Ketahui Jadwal MPASI yang Ideal untuk Bayi 6 Bulan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   09 Desember 2021

“MPASI adalah makanan pendamping untuk bayi yang umumnya diberikan saat anak berusia 6 bulan. Meski begitu, masih banyak orangtua yang bingung untuk menentukan jadwal MPASI yang tepat.”

Ketahui Jadwal MPASI yang Ideal untuk Bayi 6 BulanKetahui Jadwal MPASI yang Ideal untuk Bayi 6 Bulan

Halodoc, Jakarta – Sebelum usianya mencapai 6 bulan, makanan yang diberikan pada bayi adalah hanya ASI atau susu formula. Nah, ketika usianya sudah genap 6 bulan, berarti Si Kecil sudah siap untuk diberikan makanan yang lebih padat tetapi ada baiknya lembek sehingga mudah dicerna. Semakin bertambahnya usia anak, makanan yang diberikan dapat disesuaikan dengan pertumbuhan giginya.

Meski begitu, bagi ibu yang baru pertama kali memiliki anak, terkadang kebingungan untuk menentukan segala hal yang berhubungan dengan MPASI. Maka dari itu, tulisan ini akan menjelaskan secara detail tentang jadwal MPASI yang ideal untuk bayi dengan usia 6 bulan. Dengan begitu, ibu tidak bingung menentukan jam yang tepat untuk memberikan makanan. Berikut pembahasan lengkapnya!

Jadwal MPASI Bayi Usia 6 Bulan

Bayi kemungkinan akan menyusu sebanyak enam sampai delapan botol per harinya dan sebagian besar masih minum satu atau dua botol di malam hari. Jika bayi minum lebih atau kurang dari jumlah yang disebutkan dan tetap tumbuh dengan baik, maka ibu kemungkinan besar sudah memberikan jumlah yang tepat untuk gizi bayi.

Perlu diketahui, bayi ibu tidak boleh mengurangi jumlah ASI atau susu formula yang dikonsumsi meskipun jika sudah bisa mengonsumsi tambahan berupa makanan padat. Saat makanan padat masih dalam tahap awal, ada baiknya untuk memastikan jika ASI atau susu formula tetap menjadi sumber nutrisi utama pada bayi agar gizinya tetap terjaga.

Jika ibu membutuhkan produk kesehatan yang tepat untuk mendukung MPASI, jangan ragu untuk mengunjungi Toko Kesehatan di Halodoc. Yuk, klik gambar di bawah ini:

seo banner PD

Lalu, berapa banyak sih kira-kira susu dan makanan padat yang perlu diterima anak? Berikut kisarannya:

  • Untuk cairan berupa ASI atau susu formula: 24-32 ons atau setara 710-946 mililiter per hari.
  • Makanan padat: 1 hingga 2 kali makan.

Untuk memberikan makanan padat, pilih waktu yang tepat, yaitu saat bayi merasa senang, ceria, dan cukup istirahat. Ibu perlu berusaha mengasosiasikan meja dengan perasaan bahagia agar anak semangat untuk belajar cara makan. Waktu jam tidak perlu sama, tetapi yang penting adalah memastikan anak dalam suasana hati yang baik. Jangan memaksakan bayi harus makan saat berada di usia ini.

Disarankan juga untuk mengawalinya dengan menawarkan ASI atau susu formula sebagai makanan pembuka 30 menit sebelum pemberian makanan agar bayi tidak terlalu lapar dan frustasi. Jika bayi masih lapar setelah makan, tunggu 15-20 menit dan berikan lagi ASI atau susu formula sebagai makanan penutup. Hal ini dapat memastikan bayi tidak terlalu lapar atau kenyang dengan makanan padat.

Untuk jadwal MPASI pada bayi usia 6 bulan adalah:

  • Jam 6.30: Bangun tidur, berikan ASI atau susu formula.
  • Jam 7.00: Berikan makanan padat.
  • Jam 8.30: Bayi tidur kembali.
  • Jam 10.00: Bangun tidur, berikan ASI atau susu formula.
  • Jam 12.30: Berikan ASI atau susu formula.
  • Jam 13.00: Jadwal tidur.
  • Jam 14.30: Berikan ASI atau susu formula.
  • Jam 16.30: Tidur hanya sebentar.
  • Jam 17.15: Berikan ASI atau susu formula.
  • Jam 17.45: Berikan makanan padat hanya jika dirasa bayi lapar dan ingin camilan.
  • Jam 18.30: Berikan ASI atau susu formula.
  • Jam 19.00: Waktunya bayi tidur

Di atas jam 19.00, pemberian botol susu boleh dilakukan jika anak terbangun di malam hari. Jika tidak, tidak usah memaksa anak bangun untuk menyusu guna membiasakan diri agar tidak nyenyak di malam hari.

Nah, itulah jadwal MPASI yang ideal untuk bayi berusia 6 bulan. Dengan mengetahui dan mengikuti jadwal ini, tentu ibu tidak perlu bingung kapan waktu yang tepat untuk memberikan makanan padat pada anak. Meski begitu, tidak perlu sepenuhnya terpaku pada jadwal ini, intinya adalah ASI atau susu formula masih menjadi nutrisi utama dengan makanan padat sebagai tambahan.

Apabila ibu masih memiliki pertanyaan terkait jadwal MPASI bayi usia 6 bulan, dokter anak dari Halodoc siap membantu untuk memberikan jawaban sesuai dengan pengalaman. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa dilakukan hanya dengan penggunaan smartphone di tangan. Unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Solid Starts. Diakses pada 2021. Baby Feeding Schedules.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan