Mengidap Fistula Ani? Segera Hubungi Dokter Spesialis Ini

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   21 Mei 2024

“Fistula ani memerlukan perhatian medis segera untuk mencegah komplikasi lebih lanjut. Kamu bisa menghubungi dokter bedah di Halodoc untuk mengetahui prosedur operasi fistula ani.”

Mengidap Fistula Ani? Segera Hubungi Dokter Spesialis IniMengidap Fistula Ani? Segera Hubungi Dokter Spesialis Ini

DAFTAR ISI

  1. Dokter di Halodoc yang Paham Pengobatan Fistula Ani

Halodoc, Jakarta – Fistula ani adalah suatu kondisi medis saat terbentuk saluran abnormal (fistula) antara permukaan kulit di sekitar anus dan saluran anus atau rektum. Kondisi ini biasanya terjadi sebagai komplikasi dari abses anorektal.

Kondisi tersebut mulanya terbentuk sebagai benjolan. Jika tidak diobati bisa menyebabkan keluarnya nanah yang seiring waktu membentuk saluran di bawah kulit hingga ke anus. 

Dokter di Halodoc yang Paham Pengobatan Fistula Ani

Saat mengalami fistula ani, pengidapnya akan merasa nyeri dan ketidaknyamanan di sekitar daerah anus. Rasa sakit ini sering kali diperburuk saat duduk atau buang air besar. 

Selain itu, bisa terjadi keluarnya nanah atau darah dari lubang kecil di kulit di sekitar anus, yang dapat menyebabkan iritasi dan gatal. Pembengkakan dan kemerahan di daerah yang terkena juga bisa terjadi. Hal tersebut menandakan adanya peradangan. 

Dalam beberapa kasus, pengidapnya juga mengalami demam akibat adanya infeksi. Gejala-gejala ini sering kali persisten dan memerlukan perhatian medis untuk mencegah komplikasi lebih lanjut.

Salah satu penanganan utama fistula ani yaitu melalui pembedahan. Jika kamu mengalami tanda-tanda tersebut, sebaiknya hubungi dokter bedah di Halodoc. 

Mereka bisa menjelaskan prosedur bedah untuk mengatasi fistula ani lebih mendetail. Nah, berikut ini terdapat beberapa dokter spesialis bedah yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun.

Dokter-dokter ini juga telah mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

1. dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS

Dokter H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya pada 2005 dan 2018.

Ia kini berpraktik di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Berpengalaman sebagai dokter spesialis bedah selama 19 tahun, dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc yang berkaitan dengan prosedur bedah untuk mengatasi fistula ani.

Chat dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Selain Harus Dibedah, Adakah Pilihan Pengobatan Fistula Ani? Simak penjelasannya. 

2. dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B

Rekomendasi selanjutnya, yaitu dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas UPN Veteran Jakarta pada 2012 dan Universitas Syiah Kuala 2022.

Dokter Rachdithia Ichwiyantho Sp.B kini berpraktik di Bogor, Jawa Barat dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Memiliki pengalaman sebagai dokter spesialis bedah selama 12 tahun, dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang operasi fistula ani.

Chat dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Untuk Cegah Fistula Ani, Lakukan 4 Hal berikut ini. 

3. dr. Devid Ruru Sp.B

Dokter Devid Ruru Sp.B merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya pada 2010 dan 20189.

Saat ini, ia sedang menjalani praktik di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI) dengan nomor STR 3511101319114863.

Berpengalaman sebagai dokter spesialis bedah selama 14 tahun, dr. Devid Ruru Sp.B mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc yang berkaitan dengan prosedur bedah untuk mengatasi fistula ani.

Chat dr. Devid Ruru Sp.B dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis bedah yang bisa kamu hubungi untuk berdiskusi terkait operasi untuk mengatasi fistula ani.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
National Health Service UK. Diakses pada 2024. Anal Fistula. 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Anal Fistula. 
WebMD. Diakses pada 2024. What Is an Anal Fistula?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan