Mengenal Manfaat Urban Farming bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   02 September 2022

“Urban farming adalah kegiatan berkebun di perkotaan dengan halaman terbatas. Ternyata, kegiatan ini dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, terutama saat dilakukan secara rutin.”

Mengenal Manfaat Urban Farming bagi KesehatanMengenal Manfaat Urban Farming bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Beberapa orang mungkin berkeinginan untuk memiliki kebun di rumahnya. Namun, rumah di perkotaan memiliki halaman yang terbatas sehingga tidak memungkinkan untuk hal tersebut.

Padahal, ada satu cara yang bisa dilakukan untuk membangun kebun di rumah, meski tinggal di perkotaan, yaitu urban farming. Setiap orang dapat menyesuaikan luas kebunnya dengan luas halaman yang ada.

Dengan menerapkan urban farming, kamu juga bisa, lho, mendapatkan berbagai manfaat yang berhubungan dengan kesehatan. Siapa, sih, yang tidak mau sehat di tengah gempuran polusi udara yang parah seperti sekarang ini?

Berbagai Manfaat Urban Farming untuk Kesehatan

1. Akses Mudah ke Makanan Sehat

Kebanyakan orang yang membuat urban farming di rumahnya menanam sayur dan buah, sehingga akses ke makanan sehat lebih mudah. Tentu hal ini juga mampu mengurangi biaya pengeluaran rumah tangga untuk makanan.

Keluarga yang berkebun di rumahnya, kebutuhan produk makanan segar terpenuhi sampai 30 hingga 40 persen. Bahkan, hasil panen yang ada bisa berlebihan, bisa dibagikan ke orang lain atau bahkan dijual.

2. Konsumsi Sayur dan Buah Lebih Rutin

Seseorang yang memanfaatkan urban farming umumnya menanam sayur dan buah dapat mengonsumsinya secara signifikan. Beberapa penelitian mencatat, tingkat konsumsinya bisa menyentuh 3,5 kali bahkan bisa makan hingga 5 kali sehari.

Sumber lainnya menyebut, seorang  yang menerapkan teknik perkebunan di kota ini cenderung mencoba sayuran yang ditanam sendiri. Bagi orang tua, tentu hal ini dapat meningkatkan kesehatan dan kecukupan nutrisi anak sejak dini.

3. Peningkatan Aktivitas Fisik

Budidaya makanan sehat seperti perkebunan rumahan ini, mampu membuat seseorang melakukan aktivitas fisik ringan yang bisa dilakukan tanpa melihat usia. Selama praktek budidaya ini, aktivitas fisik yang dilakukan meliputi penyiangan, pengolahan tanah, hingga penggunaan perkakas.

4. Mental yang Lebih Sehat

Urban farming kerap dikaitkan dengan pengurangan perasaan stres. Bahkan, rutinitas baik ini dapat membuat seseorang memiliki kesehatan mental yang lebih baik, serta bermanfaat bagi pengidap penyakit mental agar lebih baik. Makanya, cobalah untuk membuat hal ini menjadi rutinitas harian.

5. Meningkatkan Suasana Hati

Urban farming juga dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan produktivitas, serta kesejahteraan diri yang lebih baik. Maka dari itu, suasana hati lebih baik dari hari ke hari dengan melakukan kebiasaan ini. Bahkan, cara ini dapat menjadi pelarian yang sehat dari aktivitas yang padat.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan untuk kesehatan saat melakukan urban farming. Jika kamu mencari hal yang positif sekaligus mendapatkan manfaat dari aktivitas tersebut, kegiatan berkebun ini sangat cocok untuk dipilih. Kamu bisa mendapatkan manfaat berupa kesehatan dan akses makanan sehat yang mudah.

Jika memiliki pertanyaan terkait manfaat dari urban farming untuk kesehatan, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban, lho. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Makanya, gunakan aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Region of Peel. Diakses pada 2022. Health Benefits and Potential Risks of Urban Agriculture.
Pure Greens. Diakses pada 2022. 10 Impressive Benefits of Urban Farming.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan