Ketahui Pentingnya Peran Ayah dalam Membimbing Karakter Anak

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   11 November 2022

“Peran ayah berfungsi besar dalam pembentukan karakter anak. Dukungan ayah juga diperlukan untuk perkembangan kognitif, emosional, dan sosial anak.”

Ketahui Pentingnya Peran Ayah dalam Membimbing Karakter AnakKetahui Pentingnya Peran Ayah dalam Membimbing Karakter Anak

Halodoc, Jakarta – Peran seorang ayah sangat penting dalam rumah tangga. Ia pun juga penting dalam pengembangan karakter anak. Selain ibu, anak juga harus menghabiskan waktu bersama dengan ayah untuk belajar dan bermain.

Ayah juga bertugas membentuk karakter anak sejak masih kanak-kanak hingga dewasa. Dukungan ayah juga diperlukan untuk perkembangan kognitif, emosional, dan sosial anak. Bahkan, anak yang mendapat pengasuhan dari seorang ayah dalam sehari-hari cenderung memiliki rata-rata nilai IQ lebih tinggi. 

Peran Ayah dalam Membimbing Karakter Anak

Stimulasi dari interaksi ayah akan lebih menekankan pada eksplorasi analitis dan kritis, dengan begitu perkembangan otak anak lebih berkembang sejak dini. Hal inilah yang menyebabkan anak yang lebih dekat dengan ayah akan cenderung lebih cerdas.

Anak yang juga diasuh oleh ayah selama tumbuh kembangnya juga terbukti memiliki sedikit masalah perilaku. Mereka juga cenderung tumbuh menjadi seseorang yang lebih baik secara sosial dan akademis. 

Sosok ayah juga dapat memberikan rasa aman dan nyaman pada ibu dan bayi. Tindakan seperti memeluk bayi, menggendong bayi saat menangis, dan menatap bayi dapat menjadi sumber kenyaman dan kebahagiaan untuknya. Pada masa ini, ayah dibutuhkan untuk memberikan stimulasi fisik lebih banyak dibandingkan ibu. 

Kehadiran soso ayah juga mendorong perkembangan otak anak yang sehat dna peran ini berlanjut saat bayi tumbuh menjadi balita. Pada usia balita, anak akan lebih aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Anak memiliki ketertarikan untuk mengeksplor hal-hal baru di sekelilingnya. Pada fase ini, ayah berperan sebagai ‘pemandu’ yang dapat membantu anak menjelajahi keingintahuannya, tapi tidak lupa untuk tetap memberikan batasan yang sesuai. 

Peran ayah saat anak berada di masa sekolah juga diperlukan untuk mendorong anak agar lebih mandiri dan percaya diri. Salah satu karakter penting yang dipelajari anak dari ayahnya adalah menghormati orang lain. Dengan pengamatan pada sang ayah, anak akan belajar nilai-nilai moral dan sosial. Anak pun akan meniru apa yang dilakukan oleh ayahnya. 

Cara Ayah Membentuk Karakter Anak

Ada beberapa cara yang biasa ayah dapat lakukan untuk membentuk karakter anak, yaitu:

1. Melatih Anak Percaya Diri

Ketika seorang ayah menunjukkan cinta kepada anaknya, itu secara tidak sadar akan mengembangkan kepercayaan diri pada anak. Dia mungkin mulai menghormati dan yakin terhadap dirinya sendiri sebagai hasil dari kepercayaan dirinya.

Anak-anak yang menunjukkan karakter positif ini mungkin lebih siap untuk berinteraksi secara sosial dengan orang lain di sekitar mereka. Selain itu, memiliki rasa percaya diri membuat orang lebih yakin dan waspada saat menyelesaikan pekerjaan atau menghadapi tantangan baru.

2. Menjaga Kesehatan Mental Anak

Keterlibatan seorang ayah dalam tumbuh kembang anaknya dapat membantu anak terhindar dari gangguan kesehatan mental di kemudian hari. Dibandingkan dengan anak-anak yang tidak memiliki hubungan baik dengan ayah mereka, anak yang memiliki ikatan kuat dengan ayah akan menjadi lebih baik dalam mengelola stres seiring bertambahnya usia.

3. Melatih Kontrol Diri

Jika emosi anak sering bergejolak, ia mungkin jarang mendapatkan perhatian ayahnya. Tampaknya anak-anak yang mendapat perhatian yang cukup dari ayah akan memiliki kemampuan mengontrol emosi yang lebih stabil sehingga akan menimbulkan rasa aman dan keberanian untuk mengeksplorasi lingkungan mereka.

Itulah pembahasan seputar peran ayah dalam mendidik karakter anak. Jika kamu ingin berkonsultasi ke dokter terkait masalah kesehatan, kamu bisa menghubunginya melalui Halodoc. Bila dokter meresepkan obat, cek kebutuhan medis di Halodoc. Tunggu apa lagi, segera download Halodoc sekarang! 

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Being The Parent. Diakses pada 2022. Father’s Role In Effective Parenting.
Pediatric Associates. Diakses pada 2022. The Importance of a Father in a Child’s Life.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan