Mitos atau Fakta, Tanaman Sambiloto Bisa Atasi Gejala Flu?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 Agustus 2024

“Sambiloto kerap dimanfaatkan sebagai obat karena mengandung zat aktif andrografolid yang bermanfaat sebagai antiradang, antibakteri, hingga antivirus. Tanaman ini kemudian dianggap mampu meredakan gejala flu, seperti bersin, batuk, pilek, hingga demam.”

Mitos atau Fakta, Tanaman Sambiloto Bisa Atasi Gejala Flu?Mitos atau Fakta, Tanaman Sambiloto Bisa Atasi Gejala Flu?

Halodoc, Jakarta – Di tengah cuaca yang tidak menentu saat ini, tubuh memang berisiko tinggi terserang penyakit, salah satunya flu. Jika mengalaminya, kamu tak perlu panik. Selain menggunakan obat, flu rupanya bisa juga diatasi dengan bahan alami, salah satunya tanaman sambiloto. 

Sambiloto merupakan tanaman alami yang jarang diketahui orang, namun ternyata efektif untuk mencegah dan mengurangi gejala flu seperti bersin, batuk, pilek, hingga demam. 

Yuk, ketahui berbagai informasi terkait tanaman sambiloto yang dipercaya bisa atasi gejala flu, pada artikel berikut ini!

Sambiloto Tanaman Pahit Kaya Manfaat 

Sambiloto atau yang memiliki nama latin Andrographis paniculata adalah tanaman yang terkenal dengan rasa pahitnya dan memang kerap dimanfaatkan sebagai obat karena kandungan di dalamnya. 

Tanaman ini memiliki kandungan zat aktif andrografolid yang memiliki banyak sekali manfaat seperti antiradang, antibakteri, hingga antivirus. Zat tersebut ditemukan terutama pada batang dan daunnya, sehingga semua bagian tumbuhan ini dapat dimanfaatkan.

Sambiloto bisa memberikan peningkatan pada kekebalan dan efek imunomodulasi. Termasuk juga kemampuannya untuk merangsang kekebalan antigen spesifik dan non-spesifik, mengurangi peradangan, meredakan demam dan sakit tenggorokan.

Tanaman ini juga bisa mengurangi gangguan akibat infeksi saluran pernapasan atas pada anak-anak dan bahkan orang dewasa.

Manfaat Tanaman Sambiloto untuk Atasi Flu dan Penyakit Lainnya

Lalu, bagaimana manfaat tanaman sambiloto untuk mengatasi flu ? Tanaman ini disebut-sebut mampu meredakan gejala flu, seperti bersin, batuk, pilek, hingga demam, berkat kandungan di dalamnya. 

Selain itu, penyakit flu juga bisa cepat mereda ketika seseorang mengonsumsi sambiloto. 

Seseorang yang mengonsumsi tablet dengan kandungan sambiloto dan sedikit ginseng selama 5 hari, memiliki risiko lebih kecil mengalami influenza, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak. 

Di sisi lain, tanaman herbal ini juga dinilai mampu mengurangi durasi penyakit flu serta mempercepat pemulihan, sehingga tubuh bisa kembali bugar. 

Selain menggunakan tanaman herbal, kamu juga bisa atasi flu dengan mengonsumsi sejumlah obat. 

Beberapa rekomendasi obatnya bisa kamu cari tahu pada artikel berikut ini: “Ini Rekomendasi Obat Flu dan Pilek Dewasa yang Ampuh”. Obat-obatan ini bisa kamu beli dengan mudah melalui Toko Kesehatan Halodoc

Selain untuk mengatasi gejala flu, kandungan pada tanaman sambiloto juga dapat memberikan banyak manfaat lainnya untuk kesehatan, yaitu:

1. Mengatasi peradangan

Tanaman dengan rasa pahit ini disebut-sebut efektif untuk mengatasi peradangan pada tubuh. 

Maka dari itu, jika kamu mengalami pembengkakan, nyeri, hingga demam akibat peradangan, jangan ragu untuk menggunakannya ya. Kamu bisa minum air rebusan daun sambiloto atau mengonsumsinya dalam bentuk suplemen herbal. 

2. Mengontrol tekanan darah

Manfaat lainnya dari tanaman sambiloto adalah mampu mengontrol tekanan darah dan membantu menurunkannya jika terlalu tinggi. Kandungan pada tanaman ini dapat melebarkan pembuluh darah, sehingga alirannya lebih lancar dan tekanan darah menjadi normal. 

Nah, itulah pembahasan mengenai tanaman sambiloto yang dipercaya mampu mengatasi gejala flu. Di Indonesia, masih jarang orang yang paham tentang manfaat tanaman ini.

Padahal, sudah sangat sering dimanfaatkan di China sebagai pengobatan tradisional. Maka dari itu, mulai sekarang tidak ada salahnya untuk mengonsumsi tanaman herbal yang satu ini, ya. 

Selain dengan mengonsumsi obat herbal ini, ada baiknya juga memastikan tubuh mendapat istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan, serta menghindari segala hal yang dapat memperparah flu. 

Apabila kamu masih memiliki pertanyaan lainnya yang berhubungan dengan tanaman sambiloto, ada baiknya untuk bertanya langsung pada ahlinya. Kamu dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait segala manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi tanaman herbal ini. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, interaksi dengan ahli medis bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja!

Referensi:
Atune. Diakses pada 2024. 7 Herbs To Blow The Flu Away.
Botanical Medicine for Women’s Health. Diakses pada 2024. Pages 256-289.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan