Ketahui Ciri-Ciri Bayi Sehat dalam Kandungan Usia 8 Bulan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   10 Februari 2023

“Perkembangan janin dalam kandungan harus ibu perhatikan. Umumnya, ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan adalah pergerakan yang aktif dengan pola yang lebih teratur. Selain itu, kepala bayi juga secara perlahan mulai turun ke bagian panggul ibu.”

Ketahui Ciri-Ciri Bayi Sehat dalam Kandungan Usia 8 BulanKetahui Ciri-Ciri Bayi Sehat dalam Kandungan Usia 8 Bulan

Halodoc, Jakarta – Selama menjalani masa kehamilan, ibu harus tahu bagaimana perkembangan janin dari waktu ke waktu. Termasuk mengetahui apa saja ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan. Sebab, tak lama lagi, sang buah hati akan lahir dan melengkapi kebahagiaan ibu dan ayah. 

Memasuki usia kehamilan 8 bulan, ibu mulai mengalami perubahan besar pada kondisi fisik dan emosi. Perut yang semakin membesar, munculnya kontraksi palsu, ibu mengalami kesulitan bernapas, sulit tidur, nyeri pada ulu hati, merasa cepat lelah, hingga sering buang air kecil pada malam hari. 

Namun, perubahan ini tidak hanya terjadi pada ibu. Perkembangan janin dalam kandungan juga terjadi. Inilah sebabnya, ibu tidak boleh abai dengan berbagai tanda yang muncul selama kehamilan. 

Bagaimana Ciri Bayi Sehat dalam Kandungan Usia 8 Bulan?

Salah satu ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan adalah pergerakan yang aktif dan beratnya yang semakin bertambah. Gerakan janin dalam kandungan sudah semakin sering terasa, sebab janin sudah bisa memberikan respon terhadap rangsangan pada kondisi sekitar. 

Selain itu, berikut beberapa ciri kesehatan bayi yang sesuai dengan perkiraan usia kehamilan ibu

Usia kehamilan 33 minggu

Memasuki usia kehamilan 33 minggu, berat badan bayi seharusnya sudah sampai pada kisaran 1,9 kilogram dengan panjang sekitar 43,7 sentimeter dari ujung kepala sampai tumit. Ukurannya mirip seperti buah nanas. Selain itu, tahapan lain yang bisa ibu perhatikan yaitu:

  • Terjadi perkembangan pesat pada otak janin.
  • Kaki dan lengan terlihat lebih gemuk karena peningkatan lemak pada bagian bawah kulit.
  • Tulang tengkorak lebih lentur dan lunak. Sementara itu, lempeng tulang yang membentuknya belum menempel.
  • Testis yang turun ke skrotum untuk bayi laki-laki. 

Usia kehamilan 34 minggu

Ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan lainnya adalah pertambahan berat badan dan tinggi dari bagian kepala sampai tumit. Sementara itu, organ paru-paru sudah semakin berkembang, bayi juga sudah mengenali suara yang mereka dengar, termasuk suara musik. 

Usia kehamilan 35 minggu

Kemudian, memasuki usia kehamilan 35 minggu, janin telah memiliki berat sekitar 2,4 kilogram dengan panjang badan sekitar 46,2 sentimeter dari bagian kepala sampai ke tumit. 

Selama beberapa minggu selanjutnya, berat badan bayi akan mengalami kenaikan berat badan sebanyak 30 gram setiap hari. Ibu juga sudah bisa merasakan gerakan janin tanpa perlu meraba perut, misalnya janin yang mengalami cegukan. 

Ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan, usia kehamilan 36 minggu

Terakhir, memasuki usia kehamilan 36 minggu, janin akan memiliki berat sekitar 2,6 kilogram dengan panjang badan lebih dari 47,4 sentimeter. Memasuki periode akhir kehamilan, kondisi organ bayi sudah lengkap dan bayi siap untuk lahir kapan saja. Ciri lainnya termasuk:

  • Peningkatan sensitivitas pendengaran janin.
  • Sistem saraf dan otak semakin responsif.
  • Sisa rambut lanugo yang menutupi bagian permukaan kulit terus mengalami kerontokan. Ini juga termasuk vernix caseosa, zat pelindung yang bertugas untuk menutupi kulit. Bayi akan menelan dua komponen tersebut dan menjadi kotoran pertama mereka setelah lahir. 
  • Kepala bayi akan semakin turun, bahkan hingga ke area panggul.

Tak hanya itu, ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan lain yang tidak boleh ibu lupakan adalah detak jantung janin yang teratur dan stabil. Adapun detak jantung ideal untuk janin adalah 110 sampai 160 denyut untuk setiap menitnya. 

Aktivitas bayi yang ada dalam kandungan ketika kehamilan ibu memasuki usia 8 bulan akan membawanya semakin ke bawah, tepatnya pada area panggul. Waspada jika bayi tidak menunjukkan adanya gerakan hingga beberapa jam. 

Lakukan pemeriksaan medis bayi baru lahir secara berkala. Manfaatkan Layanan Janji Medis Halodoc dengan download Halodoc dari ponselmu gratis dari App Store dan Play Store. 

Referensi:
Pampers. Diakses pada 2023. 8th Month Of Pregnancy – Signs Of Labor, Pregnancy Symptoms & Tips.
Babycentre. Diakses pada 2023. Your pregnancy at 34 weeks.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan