Ketahui 6 Jenis Bahan Pewarna Alami yang Aman Digunakan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Maret 2023

“Bahan pewarna dalam makanan cepat saji cenderung memakai bahan kimia yang bisa memicu masalah kesehatan. Cobalah beralihlah menggunakan bahan pewarna alami seperti antosianin, betalain, klorofil, dan sebagainya”.

Ketahui 6 Jenis Bahan Pewarna Alami yang Aman DigunakanKetahui 6 Jenis Bahan Pewarna Alami yang Aman Digunakan

Halodoc – Jakarta, Makanan berwarna-warni selalu terlihat menarik dan menggiurkan. Tidak jarang, banyak orang yang tertarik membeli suatu makanan hanya karena warnanya yang cantik. Nah, karena itulah banyak penjual makanan menambah pewarna agar makanan terlihat lebih estetik dan menarik.

Masalahnya, penggunaan bahan pewarna kimia (atau bahkan pewarna tekstil) bisa memicu beragam masalah kesehatan. Kabar baiknya, kamu bisa mengolah makanan dengan menambahkan pewarna alami. Lantas, apa saja pewarna alami untuk makanan yang aman bagi tubuh?

Bahan Pewarna Alami yang Aman Digunakan

Pewarna makanan alami berasal dari berbagai sumber seperti sayuran, buah-buahan, rempah-rempah, dan sumber makanan sehat lainnya. Bahan-bahan ini menawarkan spektrum warna yang luas dan memberikan warna dalam makanan atau minuman. 

Bahan pewarna alami dari proses ekstraksi sehingga menghasilkan pigmen warna tertentu. Bentuknya ada bermacam-macam, ada yang berbentuk cairan, bubuk, gel, dan pasta. Berikut adalah bahan pewarna alami dan sumbernya:

1.  Antosianin

Antosianin adalah bahan pewarna alami yang jika dilarutkan dalam air akan memberikan warna merah, ungu, dan biru.

Nah, antosianin merupakan bahan yang peka terhadap perubahan pH.

Jika berada dalam pH asam maka akan berubah menjadi warna merah, sedangkan pada pH yang cenderung basa akan berubah menjadi warna biru keunguan.

Umumnya, antosianin berasal dari buah beri seperti stroberi, blueberry, anggur hitam, dan buha delima.

2. Betalain

Warna merah pada makanan cenderung menarik banyak orang karena warnanya yang pekat. Nah, betalain merupakan bahan pewarna alami yang memberikan warna merah gelap atau merah muda. 

Betalain juga terdapat pada beberapa jenis sayuran, seperti ubi bit merah atau pada buah yaitu buah naga. Selain berguna untuk memberikan warna, betalain juga mengandung antioksidan, sehingga bahan ini sering terdapat dalam suplemen makanan.

3. Karotenoid

Karotenoid merupakan pigmen pada tumbuhan yang menghasilkan warna-warna hangat seperti merah, orange, dan kuning. Ada lebih dari 600 jenis karotenoid dan beberapa di antaranya dapat diubah menjadi vitamin A begitu dicerna dalam tubuh.

Karotenoid bisa bersumber dari wortel, jeruk, paprika merah, kunyit, dan tomat. Bahan pewarna alami ini terdapat dalam produk susu, seperti mentega dan keju.

4. Riboflavin

Riboflavin atau vitamin B2 adalah bahan pewarna alami yang menghasilkan warna kuning cerah.

Tahukah kamu, riboflavin secara alami terkandung di beberapa makanan khususnya makanan hewani seperti keju, telur, yoghurt, salmon, dan hati.

5. Klorofil

Bahan pewarna alami yang satu ini mampu memberikan warna hijau pada makanan. Klorofil pada sayuran atau buah-buahan yang berwarna hijau seperti bayam, parsley, dan kiwi.

6. Karamel

Karamel adalah salah satu bahan pewarna alami yang tertua pada makanan dan minuman. Seperti wujudnya karamel menciptakan warna yang cenderung kecoklatan. 

Tidak seperti bahan pewarna alami yang lain, warna karamel tidak bersumber dari satu bahan khusus, melainkan dari suatu proses yaitu proses karamelisasi. Proses ini terjadi ketika senyawa gula dipanaskan, sehingga warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan.

Selain bahan pewarna makanan, kamu bisa mengetahui bahan pengawet yang aman dikonsumsi di laman ini, “7 Jenis Bahan Pengawet Makanan yang Aman Dikonsumsi”.

Nah, itulah bahan pewarna alami untuk makanan yang aman bagi kesehatan tubuh. Kini kamu bisa menggunakan bahan-bahan tersebut sebagai alternatif pengganti bahan pewarna kimia. 

Apabila kamu merasa sakit dan memerlukan obat, langsung saja buka Halodoc dan cek kebutuhan obat sesuai dengan penyakitmu. Ayo, download Halodoc untuk akses mendapatkan obat yang lebih mudah.

Referensi: 
NATCOL. Diakses pada 2023. Introduction to Natural Food Colors. 
IFT.ORG. DIakses pada 2023. Coloring Foods & Beverages. 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. 5 Health Benefits of Anthocyanins.
Healthline. Diakses pada 2023. Carotenoids: Everything You Need to Know.
Center for Science In The Public Interest. Diakses pada 2023. Caramel Coloring. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan