Mengenal Makanan Natto yang Punya Banyak Manfaat Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   19 Desember 2022

"Natto adalah makanan fermentasi yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. Beberapa di antaranya menyehatkan pencernaan dan meningkatkan imunitas. Efek ini berasal dari serat dan kandungan probiotiknya."

Mengenal Makanan Natto yang Punya Banyak Manfaat KesehatanMengenal Makanan Natto yang Punya Banyak Manfaat Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Natto adalah makanan tradisional Jepang yang terbuat dari fermentasi kedelai. Sebagian orang menganggap ini makanan ‘aneh’ karena teksturnya berlendir, lengket dan berserabut. Proses fermentasi juga membuat natto punya aroma yang sangat menyengat. 

Selain mengubah tekstur dan aroma, proses fermentasi dalam pembuatan natto ternyata punya manfaat kesehatan. Dari proses tersebut, natto menjadi makanan yang mengandung prebiotik. Nah, senyawa tersebut bisa menambah bakteri baik di dalam usus sehingga kamu bisa terhindar dari berbagai masalah pencernaan. 

Kenali Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Natto

Tak hanya memperlancar pencernaan, berikut manfaat natto lainnya:

1. Menyehatkan Tulang

Melansir dari Healthline, setiap 100 gram natto mampu memenuhi 22 persen asupan kalsium harian. Makanan ini juga menjadi sumber vitamin K2 terbaik. Vitamin tersebut mengaktifkan protein pembentuk tulang yang membantu membawa kalsium ke dalam tulang.

Studi menunjukkan suplemen vitamin K2 dapat memperlambat hilangnya kepadatan  tulang seiring bertambahnya usia. Selain itu, vitamin K2 juga bisa mengurangi risiko jenis patah tulang tertentu sebesar sampai 60 persen. 

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat dan probiotik pada makanan ini membantu menurunkan kadar kolesterol. Proses fermentasi natto menghasilkan nattokinase, sejenis enzim yang membantu melarutkan gumpalan darah. 

Peneliti Jepang melaporkan bahwa makanan ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan menonaktifkan enzim pengubah angiotensin (ACE), yang membantu mengontrol tekanan darah.

Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa suplemen nattokinase mengurangi tekanan darah pada pengidap hipertensi. Selain memperkuat tulang, vitamin K2 dalam natto membantu mencegah penumpukan kalsium di arteri.

Dalam sebuah penelitian, rutin mengonsumsi makanan yang kaya vitamin K2 berkaitan dengan penurunan kematian akibat penyakit jantung sampai 57 persen. Sebagai referensi, natto diperkirakan mengandung sekitar 10 miligram vitamin K2 per 100 gram.

3. Memperkuat Imunitas

Natto mengandung beberapa nutrisi yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Probiotik berfungsi mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya dan dapat meningkatkan produksi antibodi alami. Zat ini juga mengurangi risiko infeksi dan dapat membantu seseorang pulih lebih cepat saat sakit.

Selain kandungan probiotiknya yang tinggi, natto kaya akan vitamin C, zat besi, seng, selenium, dan tembaga, yang semuanya berperan penting dalam fungsi kekebalan tubuh.

4. Menurunkan Risiko Kanker

Natto mengandung isoflavon kedelai dan vitamin K2. Keduanya dikaitkan dengan penurunan risiko kanker hati, prostat, pencernaan, dan payudara.

5. Membantu penurunan berat badan

Probiotik dan serat pada makanan ini bisa membuat kenyang lebih lama. Alhasil, natto bisa mencegah penambahan berat badan dan mengoptimalkan penurunan berat badan.

6. Meningkatkan kesehatan otak

Makanan kaya probiotik seperti natto dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan daya ingat, dan mengurangi gejala kecemasan, depresi, autisme, dan gangguan obsesif-kompulsif (OCD).

Selain kesehatan fisik, kesehatan mental juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Bila mengalami masalah yang berhubungan dengan mental, jangan ragu untuk menemui psikolog. Segera tanya dokter di aplikasi Halodoc. Jangan tunda sebelum kondisinya semakin memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Chat dengan dokter ahli gizi terkait manfaat Natto di Halodoc
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Why Natto Is Super Healthy and Nutritious.
WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Nattokinase.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan