Mengenal Brainstorming dan Cara Efektif Melakukannya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   12 September 2022

“Brainstorming adalah metode atau teknik pengumpulan ide untuk memecahkan masalah tertentu baik dilakukan secara kelompok maupun individu. Ada beberapa cara efektif yang dapat dilakukan saat melakukan metode ini.”

Mengenal Brainstorming dan Cara Efektif MelakukannyaMengenal Brainstorming dan Cara Efektif Melakukannya

Halodoc, Jakarta – Dalam suatu pekerjaan, manusia pasti memerlukan ide atau gagasan yang baru dan fresh. Setiap orang juga memiliki caranya sendiri untuk memikirkan sebuah ide berdasarkan kapasitas otak mereka. Salah satu cara yang banyak digunakan orang untuk menentukan ide baru atau memecahkan suatu masalah adalah dengan brainstorming. Lantas, apa itu brainstorming?

Secara sederhana, brainstorming adalah metode atau teknik pengumpulan ide untuk memecahkan masalah tertentu. Cara ini dapat diterapkan baik secara individu maupun kelompok. Metode ini berfungsi dalam kelompok dengan para anggota saling mengumpulkan pemikiran spontan mereka untuk mencoba dan memecahkan suatu masalah. 

Untuk mencapai satu kesepakatan, satu kelompok perlu diskusi untuk mengevaluasi setiap ide dan solusi yang telah dilontarkan kemudian memilih ide-ide apa yang cocok untuk digunakan pada akhir sesi.

Cara Efektif Melakukan Brainstorming

Metode ini tidak semudah yang dikira. Oleh karena itu, ada beberapa cara efektif yang dapat dilakukan saat melakukan brainstorming, yaitu:

  1. Tentukan Tujuan

Sebelum melakukan brainstorming, ada baiknya mengatur fokus dari sesi. Pemilihan tujuan akan memastikan semua orang berada pada cakupan yang sama. Menentukan tujuan di awal memungkinkan kamu dapat melacak dan mengukur hasil setelahnya.

Agar tetap pada fokus dan tujuan, kamu bisa gunakan moderator. Carilah seseorang yang memiliki pengalaman dalam memfasilitasi sesi brainstorming, yakni seseorang yang dapat membuat diskusi yang produktif.

  1. Perkenalkan Masalah

Tentukan dengan jelas masalah yang ingin dipecahkan, dan tentukan kekurangan apa saja yang harus dipenuhi. Jelaskan bahwa tujuan sesi ini adalah untuk menghasilkan ide sebanyak mungkin. ]

Di awal sesi, beri orang banyak waktu berpikir setelah mengetahui masalah untuk menghasilkan sebanyak mungkin ide dan solusi. Kemudian, mintalah mereka untuk berbagi ide-ide, serta memberi setiap orang kesempatan yang adil untuk berpendapat.

  1. Hargai Pendapat Orang Lain

Banyak yang percaya bahwa brainstorming dalam kelompok kurang produktif daripada individu. Itu karena dalam suatu grup lebih berpotensi menjadi kacau karena melibatkan banyak pemikiran yang berbeda-beda.

Cara untuk menangani masalah ini adalah dengan menghargai setiap pendapat orang lain adalah dengan memberi setiap orang kesempatan yang sama untuk berkolaborasi. Hal ini akan dapat mengubah tingkat keberhasilan sesi dan mendorong kekompakan dalam kelompok.

  1. Gunakan Batasan

Mungkin tampak berlawanan dengan pendapat yang mengatakan bahwa kreativitas dihasilkan dari lingkungan yang bebas. Namun, pembatasan sebenarnya dapat meningkatkan kreativitas dan menjadi dorongan terciptanya inspirasi. 

Seperti contoh, menetapkan tenggat waktu bagi tim untuk memikirkan ide. Batasan yang tepat dapat memicu ide. Kamu juga bisa menetapkan batas waktu untuk sesi diskusi karena tekanan akan memotivasi tim untuk menggunakan pemikiran yang lebih imajinatif.

  1. Petakan Ide 

Membuat ringkasan hasil sesi memudahkan untuk menemukan ide yang tepat. Kamu dapat membuat ringkasan secara visual sehingga dapat memudahkan anggota membayangkan langkah selanjutnya.

Ringkasan yang visual lebih mudah ditangkap manusia karena retina manusia mentransmisikan data sekitar 10 juta bit per detik. Artinya orang akan menerima informasi melalui penglihatan dengan cepat. 

Strategi visualisasi ide ini dapat menghubungkan berbagai ide dalam gambaran besar. Hal ini akan mempercepat kelompok untuk mencapai hasil yang disepakati.

Itulah pembahasan mengenai apa itu brainstorming dan cara efektif dalam melakukannya. Apabila kamu mengalami masalah kesehatan, segera periksakan ke dokter. 

Kamu bisa mengunjungi rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc supaya lebih mudah dan praktis. Jangan tunda untuk memeriksakan diri sebelum kondisinya semakin memburuk dan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mind Tools. Diakses pada 2022. Brainstorming.
Mind Meister. Diakses pada 2022. How to Brainstorm Effectively.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan