Lakukan 5 Tips Ini untuk Atasi Trauma Masa Lalu

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   15 Agustus 2023

“Ada beberapa tips yang dapat diterapkan untuk mengatasi trauma masa lalu. Salah satunya adalah dengan menceritakannya kepada orang terdekat saat sudah merasa siap.”

Lakukan 5 Tips Ini untuk Atasi Trauma Masa LaluLakukan 5 Tips Ini untuk Atasi Trauma Masa Lalu

Halodoc, Jakarta – Trauma masa lalu adalah pengalaman emosional, yaitu ketidakmampuan seseorang, untuk melepaskan diri dari memori negatif di masa lalu.

Umumnya, trauma masa lalu terjadi karena sejumlah kejadian yang tidak menyenangkan. Contohnya, yaitu masa kecil yang tidak bahagia, kecelakaan, kematian anggota keluarga, hingga mengalami perundungan dari orang lain.

Trauma dapat memiliki efek jangka panjang pada kesehatan mental, fisik, dan emosional. Apalagi jika hal-hal tertentu membuat seseorang merasa terpicu akan trauma masa lalunya. 

Akibatnya, seseorang yang memiliki trauma masa lalu dapat mengalami syok, sedih, panik, sebagai respons dari pikirannya. Kondisi ini memang tidak dapat disepelekan, dan perlu segera mendapatkan penanganan.

Lantas, kira-kira apa saja tips untuk mengatasi trauma masa lalu? 

Tips Mengatasi Trauma Masa Lalu 

Berikut ini tips yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi trauma masa lalu: 

1. Menceritakannya kepada orang terdekat

Tips pertama, yaitu menceritakan trauma masa lalu kepada orang terdekat ketika sudah siap.

Untuk melakukannya, hal pertama adalah mengidentifikasi teman atau anggota keluarga yang dapat kamu percaya, untuk mencari dukungan. 

Ketika sudah merasa siap untuk menceritakannya, kamu bisa memberitahu pengalaman dan perasaanmu terkait trauma.

Selain menceritakan, kamu juga dapat mencari dukungan kepada orang terdekat untuk membantu menyelesaikan kewajiban atau tugas rumah tangga. Hal ini bertujuan untuk mengurangi stres yang timbul. 

Trauma juga bisa datang akibat kekerasan dalam rumah tangga dalam usia terlalu dini.

Untuk informasi tentang hal ini, kamu bisa baca artikel ini: 6 Akibat Pernikahan Dini untuk Kesehatan Mental dan Fisik Remaja.

2. Hadapi perasaanmu

Menghindari pemicu atau ingatan tentang peristiwa traumatis di masa lalu dengan tidur sepanjang waktu, mengisolasi diri, memang hal yang wajar.

Kendati demikian, hal ini tidak dapat dilakukan secara terus-menerus. Sebab, semakin lama seseorang menghindar, hal ini dapat memperpanjang stres dan membuat seseorang tak kunjung pulih. 

Karena itu, secara bertahap, hadapilah perasaan yang dimiliki. Selain itu, cobalah untuk kembali ke rutinitas normal secara bertahap, dan meminta dukungan orang terdekat, atau psikolog. 

3. Bersabar

Tips selanjutnya yang perlu kamu terapkan adalah bersabar. Ingatlah bahwa memiliki reaksi atau respon keras terhadap peristiwa traumatis sangatlah normal.

Namun, kamu juga perlu menghadapinya agar hal tersebut tidak membuatmu terpuruk. Lakukan secara perlahan, meskipun memang tidak mudah.

Artinya, kamu perlu bersabar dan berdamai dengan diri sendiri, karena seiring waktu keadaanmu akan membaik.

4. Menerapkan perawatan diri

Cara ini membantu mengurangi tingkat stres, sehingga perlu dapat membantu pemulihan dari trauma masa lalu.

Nah, perawatan diri dapat diterapkan melalui hal-hal yang terasa baik dan mencintai diri sendiri.

Contohnya, yaitu melakukan ‘me time’, mandi lebih lama, hingga melakukan berbagai kegiatan positif yang kamu sukai, seperti membaca buku atau menonton film. 

5. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga juga dapat membantu kamu dalam mengatasi trauma masa lalu. Para ahli juga mengatakan bahwa olahraga merupakan salah satu cara efektif untuk mengatasi efek samping dari peristiwa traumatis dan mengurangi stres.

Jika kamu ingin mencobanya, ada beberapa jenis olahraga yang direkomendasikan untuk dilakukan.

Mulai dari melakukan peregangan lembut, berjalan santai, hingga berlari atau joging. Kendati demikian, jika merasa lelah, pastikan untuk beristirahat dan tidak memaksakan diri. 

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi trauma masa lalu. Mulai dari menceritakannya kepada orang terdekat, menghadapi perasaanmu, hingga rutin berolahraga.

Jika beberapa tips tersebut tak kunjung membuat perubahan, kamu bisa menghubungi psikolog di aplikasi Halodoc, sekarang juga.

hubungi psikolog untuk membantu mengatasi trauma yang kamu miliki
Referensi: 
APA. Diakses pada 2022. How to cope with traumatic stress. 
WebMD. Diakses pada 2022. Self-Care and Recovery After Trauma. 
Verywell Health. Diakses pada 2022. 10 Ways to Heal From Trauma. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan