Ketahui Manfaat Botox Wajah dan Efek Sampingnya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   06 Januari 2023

“Botox wajah adalah prosedur yang efektif memperbaiki penampilan dengan cara mengendurkan otot yang menyebabkan keriput. Perawatan ini juga dapat mengatasi gangguan kesehatan, seperti migrain dan hiperhidrosis.”

Ketahui Manfaat Botox Wajah dan Efek SampingnyaKetahui Manfaat Botox Wajah dan Efek Sampingnya

Halodoc, Jakarta – Botox wajah umum dikenal karena kemampuannya dalam membuat wajah lebih tidur dan menghilangkan keriput. Namun, prosedur ini juga dapat mengobati kejang leher, keringat berlebih, dan mata malas.

Selain itu, botox wajah juga dapat menurunkan risiko migrain kronis pada seseorang yang sudah memiliki faktor pemicu. Manfaat tersebut berkat zat yang berperan dalam mencegah pergerakan pada otot.

Salah satu zat yang dipakai berupa toksin botulinum. Selain itu, ada abobotulinumtoxinA (Dysport), rimabotulinumtoxinB (Myobloc) dan incobotulinumtoxinA (Xeomin).

Masing-masing memiliki kegunaan yang sedikit berbeda. Terutama dalam hal satuan dosis, sehingga penggunaannya tidak dapat dikombinasikan. Namun, zat tersebut memiliki cara kerjanya sama, yakni dengan merelaksasi otot.

Kegunaan Botox Wajah Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Suntikan botox bekerja dengan cara memblokir sinyal kimia tertentu dari saraf yang menyebabkan kontraksi otot. Kegunaan paling umum, yakni mengendurkan otot-otot wajah yang menyebabkan kerutan di dahi dan area sekitar mata. 

Botox wajah juga digunakan untuk meningkatkan kecantikan dan mencegah gangguan terkait dengan kesehatan, di antaranya:

1. Manfaat terkait kecantikan

Salah satu manfaat paling signifikan dari perawatan botox adalah meningkatkan kecantikan wajah secara alami, tanpa merubah bentuknya. Prosedurnya memberikan efek antipenuaan yang bekerja dengan mengurangi kerutan.

Sederhananya, botox wajah mampu memperbaiki bahkan menghilangkan garis halus yang muncul di sekitar dahi, mata, dan garis senyum. Namun, kamu harus melakukannya secara berkala guna memberikan hasil yang maksimal.

2. Manfaat terkait kesehatan

Selain memperbaiki penampilan wajah, botox juga dapat memperbaiki gangguan terkait dengan masalah kesehatan. Misalnya, temporomandibular joint syndrome (TMJ) atau sindrom sendi temporomandibular.

TMJ adalah gangguan yang memengaruhi sendi pada rahang, otot, dan area ligamen serta sekitarnya. Gangguan tersebut menyebabkan nyeri pada sendi rahang dan otot yang berfungsi mengontrol gerakan rahang. 

Adapun manfaat kesehatan lainnya yang dapat diperoleh dari prosedur botox wajah, yakni:

  • Mata juling atau strabismus.
  • Kontraksi otot yang berlebihan atau dystonia.
  • Keringat berlebihan atau hiperhidrosis.
  • Kelopak mata berkedut.
  • Kandung kemih yang terlalu aktif.
  • Blefarospasme atau kontraksi kelopak mata.

3. Hasilnya cepat terlihat

Suntik botox menawarkan hasil yang cenderung singkat, yakni 3 sampai 4 hari setelah prosedur berlangsung. Kamu bisa merasakan efektivitasnya selama 3 bulan. Namun, disarankan untuk mengulanginya kembali dalam waktu yang sudah ditentukan agar hasilnya lebih maksimal.

Efek Samping Prosedur Suntik Botox

Suntikan botoks relatif aman jika dilakukan oleh dokter yang berpengalaman. Beberapa kemungkinan efek samping dan komplikasinya, meliputi:

  • Nyeri, bengkak, atau memar di tempat suntikan.
  • Sakit kepala atau gejala penyakit, seperti flu.
  • Kelopak mata terlihat lemas atau posisi alis tampak miring.
  • Peningkatan produksi air liur.
  • Mata menjadi lebih kering atau peningkatan produksi air mata.
  • Penyebaran zat botox ke area sekitarnya.

Segera periksakan diri jika mengalami tanda di bawah ini dalam waktu beberapa bulan setelah melakukan prosedur:

  • Kelemahan otot.
  • Gangguan penglihatan.
  • Kesulitan berbicara atau menelan.
  • Gangguan pernapasan.
  • Kehilangan kontrol kandung kemih.

Guna meminimalisir efek sampingnya, prosedur botox harus dilakukan oleh dokter berpengalaman. Selain itu, suntikan harus ditempatkan di area yang tepat guna mencegah perpindahan zat. 

Terapi botox berpotensi memicu efek samping jika diberikan secara tidak benar. Karena itu, pastikan klinik kecantikan sudah kredibel dan memiliki izin praktik yang jelas.

Dapatkan juga informasi lain seputar kecantikan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya dengan mendownload Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Botox injections.
Medical News Today. Diakses pada 2023. Botox: Cosmetic and medical uses.
Radiance by WebMD. Diakses pada 2023. Botox.
Radiance by WebMD. Diakses pada 2023. The Surprising Benefits of Botox.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Botox (Botulinum Toxin).

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan