Muncul Bentol Berair dan Terasa Gatal? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   17 September 2024

Munculnya bentol berair umumnya terasa gatal dan menimbulkan ketidaknyamanan. Itu sebabnya, kondisi ini perlu segera ditangani sesuai dengan penyebabnya.

Muncul Bentol Berair dan Terasa Gatal? Ini Penyebab dan Cara MengatasinyaMuncul Bentol Berair dan Terasa Gatal? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

DAFTAR ISI

  1. Penyebab Bentol Berair dan Terasa Gatal
  2. Cara Mengatasi Bentol Berair
  3. Hubungi Dokter Ini untuk Mengatasi Gejala Bentol Berair

Halodoc, Jakarta – Bentol berair pada kulit biasanya menimbulkan rasa nyeri, gatal, hingga perih, yang tak jarang bisa sampai mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari cedera, eksim, alergi, dan masih banyak lagi. 

Biasanya bentol berair muncul untuk melindungi kulit yang mengalami luka, serta membantu proses penyembuhannya. Jika kamu mengalami kondisi ini, sejumlah cara masih bisa dilakukan untuk mengatasinya. Namun cara mengatasinya tentu berbeda-beda, tergantung dari penyebabnya. 

Supaya tidak salah, yuk, simak informasi terkait penyebab bentol berair dan cara mengatasinya pada artikel berikut ini!

Penyebab Bentol Berair dan Terasa Gatal

Bentol berisi air atau yang kerap disebut lepuh, bisa muncul di kulit karena berbagai hal, seperti:

1. Cedera

Lepuhan bisa terjadi akibat cedera pada kulit, contohnya:

  • Tergesek sesuatu.
  • Terkena paparan bahan kimia tertentu, seperti deterjen atau sabun. 
  • Gigitan hewan.
  • Suhu yang sangat tinggi atau rendah, sehingga menyebabkan luka bakar atau radang dingin.

Kondisi cedera tersebut biasanya menimbulkan bentol berair, yang kemudian terasa nyeri dan gatal. 

Meskipun biasanya bisa sembuh dengan sendirinya, lepuhan yang parah mungkin memerlukan pengobatan dan waktu yang lebih lama untuk sembuh.

Jika mengalaminya, kamu bisa menutupi bentol berair tersebut dengan plester untuk melindungi area luka selama masa penyembuhan.

Saat rasa gatal muncul dan tak tertahankan, kamu bisa coba menggunakan obat-obatan di artikel ini: “Ini Pilihan Obat Kaligata yang Ampuh untuk Redakan Gatal-Gatal”. 

Jika kamu membutuhkannya, obat-obatan ini bisa dibeli dengan segera melalui Toko Kesehatan Halodoc

2. Eksim

Bentol berair dan terasa gatal juga bisa terjadi karena eksim atau dermatitis. Ini merupakan gangguan pada kulit yang ditandai dengan kemerahan, ruam, serta rasa gatal di kulit. 

Ada banyak jenis eksim dan beberapa di antaranya menyebabkan lepuhan. Misalnya, eksim dishidrotik bisa menyebabkan lepuhan kecil yang terasa gatal di tangan dan kaki.

Bentol berair akibat eksim biasanya muncul pada bagian tubuh seperti telapak tangan, sisi jari, telapak kaki, serta sisi kaki. 

Pada area kulit yang terkena, rasa gatal dan sensasi terbakar yang hebat juga seringkali muncul. Kondisi ini yang kemudian membuat kulit mungkin tampak merah atau berubah warna serta pecah-pecah di sekitar lepuh.

3. Infeksi

Infeksi tertentu juga bisa menyebabkan munculnya bentol berair yang terasa gatal misalnya herpes, cacar air, herpes zoster, stomatitis dan impetigo.

Selain lepuhan, gejala lain juga bisa muncul tergantung jenis infeksinya, seperti: 

  • Impetigo atau infeksi bakteri yang awalnya menyebabkan lepuh gatal berwarna merah atau ungu, lalu muncul bercak kemerahan di mulut dan hidung.
  • Herpes yang memengaruhi alat kelamin, yang kemudian membuat terbentuknya lepuh di sekitar alat kelamin dan anus. 
  • Herpes zooster yang tak hanya menimbulkan lepuh, tetapi juga menyebabkan demam, sakit kepala, serta mengigil. 

4. Alergi

Alergi bisa mengiritasi kulit, misalnya akibat dermatitis kontak. Ini  adalah reaksi kulit terhadap bahan iritan atau alergen. Zat yang bisa menyebabkan reaksi kulit ini pada beberapa orang, antara lain produk kosmetik dan deterjen.

Nah, alergi bisa menyebabkan munculnya bentol berair dan terasa gatal yang lebih terkenal dengan sebutan biduran. Lepuh ini bisa menyebabkan kulit menjadi panas dan bengkak. 

Namun, jangan khawatir, ada 4 Cara Ampuh Atasi Gatal Biduran yang bisa kamu lakukan.

5. Pemfigoid bulosa

Pemfigoid bulosa adalah kelainan autoimun langka yang menyebabkan kulit melepuh dan gatal-gatal. Gangguan autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh terlalu aktif dan secara keliru menyerang jaringan sehat.

Bila kamu mengidap pemfigoid bulosa, bentol berair dan gatal-gatal bisa muncul pada lengan, kaki, perut, dan pangkal paha. Bentol yang muncul bisa berisi cairan bening atau darah. 

Cara Mengatasi Bentol Berair

Nah, cara mengatasi bentol berair yang terasa gatal harus sesuai dengan penyebabnya, misalnya: 

  • Pada kasus cedera kulit, lepuhan yang gatal bisa kamu obati dengan mengoleskan krim anti-gatal bebas dan perawatan rumah lainnya untuk menghilangkan gatal.
  • Pada kasus eksim, cara mengatasinya bisa dengan membersihkan area yang terkena secara teratur untuk mencegah infeksi dan memperbaiki gejala.
  • Pada kasus impetigo, dokter mungkin akan memberikan obat antibiotik untuk mengatasi infeksi.
  • Pada kasus herpes zoster, dokter akan memberikan obat antivirus, terutama pada kasus yang lebih parah. 
  • Pada kasus alergi, dokter akan memberikan obat antihistamin untuk meredakan gejala alergi dan mengurangi lepuh. 
  • Pada kasus pemfigoid bulosa, dokter akan menggunakan steroid topikal atua oral. 

Itulah penyebab bentol berair yang terasa gatal dan cara mengatasinya. Kamu juga bisa menghubungi dokter bila muncul lepuhan yang cukup banyak atau mencurigakan.

Hubungi Dokter Ini untuk Mengatasi Gejala Bentol Berair

Jika kamu menemukan adanya bentol berair di tubuh, sebaiknya segera hubungi dokter spesialis kulit di Halodoc.

Sebab, penanganan kondisi tersebut harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Nah, dokter bisa membantu kamu mengetahui penyebab munculnya bentol berair tersebut sehingga dapat menyarankan penanganan yang tepat.

Jangan khawatir, dokter di Halodoc telah berpengalaman serta mendapatkan penilaian baik dari pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Berikut dokter di Halodoc yang bisa kamu hubungi:

1. dr. Frieda Sp.D.V.E

Dokter pertama yang bisa kamu hubungi adalah dr. Frieda Sp.D.V.E. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya pada 2015 dan Universitas Sebelas Maret pada 2022. 

Ia kini berpraktik di Bogor, Jawa Barat dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) dengan nomor STR 3321602322166922.

Memiliki pengalaman selama 8 tahun, dr. Frieda Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc untuk penanganan bentol berair.

Chat dr. Frieda Sp.D.V.E mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Thigita Aga Pandaleke Sp.D.V.E

Selanjutnya, kamu bisa menghubungi dr. Thigita Aga Pandaleke Sp.D.V.E. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi pada 2007 dan 2015.

Saat ini, dokter Thigita Aga Pandaleke Sp.D.V.E sedang menjalani praktik di Manado, Sulawesi Utara. Ia juga tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) dengan nomor STR 7121602320110894.

Berpengalaman sebagai dokter spesialis kulit selama 16 tahun, dr. Thigita Aga Pandaleke Sp.D.V.E mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar cara mengobati bentol berair.

Bukan hanya itu, ia juga dapat memberikan konsultasi seputar kulit sensitif, ruam kulit dan gigitan serangga, estetika, kulit anak dan bayi, serta masalah jerawat. 

Chat dr. Thigita Aga Pandaleke Sp.D.V.E dari Rp 60.000,- di Halodoc.

3. dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E

Dokter kulit lain yang bisa kamu hubungi adalah dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada 2013 dan Universitas Hasanuddin pada 2022.

Saat ini, dokter Dyah sedang menjalani praktik di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) dengan nomor STR 7321602322144303.

Berpengalaman sebagai dokter spesialis kulit selama 11 tahun, dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar cara penanganan bentol berair.

Chat dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa dokter spesialis kulit yang bisa kamu hubungi untuk bantu penanganan bentol berair.

Dokter tersebut tersedia selama 24 jam di Halodoc sehingga kamu bisa lakukan konsultasi dari mana saja dan kapan saja.

Namun, jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apa lagi? Ayo, pakai Halodoc sekarang juga!.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2024. What causes itchy bumps filled with clear liquid?
Verywell Health. Diakses pada 2024. What Can Cause Itchy Bumps Filled With Clear Liquid?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan