Mengenal Organ Pencernaan dan Fungsinya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 Mei 2023

“Sistem pencernaan terdiri dari beberapa macam organ tubuh, antara lain mulut, esophagus, lambung, usus, dan pankreas. Setiap organ pencernaan ini memiliki fungsi yang berbeda untuk menunjang fungsi sistem pencernaan.”

Mengenal Organ Pencernaan dan FungsinyaMengenal Organ Pencernaan dan Fungsinya

Halodoc, Jakarta – Organ pencernaan adalah sistem tubuh yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia. Tugas utamanya adalah  untuk memproses makanan dan minuman yang kamu konsumsi sehari-hari.

Sistem ini terdiri dari beberapa organ yang bekerja sama untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi yang tubuh perlukan untuk kegiatan sehari-hari. Simak berikut ini organ-organ apa saja yang terlibat dalam sistem pencernaan manusia beserta fungsinya!

Macam-Macam Organ Pencernaan

Sistem pencernaan terdiri dari berbagai organ yang saling berhubungan erat untuk memastikan bahwa tubuhmu tetap sehat dan nutrisi bisa terserap. Organ-organnya antara lain:

1. Mulut

Mulut merupakan organ pertama dalam sistem pencernaan manusia. Di dalam mulut terdapat gigi, lidah, dan kelenjar ludah. Gigi berfungsi untuk menghancurkan makanan menjadi partikel yang lebih kecil sehingga mudah untuk kamu telan. 

Lalu, makanan yang sudah hancur akan berpindah ke belakang mulut dengan lidah yang membantu dalam proses pengunyahan. Proses ini akan berjalan dengan bantuan kelenjar ludah menghasilkan air liur yang membantu membasahi makanan dan mencerna karbohidrat.

2. Esophagus

Esophagus atau kerongkongan adalah saluran berotot yang menghubungkan mulut dengan lambung. Fungsinya adalah untuk mendorong makanan dari mulut ke lambung dengan bantuan gerakan peristaltik. Ini adalah gerakan dari otot kerongkongan yang berkontraksi sehingga makanan bisa bergerak turun. Biasanya, masalah tersedak terjadi di esophagus karena makanan tidak turun ke lambung dengan baik.

3. Lambung

Lambung merupakan organ pencernaan yang memiliki bentuk seperti kantong. Di dalam lambung, terdapat kelenjar yang menghasilkan asam lambung dan enzim pencernaan.

Fungsinya untuk mencerna makanan dengan cara mengaduk-aduk makanan dan mencampurnya dengan asam lambung dan enzim seperti amilase, lipase, dan protease. Setiap enzim ini akan memiliki fungsi khusus yang berbeda dalam pencernaan. 

4. Usus halus

Usus halus adalah organ pencernaan yang berfungsi untuk menyerap nutrisi yang terdapat dalam makanan. Organ ini terdiri dari tiga bagian yaitu duodenum atau usus 12 jari, jejenum atau usus kosong, dan ileum.

Di dalam usus halus, nutrisi seperti karbohidrat, protein, dan lemak akan terpecah menjadi bentuk yang lebih kecil sehingga mudah terserap oleh tubuh.

5. Usus besar

Bagian sistem penceranaan ini merupakan organ pencernaan yang berfungsi untuk menyerap air dan elektrolit dari sisa makanan yang tidak dapat tercerna oleh tubuh.

Usus besar terdiri dari beberapa bagian yaitu kolon, rektum, dan anus. Di dalam usus besar, terdapat bakteri yang membantu dalam proses mencerna sisa makanan dan menghasilkan beberapa nutrisi seperti vitamin K dan asam lemak rantai pendek.

6. Hati

Hati merupakan organ yang terletak di sebelah kanan atas rongga perut. Fungsinya adalah untuk menghasilkan empedu yang membantu dalam proses pencernaan lemak. Setelah produksi empedu selesai, cairan ini akan tersimpan di kandung empedu dan tubuh lepaskan ke dalam usus 12 jari saat pencernaan. 

7. Pankreas

Pankreas adalah organ pencernaan yang menghasilkan enzim pencernaan seperti amilase, lipase, dan tripsinogen. Enzim-enzim ini berfungsi untuk mencerna karbohidrat, lemak, dan protein di dalam usus halus.

Nah, pankreas ini merupakan salah satu organ tubuh yang rawan mengalami masalah. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui Cara Sederhana agar Pankreas Selalu Sehat.

Itulah macam-macam organ dalam sistem pencernaan beserta fungsi pentingnya yang kamu perlu tahu. Kalau kamu masih memiliki pertanyaan tentang kesehatan pencernaan, jangan ragu untuk langsung melakukan konsultasi lebih lanjut dengan hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc

Sekarang kamu bisa berkonsultasi dengan praktis kapan saja dan dari mana saja. Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases. Diakses pada 2023. Your Digestive System & How it Works
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Digestive System

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan