Mengenal Manfaat dan Risiko dari Olahraga Rugby

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   16 Januari 2023

“Sebagai olahraga kontak fisik, rugby memiliki manfaat dan risiko tersendiri. Di balik manfaatnya yang melatih kekuatan tubuh bagian atas dan bawah, rugby juga dapat membuat seseorang mengalami gegar otak.”

Mengenal Manfaat dan Risiko dari Olahraga RugbyMengenal Manfaat dan Risiko dari Olahraga Rugby

Halodoc, Jakarta –    Rugby adalah olahraga yang berasal dari Inggris, dan dikenal sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kehidupan. Misalnya seperti respect kepada sesama pemain, disiplin, sportivitas, dan tidak lupa kesenangan dalam berolahraga.

Sama seperti jenis olahraga lainnya, rugby juga memiliki manfaat dan risiko tersendiri, sehingga perlu berhati-hati saat melakukannya, terutama buat pemula. Yuk, simak di sini apa saja manfaat dan risiko dari olahraga rugby!

Manfaat Olahraga Rugby

Olahraga rugby melibatkan beberapa hal seperti lari cepat, tekel atau merebut bola, mendorong, dan menendang. Semua aktivitas fisik ini memberikan manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaatnya?

1. Kebugaran dan daya tahan kardiovaskular

Ketika kamu perlu untuk bergerak cepat, menendang, dan mendorong, ke semua aktivitas ini membutuhkan ketahanan tubuh yang baik dan maksimal. Tubuh akan dilatih lebih tahan banting, yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan kebugaran dan daya tahan kardiovaskular.

2. Kekuatan tubuh bagian atas dan bawah

Gerak dan teknik pada rugby dapat melatih motorik kekuatan tubuh bagian atas dan bawah. Hasilnya, kalau tubuh bagian atas dan bawah kuat, gerakmu bisa lebih seimbang, lincah, sehingga ketika kamu melakukan aktivitas sehari-hari jauh lebih stabil. 

3. Melatih kelincahan dan kecepatan

Kelincahan dan kecepatan tidak hanya dibutuhkan saat melakukan olahraga, tetapi juga dalam aktivitas harian. Banyak cedera terjadi ketika respons tubuh tidak gesit dan tangkas. Olahraga rugby dapat melatih ketangkasan serta meningkatkan keseimbangan, kontrol, dan fleksibilitas. Ini memungkinkan tubuh mempertahankan postur dan keselarasan yang tepat selama gerakan.

4. Meningkatkan koneksi tubuh dan pikiran

Latihan ketangkasan yang didapatkan lewat olahraga rugby dapat membantu tubuh mempelajari penempatan tubuh yang benar. Ini berarti kamu terlatih untuk mengkoneksikan antara tubuh dan pikiran. 

Pelatihan ketangkasan membantu membangun jalur di otak untuk respons cepat terhadap berbagai rangsangan. Pada awalnya, gerakan responsif akan tampak dipaksakan, tetapi saat kamu sudah terbiasa berlatih, gerakan tersebut akan menjadi lebih alami.

Risiko Olahraga Rugby

Walaupun memiliki manfaat seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tetapi ada juga risiko dari olahraga rugby ini. Apalagi, rugby ini termasuk olahraga kontak fisik sehingga dapat berisiko pada kesehatan orang yang melakoninya. Apa sajakah itu?

1. Cedera traumatis

Cedera traumatis yang bisa terjadi pada olahraga rugby adalah patah tulang, jari dan siku terkilir, luka, ligamen dan tendon yang terkilir, otot tegang dan memar otot yang dalam. Selain itu, bentuk cedera traumatis lainnya adalah terjadi peningkatan patah tulang wajah, terutama hidung karena helm terlepas ataupun tubrukan keras. 

2. Gegar otak

Seperti halnya olahraga kontak fisik lain yang melibatkan kecepatan dan tubrukan, kemungkinan gegar otak dapat terjadi pada rugby. Biasanya ditandai dengan kebingungan, mendadak lupa, pusing, penglihatan kabur dan sakit kepala.

3. Cedera lainnya 

Rugby melibatkan banyak lari, sebagai akibatnya ada kemungkinan risiko  tendinitis di lutut atau pergelangan kaki. Selain itu, ada pula risiko sindrom stres tibialis medial (shin splints) dan radang kandung lendir, yang kesemuanya adalah cedera yang kerap terjadi sebagai akibat penggunaan berlebihan. 

Itulah manfaat dan risiko dari olahraga rugby yang perlu diketahui. Jika kamu punya cedera karena olahraga yang tak kunjung sembuh, segera buat janji pemeriksaan ke rumah sakit dan tanya dokter spesialis lewat aplikasi Halodoc ya! Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Better Health Channel. Diakses pada 2023. Rugby codes – health benefits.
Merrithew.com. Diakses pada 2023. 5 Benefits of Agility Training.
University of Rochester Medical Center. Diakses pada 2023. Sports Medicine.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan