Mengenal Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Kucing

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   19 Oktober 2021
Mengenal Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan KucingMengenal Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Kucing

“Pertumbuhan kucing akan melambat setelah berusia 12 bulan. Namun, pertumbuhan kucing bisa berbeda pada tiap kucing. Hal ini tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis kelamin, urutan kelahiran, kesehatan induk, hingga genetik. Itulah pentingnya untuk memenuhi kesejahteraan kucing, mulai dari asupan makanan hingga kegiatan yang menyenangkan bagi kucing.”

Halodoc, Jakarta – Pertumbuhan kucing terbilang cepat. Itulah alasannya penting untuk memiliki pemahaman tentang pertumbuhan kucing dan apa saja kebutuhan nutrisi kucing sejak dini. Berbeda dengan anjing yang memiliki ukuran yang bervariasi, kucing tidak memiliki variasi ukuran antar ras. Ukuran kucing bergantung pada genetik dan faktor lainnya. 

Seekor kucing dewasa rata-rata memiliki berat 4,5 kilogram, sedangkan beberapa anak kucing biasanya memiliki berat 2-3 kilogram. Ada juga yang kucing yang memiliki timbangan 11 kilogram dengan kondisi kesehatan yang sama. Lantas, apa saja sebenarnya faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kucing?

Baca juga: 3 Kegiatan Bermain dengan Hewan Peliharaan yang Wajib Dicoba

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Kucing

Ras, jenis kelamin, dan faktor lainnya menentukan pertumbuhan kucing. Beberapa ras bisa tumbuh sangat besar, sementara ras lainnya tetap kecil dan mungil. Berikut beberapa faktor yang menentukan pertumbuhan kucing:

1. Jenis Kelamin

Kucing jantan tumbuh lebih lambat dan lebih besar dibandingkan betina. Seekor kucing jantan dapat tumbuh hingga 1 kilogram lebih besar dari betina. 

2. Steril

Mensterilkan atau memandulkan kucing tidak mempengaruhi seberapa besar kucing, tapi dapat mengubah tingkat metabolismenya. Hal tersebut dapat menambah berat badan jika kucing lebih suka tidur daripada bermain. 

3. Urutan Kelahiran

Semakin jauh ke bawah garis kelahiran anak kucing, semakin kecil juga pertumbuhannya hingga dewasa. Terutama jika induk kucing juga kecil dan induk yang melahirkan banyak anak kucing. 

4. Jumlah Saudara Kandung Kucing

 Terlalu banyak anak kucing dapat meregangkan jumlah susu yang tersedia dari induk kucing. Anak kucing dengan gizi buruk tumbuh lebih lambat dan berukuran lebih kecil.

Baca juga: Kucing Terus Mengeong Pertanda Apa?

5. Kesehatan Induk

Sama seperti spesies lain, kesehatan orangtua juga penting. Jika anak kucing berasal dari induk yang sangat disayangi dan dimanja, kemungkinan memiliki ukuran pertumbuhan yang ideal berdasarkan genetika. Jika induk tidak sejahtera, maka anaknya pun bisa lebih kecil.

6. Pola Makan

 Pola makan kucing yang tepat akan menghasilkan pertumbuhan yang tepat pula. Anak kucing harus mendapatkan pola makan yang seimbang dan bergizi selama tahun pertama kehidupannya. Beberapa mungkin membutuhkan makanan khusus anak kucing lebih lama. Namun, kebanyakan kucing dengan berat rata-rata 4,5 kilogram dapat beralih ke makanan dewasa, antara usia 10-12 bulan. 

7. Genetika

Ada beberapa faktor genetik yang dapat memberi sinyal jika kucing akan berukuran kecil saat dewasa, yaitu dwarfisme dan kelainan bentuk tulang. Dokter hewan biasanya akan menemukan kelainan pada kucing selama pemeriksaan rutin. 

Itulah pentingnya pemeriksaan kesehatan kucing secara rutin, terutama pada anak kucing. Dengan begitu kamu akan mengetahui laju pertumbuhan kucing serta kesehatannya. Kamu juga bisa berdiskusi dengan dokter hewan di aplikasi Halodoc mengenai kesehatan kucing. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Baca juga: Inilah 7 Jenis Makanan yang Berbahaya untuk Kucing

Kapan Pertumbuhan Kucing Berhenti?

Melansir dari Pet MD Anak kucing biasanya berhenti tumbuh pada usia sekitar 12 bulan. Anak kucing berusia 12 bulan setara dengan orang berusia 15 tahun. Mereka dianggap dewasa pada usia 18 bulan, yang setara dengan orang berusia 21 tahun. 

Meskipun banyak kucing berhenti tumbuh pada usia 12 bulan, tidak semua kucing berhenti tumbuh pada usia ini. Namun, jika kucing masih tumbuh, kecepatannya akan jauh lebih lambat, umumnya dari 12-18 bulan. Di samping itu, mungkin ada beberapa kucing yang membutuhkan waktu hingga 2 tahun untuk tumbuh sepenuhnya. 

Setelah mengetahui faktor-faktor mempengaruhi pertumbuhan kucing, kamu dapat melihat bahwa pertumbuhan setiap kucing bisa berbeda-beda, kondisi tersebut bergantung pada banyak hal. 

Nah, pastikanlah kucing mencapai kesejahteraan penuh dengan memberikan makanan bergizi dan seimbang, lengkap dengan vitamin dan mineral penting. Jangan lupa juga untuk memberikan banyak olahraga dan kasih sayang pada kucing peliharaanmu. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Pumpkin Care. Diakses pada 2021. When do cats stop growing?
PetMD. Diakses pada 2021. At What Age Are Cats Fully Grown?
Daily Paws. Diakses pada 2021. When Do Kittens Stop Growing? How To Tell If Your Feline’s Fully Grown

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan