Ketahui Manfaat Kandungan Silex untuk Ibu Hamil

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   20 April 2022

“Ibu hamil sebaiknya jangan sembarang minum obat. Namun umumnya obat herbal seperti silex mengandung bahan yang aman. Sehingga konsumsi obat silex untuk ibu hamil bisa membawa banyak manfaat.”

Ketahui Manfaat Kandungan Silex untuk Ibu HamilKetahui Manfaat Kandungan Silex untuk Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Silex merupakan obat herbal yang berbentuk sirup. Obat ini diklaim memiliki manfaat untuk ibu hamil yang sedang mengidap batuk berdahak, sakit tenggorokan, dan pilek. Bukan cuma ibu hamil, kandungan silex juga dapat digunakan untuk anak-anak hingga orang dewasa.

Lantas, apa saja manfaat kandungan silex untuk ibu hamil? Berikut ulasan lengkapnya! 

Manfaat Silex untuk Ibu Hamil

Berikut ini manfaat silex untuk ibu hamil yang wajib kamu ketahui:

Meredakan Gangguan Pernapasan

meredakan gangguan pernapasan

Obat silex mengandung thyme, yakni bahan herbal yang juga sering digunakan dalam bahan masakan dan tambahan pada teh. Namun siapa sangka jika kandungan thyme pada obat silex juga memiliki manfaat untuk ibu hamil dalam meredakan gangguan pernapasan.

Melindungi Saluran Pernapasan dari Infeksi

melindungi dari infeksi

Althaea juga terkandung dalam obat silex. Tanaman obat ini juga ampuh dalam melindungi saluran pernapasan dari infeksi. Selain itu, bahan ini juga aman jika dikonsumsi ibu hamil yang memiliki masalah pada saluran pernapasan.

Membersihkan Mulut

membersihkan mulut

Kandungan serpylli pada obat silex juga mampu melegakan pernapasan. Selain itu, serpylli juga memiliki manfaat lain, yaitu membersihkan mulut yang juga aman dikonsumsi ibu hamil.

Menjaga Kesehatan Pencernaan Ibu Hamil

menjaga kesehatan pencernaan

Obat silex mengandung bahan adas manis yang merupakan tanaman herbal yang dapat mengurangi efek samping pada pencernaan. Kandungan ini menjadikan silex untuk ibu hamil aman dikonsumsi.

Mengatasi Batuk

mengatasi batuk

Tanaman primula diketahui juga terkandung dalam obat silex. Tanaman herbal ini telah lama diketahui dapat mengatasi batuk. Karena berbahan herbal, tentu obat ini aman dikonsumsi ibu hamil.

Itulah beberapa manfaat kandungan silex untuk ibu hamil. Namun jika ibu ragu saat mengonsumsi obat silex atau obat lainnya, tidak ada salahnya untuk bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
The Asian Parents. Diakses pada 2022. Amankah Silex untuk Ibu Hamil? Bagaimana Aturan Pakainya?
Healthline. Diakses pada 2022. What Medicines Can I Take While Pregnant?
Baby Center. Diakses pada 2022. Is it safe to take cold medicine while pregnant?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan