Ketahui 6 Penyebab Sakit Kepala saat Bangun Tidur

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   30 September 2021

“Sakit kepala saat bangun tidur dapat membuat perubahan suasana hati hingga mengganggu kegiatan sehari-hari. Hal ini bisa dipicu insomnia hingga mengkonsumsi alkohol secara berlebihan.”

Ketahui 6 Penyebab Sakit Kepala saat Bangun TidurKetahui 6 Penyebab Sakit Kepala saat Bangun Tidur

Halodoc, Jakarta – Banyak orang menginginkan perasaan segar dan berenergi saat terbangun tidur pagi hari. Namun, banyak orang merasakan sakit kepala saat terbangun dari tidurnya. Kondisi ini membuat suasana hati menjadi kurang baik, malas untuk beraktivitas, bahkan mengganggu kegiatan sehari-hari.

Sebaiknya, jangan abaikan sakit kepala yang kamu alami saat bangun tidur. Sakit kepala saat bangun tidur bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan atau kebiasaan buruk yang sebaiknya dihentikan. Yuk, cari tahu beberapa penyebab sakit kepala saat bangun tidur, di sini!

Penyebab Sakit Kepala saat Bangun Tidur

Dr. Raj Dasgupta, asisten profesor klinik kesehatan di Keck School of Medicine of USC di Los Angeles, California, mengatakan bahwa sakit kepala saat bangun tidur menjadi hal normal. Penelitiannya berhasil meneliti 1 dari 13 orang yang ikut dalam penelitian ini mengalami sakit kepala saat bangun tidur. 

Namun, jika kondisi ini berlangsung lama dan berulang, sebaiknya ketahui beberapa pemicu yang dapat menyebabkan sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari.

Berikut ini penyebab yang perlu kamu ketahui, yaitu:

1. Insomnia

Saat kamu mengalami insomnia, kondisi ini membuat kualitas tidur menurun. Insomnia membuat kamu berisiko dua hingga empat kali lebih besar mengalami sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi insomnia adalah mengatur jadwal tidur setiap hari, membatasi penggunaan gadget, dan memastikan lingkungan tidur nyaman dan bersih. Selain itu, kamu juga dapat berkonsultasi pada dokter untuk menurunkan efek samping dari gangguan tidur.

Apabila sakit kepala terus terjadi, kamu dapat menggunakan obat sakit kepala yang direkomendasikan pada beberapa artikel berikut ini:

2. Gangguan Kesehatan Mental

Depresi dan gangguan cemas menjadi beberapa gangguan kesehatan mental yang dapat menyebabkan kamu sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari. Kedua hal ini masih berkaitan dengan gangguan tidur.

Saat mengalami depresi atau gangguan kecemasan, jangan ragu untuk meminta kerabat, keluarga, atau bahkan tenaga medis untuk membantu menangani gangguanmu. Saat kesehatan mental terjaga dengan baik, kamu dapat mengembalikan kualitas tidur menjadi lebih baik dan menghindari sakit kepala saat bangun tidur.

Ketahui lebih lanjut mengenai efek stress yang bisa menyebabkan sakit kepala dengan membaca artikel berikut: “Stres Bisa Sebabkan Sakit Kepala di Malam Hari

3. Sleep Apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang menyebabkan pernapasan seseorang berhenti sementara selama beberapa kali. Salah satu gejala yang dialami pengidap sleep apnea adalah sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari. 

Selain itu, ada gejala lain yang menyertai, seperti mendengkur, tersedak saat tertidur, bangun dengan mulut kering, merasa lelah saat bangun tidur.

4. Posisi Tidur yang Salah

Sebaiknya, pastikan kasur bebas dari benda-benda yang dapat mengganggu dan menurunkan kualitas tidur. Tidur dengan posisi yang salah dan tidak nyaman meningkatkan risiko sakit kepala saat bangun tidur.

Kamu dapat mengetahui posisi tidur yang baik melalui artikel berikut ini: “Apa Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan?

5. Migrain

Sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari juga bisa muncul akibat migrain. Jika kamu memiliki riwayat kesehatan migrain, sebaiknya segera lakukan perawatan di rumah agar kondisi kesehatan membaik.

Kamu bisa kembali beristirahat di ruangan yang nyaman, memijat lembut bagian pelipis, kompres dingin pada area belakang leher, dan melakukan relaksasi otot. Bukan hanya itu, kamu juga bisa mengkonsumsi obat-obatan yang bisa membantu kamu meringankan gejala migrain.

6. Pengkonsumsian Alkohol

Sakit kepala saat bangun tidur bisa disebabkan akibat gaya hidup yang kurang sehat, seperti terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Sebaiknya, hindari kebiasaan ini agar kondisi kesehatan kembali optimal.

Untuk mengenali lebih lanjut gejala sakit kepala yang kamu alami, kamu bisa membaca artikel ini: “Perhatikan Hal Ini saat Mengalami Sakit Kepala”.

Itulah penyebab sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari.

Jika sakit kepala disertai dengan gejala lain, seperti mual atau muntah, sebaiknya segera gunakan aplikasi Halodoc dan tanyakan langsung pada dokter mengenai penanganan pertama yang tepat untuk mengatasi sakit kepala.Kamu juga bisa mendapatkan obat sakit kepala dan produk kesehatan lainnya dari Toko Kesehatan Halodoc. Produk terjamin keamanannya dan akan dikirim dari apotek terpercaya.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Live Strong. Diakses pada 2021. Always Waking Up With a Headache? Here’s What Your Body Is Trying to Tell You.

Healthline. Diakses pada 2021. What Causes Early Morning Headaches?

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Sleep Apnea.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan