Mengenal Tanaman Porang, Bahan Baku Pembuatan Shirataki

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 November 2022

“Tanaman porang tumbuh dengan batang bercorak belang hijau putih dan memiliki daun lebar berujung runcing berwarna hijau muda. Untuk manfaatnya sendiri, tanaman porang diketahui memiliki berbagai kandungan nutrisi penting untuk tubuh.”

Mengenal Tanaman Porang, Bahan Baku Pembuatan ShiratakiMengenal Tanaman Porang, Bahan Baku Pembuatan Shirataki

Halodoc, Jakarta – Tanaman porang atau yang juga dikenal sebagai iles-iles merupakan umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri. Meski terkesan asing, tanaman herbal yang satu ini kerap dijadikan sebagai bahan baku pembuatan shirataki. Selain itu, tanaman porang juga kerap dijadikan sebagai bahan baku tepung. 

Nah, karena masih terdengar asing, ada baiknya untuk mengetahui tanaman porang lebih mendalam. Khususnya terkait karakteristik dan manfaatnya. Yuk, simak penjelasannya di sini!

Karakteristik Tanaman Porang

Menurut studi berjudul Iles-iles (Amorphophallus muelleri Blume); Deskripsi dan Sifat-sifat Lainnya, Amorphophallus spp. awalnya ditemukan di daerah tropik dari Afrika sampai ke pulau-pulau Pasifik. Kemudian, tanaman ini menyebar ke daerah beriklim sedang seperti Cina dan Jepang. Nah, jenis A. muelleri Blume, awalnya ditemukan di kepulauan Andaman India, lalu menyebar ke arah timur melalui Myanmar dan masuk ke Thailand serta ke Indonesia. 

Tanaman ini merupakan tanaman terna hidup panjang, daunnya mirip sekali dengan daun tacca atau  bunga kelelawar hitam. Perlu diketahui bahwa tanaman iles-iles dapat tumbuh di mana saja, baik di pinggir hutan jati, di bawah rumpun bambu, tepi sungai, semak belukar, maupun area di bawah naungan tertentu lainnya. 

Sekilas, tanaman iles-iles mirip dengan tanaman suweg atau Amorphophallus Campanulatus), iles-iles putih atau Amorphophallus Spp, dan walur (Amorphophallus variabilis). 

Namun, tanaman iles-iles memiliki ciri khas yang dapat membedakannya dengan beberapa tanaman tersebut. Mulai daun lebar dengan ujung daun runcing berwarna hijau muda, sekaligus kulit batangnya halus berwarna belang hijau dan putih. 

Selain itu, pada permukaan umbi tanaman iles-iles juga tidak memiliki bintil umbi berserat halus dan berwarna kekuningan. Mengutip salah satu media daring nasional, peneliti Botani Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), mengatakan bahwa tanaman porang masih satu keluarga dengan bunga bangkai. 

Manfaat Tanaman Porang yang Jarang Diketahui 

Selayaknya tanaman umbi-umbian lain, tanaman porang juga diketahui memiliki berbagai kandungan nutrisi. Mulai dari lemak, protein mineral, vitamin, karbohidrat, kristal kalsium oksalat, alkaloid, sekaligus serat pangan. Nah, karbohidrat merupakan komponen nutrisi penting yang ditemukan dari umbi-umbian, tanpa terkecuali pada tanaman porang. Sebab, karbohidrat yang terkandung pada tanaman iles-iles diketahui memiliki kandungan glukomanan (salah satu jenis serat pangan) yang lebih tinggi, jika dibandingkan dengan tanaman umbi lainnya. 

Artinya, karbohidrat yang terkandung pada umbi tanaman porang, dianggap sebagai salah satu karbohidrat kompleks yang dapat memberikan sejumlah dampak positif pada tubuh. Contohnya seperti menghasilkan energi lebih optimal, menjaga berat badan, mengatur gula darah, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Sementara itu, dari semua bagian tanaman, umbi tanaman iles-iles dapat dimanfaatkan untuk sejumlah hal. Mulai dari dijadikan sebagai tepung porang (sebagai bahan baku shirataki) hingga dijadikan sebagai keripik atau camilan yang lezat. Tak hanya untuk kebutuhan konsumsi, umbi tanaman iles-iles atau porang juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan lem organik ramah lingkungan, sekaligus penjernih air. 

Itulah penjelasan mengenai tanaman porang yang kerap dijadikan sebagai bahan baku shirataki. Porang tumbuh dengan batang bercorak belang hijau putih dan memiliki daun lebar berujung runcing berwarna hijau muda. Untuk manfaatnya sendiri, tanaman iles-iles memiliki berbagai kandungan nutrisi penting untuk tubuh. Mulai dari lemak, protein mineral, vitamin, karbohidrat, kristal kalsium oksalat, alkaloid, sekaligus serat pangan. 

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar tanaman porang atau memiliki keluhan kesehatan setelah mengonsumsi sesuatu, segeralah hubungi dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan informasi atau saran medis yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi: 
Jurnal Biodiversitas. Diakses pada 2022. Iles-iles (Amorphophallus muelleri Blume);
Deskripsi dan Sifat-sifat Lainnya. 
Kompas. Diakses pada 2022. Apa Itu Tanaman Porang dan Apa Manfaatnya?
Tirto. Diakses pada 2022. Mengenal Tanaman Porang: Manfaat, Harga, Budidaya, & Nilai Bisnis. 

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan