejala yang sebelumnya disebutkan, sangat penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi lebih lanjut agar mendapat perawatan yang sesuai.

Nah, berikut beberapa dokter spesialis yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun yang bisa kamu hubungi untuk pengobatan gangguan kelenjar tiroid.

Dokter-dokter ini juga mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

Ini daftarnya:

1. dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD

Pilihan pertama adalah Dokter Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD yang bisa membantu pengobatan gangguan kelenjar tiroid. 

Ia mendapatkan gelar dokternya di Universitas Hang Tuah Surabaya pada 2012 dan kemudian melanjutkan studi di Universitas Sam Ratulangi Manado pada 2020 untuk mendapatkan gelar dokter spesialis penyakit dalam.

Dokter Puguh merupakan anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dan saat ini berpraktik di Bekasi dan Cikarang, Jawa Barat.

Berbekal pengalaman selama 12 tahun, dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait gangguan kelenjar tiroid, ginjal, hipertensi, diabetes, gangguan kesehatan lansia, masalah kesehatan paru, serta alergi dan imunitas.

Chat dr. Puguh Krisnadi Sandjojo Sp.PD mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

2. dr. Agnita Irawaty Sp.PD

Pilihan selanjutnya adalah dr. Agnita Irawaty Sp.PD yang telah menyelesaikan studi kedokteran umum di  Universitas Tarumanagara pada 2010 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2022.

Berbekal pengalaman selama 14 tahun, dr. Agnita Irawaty Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar penyakit dalam, termasuk perawatan gangguan kelenjar tiroid. 

Selain itu, Ini 5 Dokter Spesialis yang Bisa Bantu Perawatan Hipertiroid.

Chat dr. Agnita Irawaty Sp.PD mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

3. dr. Vera Bahar Sp.PD

Dokter Vera Bahar Sp.PD merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia pada 2008 dan Universitas Hasanuddin pada 2021. 

Saat ini, ia melakukan praktik di Wajo, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI).

Dengan pengalamannya selama 15 tahun, ia dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait penyakit dalam, termasuk perawatan gangguan kelenjar tiroid. 

Chat dr. Vera Bahar Sp.PD mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

4. dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS

Dokter H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS adalah spesialis bedah umum yang mendapatkan gelarnya dari Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya pada 2005 dan 2018.

Saat ini,  dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS melakukan praktik di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, dan terdaftar dalam Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Ia memiliki pengalaman sebagai dokter spesialis bedah selama 19 tahun, sehingga kamu tidak perlu ragu lagi untuk berkonsultasi dengannya di Halodoc seputar pengobatan kelenjar tiroid. 

Chat dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS dari Rp 49.000,- di Halodoc.

5. dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B

Rekomendasi dokter spesialis bedah umum yang bisa kamu hubungi untuk penanganan gangguan kelenjar tiroid adalah dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B.

Dokter Rachdithia lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas UPN Veteran Jakarta pada 2012 dan Universitas Syiah Kuala 2022.

Saat ini, ia berpraktik di Bogor, Jawa Barat dan termasuk anggota Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Berbekal pengalaman selama 12 tahun, dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang prosedur bedah untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk penyakit tiroid. 

Chat dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Jangan tunda untuk menghubungi dokter supaya gangguan tiroid yang kamu alami tidak semakin parah.

Kamu pun tidak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2024. Thyroid Problems. 
Medical News Today. Diakses pada 2024. What to Know about Common Thyroid Disorders.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Thyroid Disease.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan