Kulit Kering Mengelupas? Ini 5 Pengobatan yang Bisa Dilakukan

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Februari 2024

“Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit kering mengelupas. Kamu bisa menggunakan lidah buaya, tabir surya, hingga banyak minum air putih.”

Kulit Kering Mengelupas? Ini 5 Pengobatan yang Bisa DilakukanKulit Kering Mengelupas? Ini 5 Pengobatan yang Bisa Dilakukan

DAFTAR ISI

  1. Bagaimana Mengatasi Kulit Kering Mengelupas?
  2. Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit di Halodoc
    1. dr. Dina Febriani Sp.D.V.E
    2. dr. Frieda Sp.D.V.E
    3. dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E

Halodoc, Jakarta – Selain memberikan perlindungan bagi organ dalam tubuh, kulit juga berperan sebagai indra peraba dan pengatur suhu tubuh. Supaya bisa tetap melakukan tugasnya, kulit akan melakukan regenerasi sel. Sayangnya, terkadang proses ini terjadi bahkan sebelum waktunya, dan membuat kulit kering mengelupas karena penumpukan sel kulit. 

Kulit bersisik mengelupas umumnya menunjukkan gejala seperti kulit terasa begitu kering dan berubah warna menjadi kemerahan. Ini kerap terjadi saat kulit sedang berada dalam fase penyembuhan. Namun, ada pula kondisi lain yang dapat menjadi penyebabnya. 

Misalnya, reaksi alergi, pemakaian obat atau produk tertentu, kondisi medis tertentu, terbakar matahari, bahkan terlalu sering mencuci tangan. 

Bagaimana Mengatasi Kulit Kering Mengelupas?

Sebenarnya, mengatasi kulit kering mengelupas tidak menjadi hal yang sulit kamu lakukan. Bahkan, kamu bisa menggunakan cara sederhana untuk mengembalikan kelembapan kulit dan mencegahnya kembali mengelupas. Berikut beberapa caranya:

1. Menggunakan pelembap

Cara pertama tentu saja dengan menggunakan produk pelembap untuk membantu mengembalikan kelembapan kulit wajah. Gunakan produk pelembap wajah yang sesuai dengan kondisi dan jenis kulit wajahmu, pastikan saja produk tersebut tidak memiliki kandungan parfum. Gunakan produk pelembap setelah kamu selesai mencuci muka.

2. Menggunakan tabir surya

Selain itu, gunakan tabir surya untuk mengatasi kulit kering mengelupas atau kamu ingin melakukan aktivitas luar ruangan. Produk ini sangat penting untuk membantu mencegah kulit mengalami kerusakan karena sinar matahari, dan mengurangi efek kerusakan kulit menjadi lebih parah. 

Pastikan kamu memilih produk tabir surya yang memiliki bahan dasar air dan spektrum yang luas. Selain itu, pilih juha produk dengan kandungan SPF minimal sebesar 30.

Baca lebih lanjut: 13 Manfaat Hydrating Toner bagi Pemilik Kulit Kering

3. Menggunakan lidah buaya untuk mengatasi kulit kering mengelupas

Jika kamu mencari bahan alami terbaik untuk mengatasi kulit kering mengelupas, pilih lidah buaya. Oleskan gel yang terdapat pada bagian dalam tanaman lidah buaya pada bagian kulit yang mengalami kering dan mengelupas, lalu biarkan hingga semalaman. Namun, hentikan pemakaian apabila kamu mengalami gejala yang menunjukkan reaksi alergi. 

4. Penuhi asupan cairan tubuh

Kurangnya kelembapan pada kulit juga bisa terjadi karena asupan cairan harian yang tidak terpenuhi. Ini berarti, mencukupi kebutuhan cairan tubuh bisa menjadi solusi tepat untuk mengurangi kulit kering mengelupas. Tak hanya itu, mendapatkan asupan cairan yang sesuai juga menjaga tubuh dari kondisi dehidrasi dan sembelit. 

5. Hindari memakai produk perawatan atau kecantikan tertentu

Ketika kulit wajah terasa kering bahkan mengelupas setelah kamu menggunakan suatu produk perawatan wajah atau kecantikan, sebaiknya segera hentikan penggunaannya. Sebab, memang ada beberapa produk yang bisa memicu munculnya kondisi tersebut. Misalnya, berbagai produk dengan kandungan alpha hydroxy acid (AHA), benzoyl peroxide, dan retinoid. 

Rekomendasi Dokter Spesialis Kulit di Halodoc

Jika kulit kamu kering mengelupas dan terasa semakin parah, sebaiknya hubungi dokter di Halodoc. Dokter dapat memberikan saran perawatan yang tepat dan meresepkan obat jika diperlukan. 

Nah, berikut beberapa dokter yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun yang bisa kamu hubungi.  

Dokter-dokter ini juga mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

1. dr. Dina Febriani Sp.D.V.E

Kamu bisa menghubungi dr. Dina Febriani Sp.D.V.E. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Jakarta pada 2009 dan Universitas Sebelas Maret Surakarta pada 2023. 

Dokter Dina Febriani Sp.D.V.E saat ini berpraktik di Pekanbaru, Riau dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Dengan pengalaman selama 14 tahun yang ia miliki, dr. Dina Febriani Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar perawatan kulit kering.

Chat dr. Dina Febriani Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

2. dr. Frieda Sp.D.V.E

Selanjutnya, kamu dapat hubungi adalah dr. Frieda Sp.D.V.E. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya pada 2015 dan Universitas Sebelas Maret pada 2022. 

Ia kini berpraktik di Bogor, Jawa Barat dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Memiliki pengalaman selama 8 tahun, dr. Frieda Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang cara mengatasi kulit kering mengelupas.

Chat dr. Frieda Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

3. dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E

Pilihan lainnya adalah dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E.

Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang pada 2010 dan Universitas Airlangga pada 2016. 

Dokter Ryski saat ini berpraktik di Gresik, Jawa Timur dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Berbekal pengalaman selama 13 tahun, dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar tips perawatan kulit kering mengelupas. 

Chat dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc. Klik gambar ini untuk mendapatkan saran medis terbaik dari ahlinya sekarang:

chat dengan dokter
Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2024. Home remedies for peeling skin on the face.
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2024. DERMATOLOGISTS’ TOP TIPS FOR RELIEVING DRY SKIN.
How Stuff Works. Diakses pada 2024. 5 Reasons the Skin on Your Face Might Be Peeling.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan