Ketahui Efek Samping Terapi Bekam pada Kesehatan Tubuh

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 Agustus 2023

“Terapi bekam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, dalam beberapa kasus terapi ini bisa menyebabkan efek samping seperti infeksi, bila tidak dilakukan dengan tepat.”

Ketahui Efek Samping Terapi Bekam pada Kesehatan TubuhKetahui Efek Samping Terapi Bekam pada Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Terapi bekam adalah metode pengobatan tradisional yang telah berguna selama ribuan tahun, dan dianggap memberikan beberapa manfaat kesehatan. Namun, terapi ini juga dapat menyebabkan efek samping yang perlu menjadi perhatian.

Mau tahu apa saja efek samping dari terapi bekam? Berikut ulasan selengkapnya!

Efek Samping Terapi Bekam yang Perlu Diketahui

Meski banyak orang merasa mendapat manfaat dari terapi bekam, ingat bahwa metode ini juga dapat menyebabkan efek samping yang berpotensi menimbulkan masalah kesehatan.

Namun, sebelum mengetahui efek sampingnya, kamu bisa cari tahu manfaat terapi bekam melalui artikel: Manfaat Terapi Bekam bagi Kesehatan Tubuh.

Nah, beberapa efek samping terapi bekam meliputi:

1. Bekas luka dan perubahan kulit

Pada beberapa kasus, terapi ini dapat menyebabkan bekas luka dan perubahan kulit. Setelah pengobatan, kulit di area yang diobati mungkin akan menjadi merah dan bengkak. Selain itu, dapat menimbulkan bekas-bekas lingkaran atau bintik-bintik gelas terapi.

2. Infeksi

Prosedur terapi yang tidak menggunakan peralatan steril dapat meningkatkan risiko infeksi. Jika alat-alat terapi atau area kulit tidak bersih, maka bakteri dapat masuk ke dalam luka dan menyebabkan infeksi.

3. Nyeri dan ketidaknyamanan

Beberapa orang melaporkan mengalami nyeri atau ketidaknyamanan selama atau setelah terapi. Ini bisa terjadi karena metode atau prosedur yang agresif atau kulit yang sensitif.

Jika dilakukan dengan benar, ini 9 Manfaat Terapi Bekam bagi Kesehatan Tubuh berikut ini. 

4. Pusing dan kelelahan

Beberapa orang mungkin mengalami pusing atau kelelahan setelah terapi ini. Terutama jika terlalu banyak darah yang keluar atau jika terapi pada bagian area yang luas.

Penting untuk diingat bahwa efek samping terapi ini bisa bervariasi dari satu individu ke individu lainnya. Hal ini tergantung dari kondisi kesehatan individu dan keterampilan praktisi yang melakukan terapi.

Selain terapi ini, cobalah untuk bertanya mengenai fisioterapi yang bisa kamu lakukan bersama dengan tim medis. Cari tahu metode fisioterapi melalui artikel: Beberapa Metode Perawatan yang Termasuk Fisioterapi.

Hal yang Perlu Menjadi Perhatian dan Pertimbangan

Jika kamu tertarik untuk mencoba terapi bekam, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan:

1. Konsultasikan dengan profesional kesehatan

Sebelum memutuskan untuk menjalani terapi ini, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan terlebih dahulu. Mereka akan membantu mengevaluasi apakah terapi bekam aman dan tepat untuk kondisi kamu saat ini.

2. Pastikan kebersihan dan sterilitas

Pastikan bahwa tempat terapi dan peralatan bersih dan steril. Terapi ini melibatkan penusukan pada kulit. Nah, berarti ada risiko infeksi jika peralatan tidak steril. 

Kamu harus tahu dan yakin bahwa terapis bekam menggunakan peralatan sekali pakai, atau mencuci peralatan dengan benar sebelum sesi terapi pada pasien berikutnya.

3. Hindari terapi bekam pada kondisi medis tertentu

Tidak semua orang cocok untuk menjalani terapi bekam. Beberapa kondisi kesehatan tertentu mungkin menjadi kontraindikasi. Contohnya seperti gangguan pembekuan darah, masalah kulit seperti luka terbuka atau infeksi, tekanan darah rendah, atau riwayat serangan stroke. 

Jika kamu memiliki kondisi medis tertentu, terapi ini dapat membahayakan kesehatan. Pastikan untuk membahas riwayat kesehatan dengan tenaga medis sebelum memutuskan untuk menjalani terapi

4. Ketahui keahlian terapis bekam

Pilihlah terapis yang berpengalaman dan terlatih dengan baik. Terapi yang tidak sesuai dapat menyebabkan cedera kulit, memperburuk kondisi kesehatan yang sudah ada, atau menyebabkan infeksi. 

Pastikan terapis memiliki lisensi atau sertifikasi yang sah dan memiliki reputasi yang baik.

5. Ketahui prosedur yang tepat untuk terapi bekam

Pastikan bahwa terapi ini sesuai dengan prosedur yang aman. Jangan biarkan terapis melakukan bekam di area yang tidak aman, atau terlalu dekat dengan organ vital atau pembuluh darah besar. 

Selain itu, pastikan terapis tidak meninggalkan cangkir terapi terlalu lama pada kulit, karena hal ini dapat menyebabkan memar yang parah.

Itulah berbagai hal yang perlu kamu ketahui mengenai terapi bekam. Selain terapi ini, kamu juga bisa cari tahu berbagai fakta mengenai Kenali Manfaat Terapi Akupunktur untuk Kesehatan Tubuh.

Ingat, terapi ini bukanlah pengobatan utama untuk mengatasi keluhan kesehatan yang kamu alami. Pastikan kamu mendapatkan pengobatan medis sebagai tindakan utama untuk mengatasi semua keluhan kesehatan yang kamu alami.

Dapatkan saran medis tepercaya dari dokter di aplikasi Halodoc jika kamu atau keluargamu mengalami masalah kesehatan. Klik gambar ini untuk berbicara dengan dokter sekarang:

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Cupping.
Healthline. Diakses pada 2023. What Is Cupping Therapy?
Medicine Net. Diakses pada 2023. Cupping Therapy.
WebMD. Diakses pada 2023. Cupping Therapy.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan