Mengenal 7 Manfaat Buah Matoa bagi Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   27 Desember 2022

“Buah matoa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan saat dimasukkan ke dalam menu diet. Nah, beberapa manfaat yang bisa dirasakan, yaitu meningkatkan imunitas tubuh dan memenuhi kebutuhan vitamin-mineral.”

Mengenal 7 Manfaat Buah Matoa bagi Kesehatan TubuhMengenal 7 Manfaat Buah Matoa bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Buah matoa adalah salah satu makanan alami asal Papua yang mungkin sulit ditemui di toko buah biasa. Buah ini memiliki aroma yang khas dengan rasa yang mungkin berbeda dari lainnya. Dengan mengonsumsi buah matoa secara rutin, ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan pada tubuh.

Berbagai Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Salah satu manfaat buah matoa yang bisa dirasakan pada kesehatan saat dikonsumsi secara rutin, yaitu mampu meningkatkan imunitas tubuh. Buah ini mengandung vitamin C tinggi yang sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, buah matoa juga kaya akan kandungan antioksidan yang sangat baik dalam membantu dalam melawan virus. Dengan mengonsumsi buah ini secara rutin, kamu bisa melindungi diri dari penyakit musiman yang rentan terjadi, seperti influenza dan batuk.

2. Dapat Memenuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Bukan hanya kaya akan vitamin C, buah matoa juga dapat mencukupi kebutuhan vitamin E pada tubuh. Buah ini dapat membantu dalam menjaga kesehatan kulit dan kesuburan pria. Selain itu, kandungan lainnya yang tinggi pada buah ini, yaitu kalsium dan potasium, sangat baik dalam pertumbuhan tulang serta gigi.

3. Mencegah Penyakit Kronis

Buah matoa juga dapat membantu tubuh dalam mencegah penyakit kronis. Fungsi ini didapatkan oleh tubuh karena kandungan tanin yang mengandung antioksidan. Sehingga, efektif untuk melawan radikal bebas yang membahayakan tubuh. Beberapa penyakit kronis yang bisa dicegah, yaitu penyakit jantung, stroke, serta diabetes.

4. Melindungi Jantung

Jantung adalah salah satu organ yang vital untuk kelangsungan kehidupan. Nah, buah matoa kaya akan kandungan vitamin E yang tinggi, sehingga dapat menjaga sel jantung dan menyehatkan pembuluh jantung. Selain itu, kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya juga dapat meningkatkan pengaturan aliran darah pada jantung.

5. Mengatasi Stres

Buah matoa disarankan untuk dikonsumsi secara rutin, terlebih pada seseorang yang memiliki aktivitas padat. Sebab, kandungan vitamin E pada buah ini dapat membantu dalam menghilangkan stres. Dengan begitu, pekerjaan yang dilakukan bisa berlangsung tanpa hambatan.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Buah asli dari Papua ini juga dapat memberikan manfaat kesehatan lain, yaitu membantu tubuh dalam mengontrol tekanan darah agar tetap normal. Manfaat ini ternyata bukan hanya dari dagingnya saja, tetapi bisa dari ekstrak biji dan daunnya. Untuk seseorang mengidap hipertensi, buah matoa sangat baik untuk dikonsumsi secara rutin.

7. Meningkatkan Kesuburan

Untuk para pria, ada kabar baik dalam mengonsumsi buah matoa. Ternyata, buah ini mampu meningkatkan kesuburan dan peluang dalam mendapatkan kehamilan. Bahkan jika dikonsumsi oleh kedua pasangan tersebut, tingkat keberhasilannya jadi lebih tinggi lagi.

Itulah berbagai manfaat dari buah matoa yang bisa didapatkan terhadap kesehatan saat dikonsumsi secara rutin. Maka dari itu, jika kamu memiliki akses mudah ke buah ini, cobalah untuk memasukkannya pada menu diet harian.

Kalau kamu masih memiliki pertanyaan lainnya terkait manfaat buah matoa, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban langsung dari ahlinya. Dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Nusagro. Diakses pada 2022. Benefits of Matoa Fruit.
Indonesiar. Diakses pada 2022. Benefits of Consuming Papuan Fruits Named Matoa Fruit.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan