Manfaat Buah Nanas Madu dan Kandungan Nutrisinya

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   18 Maret 2022

“Selain rasanya yang manis dan segar, buah nanas madu mengandung banyak vitamin, mineral, dan air di dalamnya. Kekayaan nutrisi ini membuat buah nanas memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, mulai dari menurunkan risiko kanker, meningkatkan imun tubuh, membantu turunkan berat badan, hingga meringankan gejala arthritis.”

Manfaat Buah Nanas Madu dan Kandungan NutrisinyaManfaat Buah Nanas Madu dan Kandungan Nutrisinya

Halodoc, Jakarta – Nanas madu adalah salah satu jenis buah yang banyak tumbuh di daerah tropis, seperti Indonesia. Bukan hanya karena rasanya yang lezat, nanas madu mengandung beragam nutrisi dan gizi yang sangat baik untuk kesehatan. 

Kamu juga bisa mengonsumsi buah nanas dengan beragam cara. Mulai dari mengonsumsinya dalam potongan buah, dimasukkan ke dalam menu salad, masakan, hingga mengolahnya menjadi jus buah. Tidak ada salahnya simak lebih banyak penjelasan mengenai kandungan dan manfaat buah nanas madu bagi kesehatan.

Manfaat Buah Nanas Madu bagi Kesehatan

Bukan hanya karena mudah ditemukan, rasanya yang lezat dan menyegarkan membuat nanas madu menjadi buah kegemaran masyarakat. 

Buah nanas menjadi salah satu jenis buah yang mengandung kalori rendah dan nutrisi tinggi. Jangan lupa, nanas madu juga merupakan salah satu jenis buah dengan kandungan air yang cukup tinggi. Dalam 100 gram nanas madu terdapat 85,66 gram air di dalamnya.

Nanas madu juga mengandung vitamin dan nutrisi lainnya yang penting bagi kesehatan tubuh. Mulai dari vitamin C, B6, A, K, serat, folat, tembaga, tiamin, kalium, kalsium, magnesium, dan enzim bromelain bisa kamu temukan dalam buah nanas madu.

Dengan kandungan nutrisi yang melimpah tentunya nanas madu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat nanas madu bagi kesehatan:

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit berbahaya yang terjadi ketika muncul sel abnormal yang tidak terkendali pada tubuh. Perkembangan penyakit ini juga berkaitan dengan adanya peradangan kronis dalam tubuh. 

Nanas madu juga memiliki kandungan bromelain didalamnya yang bisa mengatasi peradangan dalam tubuh. Bahkan, bromelain bisa mengatasi sel kanker yang mulai berkembang dalam tubuh. 

  1. Meningkatkan Imun Tubuh

Berbagai kandungan vitamin, mineral, hingga enzim dalam nanas madu membantu kamu meningkatkan imun tubuh. Penelitian yang ditulis dalam Journal of Nutrition and Metabolism menyebutkan bahwa orang-orang yang gemar mengonsumsi nanas madu akan berisiko lebih kecil mengalami infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri.

  1. Meringankan Gejala Arthritis

Buah nanas madu memiliki kandungan enzim bromelain yang bisa membantu mengatasi peradangan atau inflamasi pada penyakit arthritis. Pengidap arthritis umumnya akan merasakan peradangan pada persendian yang menyebabkan sendi terasa kaku dan nyeri.

  1. Membantu Turunkan Berat Badan

Selain olahraga, kamu juga perlu memperhatikan pola makan untuk membantu turunkan berat badan, salah satunya mengonsumsi buah. Kamu bisa mengonsumsi nanas madu untuk membantu menurunkan berat badan karena kandungan enzimnya yang dapat membantu membakar kalori.

Kandungan air dan serat pada nanas juga bisa membantu untuk menjaga kesehatan pencernaan sehingga kamu tidak akan mengalami sembelit. Hal ini juga bisa membantu kamu dalam proses menurunkan berat badan. 

Itulah beberapa manfaat buah nanas madu untuk kesehatan. Nanas madu memiliki rasa manis alami, sehingga banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengolahnya. Mulai dari menjadikannya jus buah, mengonsumsi dalam bentuk potongan buah, hingga tambahan penyegar dalam beberapa makanan. 

Buah nanas madu yang segar dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada mulut saat kamu mengonsumsinya. Hal tersebut sangat wajar mengingat adanya kandungan bromelain yang dapat menyebabkan gangguan pada protein di area mulut.

Hal ini bersifat sementara dan bukan berarti kamu mengalami alergi terhadap nanas. Namun, waspada jika rasa tidak nyaman disertai dengan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, ruam, hingga kesulitan bernapas. Kondisi ini menandakan alergi dan perlu penanganan medis secara langsung.

Kunjungi rumah sakit terdekat untuk memastikan kondisi kesehatan tetap dalam kondisi baik. Buat janji rumah sakit melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. The Many Health Benefits of Pineapple.
Healthline. Diakses pada 2022. Pineapple: 8 Impressive Health Benefits.
Journal of Nutrition and Metabolism. Diakses pada 2022. Effects of Canned Pineapple Consumption on Nutritional Status, Immunomodulation, and Physical Health of Selected School Children.
Nourish by WebMd. Diakses pada 2022. Health Benefits of Pineapple.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan