Mengenal Patchouli Oil dan Manfaatnya untuk Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   14 Oktober 2022

“Patchouli oil atau minyak nilam memiliki aroma khas sehingga ia sering digunakan sebagai kandungan tambahan aroma dalam parfum, kosmetik, dan dupa. Namun, minyak ini ternyata menyimpan segudang manfaat lain bagi kesehatan.”

Mengenal Patchouli Oil dan Manfaatnya untuk KesehatanMengenal Patchouli Oil dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Sejak dahulu, berbagai jenis minyak esensial yang berasal dari herbal telah digunakan untuk pengobatan tradisional. Sebab, minyak herbal esensial memiliki manfaat untuk kesehatan fisik maupun mental. Salah satu minyak herbal esensial yang populer adalah patchouli oil.

Patchouli oil atau minyak nilam adalah minyak atsiri yang berasal dari daun tanaman nilam, sejenis rempah aromatik. Untuk menghasilkan minyak nilam, daun dan batang tanaman dipanen dan dibiarkan mengering yang akan diproses destilasi untuk mengekstrak minyak esensial. Minyak dengan aroma khas ini telah lama dipercaya menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Berbagai Manfaat Patchouli Oil untuk Kesehatan

Minyak nilam memiliki aroma khas dengan sensasi seperti kekayuan, manis, dan pedas. Karena hal ini, minyak nilam sering digunakan sebagai kandungan tambahan aroma dalam parfum, kosmetik, dan dupa.

Tidak hanya untuk aromaterapi, minyak ini juga menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Nah, berikut beberapa manfaat patchouli oil atau minyak nilam yang dapat kamu nikmati:

  1. Baik untuk Kesehatan Kulit

Minyak esensial nilam adalah bahan utama dari banyak produk perawatan wajah. Hal ini karena minyak nilam dapat membuat kulit lebih cerah, bercahaya, dan halus dengan meregenerasi sel-sel kulit baru. 

Minyak ini juga digunakan untuk mencuci muka agar menghindari infeksi kulit. Minyak nilam juga dapat menghilangkan pembentukan kerutan pada wajah dan meningkatkan kandungan kolagen.

  1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Minyak nilam juga dibekali dengan manfaat yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan penyakit seperti demam dan pilek. Minyak ini juga membantu memulihkan peradangan dan infeksi. Minyak ini dipercaya dapat membantu menurunkan suhu tubuh saat demam.

  1. Menurunkan Berat Badan

Minyak nilam juga sering digunakan sebagai minyak esensial yang baik untuk menurunkan berat badan. Namun, manfaat ini perlu diteliti lebih lanjut untuk menemukan berapa persentase penurunan berat badan yang bisa dilakukan oleh minyak nilam.

  1. Sebagai Antidepresan

Minyak nilam atau patchouli oil juga dapat digunakan untuk menenangkan pikiran dan otot setelah seharian beraktivitas. Tidak heran jika minyak ini sering digunakan sebagai aroma terapi. Dopamin dan serotonin, dua hormon yang mengurangi emosi kemarahan dan kecemasan, dapat dihasilkan oleh minyak nilam saat dihirup.

Inilah sebabnya juga mengapa minyak nilam sering digunakan dalam dupa dan selama meditasi karena dapat menciptakan lingkungan yang tenang. Manfaat ini dapat diperoleh dengan meneteskan lima tetes minyak nilam ke pembakar atau oil diffuser. Bahkan, mandi air hangat dengan 10 tetes minyak nilam bisa menjadi pilihan.

  1. Sebagai Antibakteri

Bakteri penyebab penyakit menggunakan biofilm dan faktor virulensi untuk dengan mudah menempati inang dan bertahan hidup. Minyak nilam telah diketahui mampu menyerang biofilm dan beberapa faktor virulensi dari bakteri Staphylococcus aureus (MRSA).

Para ahli juga mengungkapkan bahwa campuran minyak esensial nilam dapat menghambat pertumbuhan P. aeruginosa dan S. pneumoniae lebih baik daripada minyak esensial campuran lainnya.

Apabila kamu mengalami masalah kesehatan dan membutuhkan saran dari ahlinya, jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter. Coba pakai aplikasi Halodoc supaya kamu juga bisa melakukan cek kesehatan rutin lebih mudah dengan memanfaatkan layanan janji medis. Yuk, download Halodoc secara gratis di Play Store maupun App Store. 

Referensi
Gya Labs. Diakses pada 2022. Health Benefits of Patchouli Oil.
Healthline. Diakses pada 2022. Patchouli Oil.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan