Ketahui Tips Mencerahkan Wajah dengan Air Kelapa

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   14 Maret 2022

“Bukan hanya untuk membantu tubuh tetap terhidrasi dengan baik, air kelapa juga bisa digunakan untuk mencerahkan wajah. Kamu bisa mengonsumsi air kelapa secara rutin, mencuci wajah dengan air kelapa, hingga membuat masker wajah dengan air kelapa.”

Ketahui Tips Mencerahkan Wajah dengan Air KelapaKetahui Tips Mencerahkan Wajah dengan Air Kelapa

Halodoc, Jakarta – Paparan sinar matahari secara langsung pada kulit wajah dapat memicu munculnya berbagai masalah pada kulit wajah, salah satunya kulit menjadi kusam. Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan kulit wajah yang cerah, mulai dari melakukan perawatan kecantikan di salon dan di rumah. Salah satunya adalah mencerahkan wajah dengan air kelapa.

Kamu bisa memanfaatkan berbagai bahan alami untuk perawatan di rumah, salah satunya menggunakan air kelapa. Berbagai kandungan dalam air kelapa memiliki banyak manfaat bagi kulit wajah, salah satunya mencerahkan. Lalu, bagaimana penggunaannya yang tepat? Simak ulasannya dalam artikel ini!

Tips Cerahkan Wajah dengan Air Kelapa

Air kelapa merupakan cairan bening yang terdapat di dalam kelapa. Air kelapa memiliki rasa manis serta rendah gula dan kalori. Kandungan ini mengandung vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kulit wajah, seperti vitamin B2, B3, hingga vitamin C. 

Selain itu, air kelapa adalah minuman yang tepat untuk dikonsumsi setelah kamu berolahraga. Air kelapa memiliki kandungan elektrolit, seperti kalium, natrium, dan magnesium, sehingga bisa menggantikan nutrisi yang hilang saat berolahraga.

Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, air kelapa juga bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah. Salah satunya bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit wajah. 

Air kelapa mengandung phytohormon yang dikenal dengan kinetin. Kandungan ini berfungsi sebagai antiaging dan antioksidan bagi kulit wajah. Nah, tidak ada salahnya simak tips cerahkan wajah menggunakan air kelapa berikut:

1. Minum Air Kelapa secara Rutin

Mengonsumsi air kelapa bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengganti air putih. Selain kandungan vitamin dan nutrisinya yang berlimpah, air kelapa juga memiliki rasa yang segar. 

Dengan mengonsumsi air kelapa, kamu bisa memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari. Hal ini membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Kondisi dehidrasi memicu kulit menjadi kering sehingga memicu risiko kulit wajah menjadi kusam.

Selain itu, mengonsumsi air kelapa secara rutin juga mampu menghilangkan kerutan halus pada wajah serta meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

2. Gunakan Air Kelapa Sebagai Masker Wajah

Kamu bisa menggunakan air kelapa sebagai masker wajah di rumah. Kamu bisa menyiapkan kertas masker yang bersih untuk dicelupkan pada air kelapa. Setelah basah merata, kamu bisa letakkan kertas masker pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya.

Kamu juga bisa membuat masker air kelapa dengan campuran beberapa bahan lainnya. Caranya dengan mencampurkan susu, sari timun, dan air kelapa, aduk hingga merata hingga menjadi krim, lalu aplikasikan ke wajah sebagai masker. 

Diamkan beberapa menit kemudian bersihkan dengan air bersih. Penggunaan masker air kelapa dapat membantu menghilangkan noda hitam pada wajah.

3. Cuci Wajah dengan Air Kelapa

Hal sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan mencuci wajah menggunakan air kelapa. Jika dilakukan secara rutin, setidaknya dua kali sehari, mencuci wajah dengan air kelapa muda bisa membuat kulit wajah kamu bebas kusam dan tampak lebih cerah.

Cuci wajah dengan air kelapa dan diamkan beberapa saat. Setelah itu, bilas kembali wajah dengan air bersih.

Jangan lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup, penuhi kebutuhan istirahat, mengonsumsi makanan sehat, serta menggunakan tabir surya saat melakukan berbagai kegiatan di luar rumah untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Bertanya pada dokter pun disarankan untuk menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit. 

Selain itu, melakukan pemeriksaan atau perawatan di rumah sakit terdekat juga bisa dilakukan jika kamu mengalami beberapa keluhan kesehatan pada kulit wajah. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc dan membuat janji pemeriksaan di rumah sakit yang kamu inginkan. Caranya download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Benefits of Coconut Water for Skin: How to Get That Dewy Glow.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. The Health Benefits of Coconut Water.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan