Ketahui 6 Cara Terbaik untuk Mempercantik Kuku

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   15 Maret 2022

“Kuku yang cantik dan sehat bisa mendukung penampilan dan meningkatkan percaya diri. Untuk mendapatkannya, kamu bisa melakukan berbagai perawatan. Seperti pergi ke salon untuk perawatan atau perawatan sendiri dengan bahan alami di rumah.”

Ketahui 6 Cara Terbaik untuk Mempercantik KukuKetahui 6 Cara Terbaik untuk Mempercantik Kuku

Halodoc, Jakarta – Kuku yang sehat dan cantik bisa menunjang penampilan dan meningkatkan percaya diri. Rutin melakukan perawatan pada kuku juga dapat menghindari kuman bersarang. Nah, perawatan yang dilakukan bisa melalui medis atau alami. Untuk mengetahui berbagai perawatan tersebut, baca ulasan berikut!

Berbagai Cara untuk Mempercantik Kuku

Kuku yang terawat dapat menunjang penampilan menjadi rapi dan menarik. Meski begitu, masih banyak yang tidak tahu cara merawat kuku dengan benar agar tetap cantik. Jika kamu memiliki cukup uang, perawatan di salon bisa dilakukan. Namun, perawatan dengan bahan-bahan alami juga efektif untuk mendapatkan kuku cantik.

Lalu, bagaimana sih cara merawat kuku yang benar? Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, seperti:

1. Kebersihan Alat Perawatan Kuku

Sebelum dan setelah digunakan, sebaiknya sterilkan alat manikur dan pedikur. Biar bagaimanapun juga, alat-alat ini digunakan untuk memotong dan membersihkan kuku. Jika tidak steril dan membuat kuku terluka, tentu kamu bisa terancam infeksi, bukan?

2. Spa Kuku

Mungkin kamu merasa cukup saja dengan membersihkan dan merawat kuku di rumah. Namun, perlu kamu ketahui bahwa bukan cuma tubuh saja yang butuh spa. Bahkan kuku pun butuh perawatan menyeluruh dengan spa kuku. Kamu bisa mulai mencari tempat perawatan yang menyediakan spa untuk kuku.

3. Warnai Kuku

Memang benar jika terlalu sering mewarnai kuku bisa membuat kuku jadi kuning dan terlihat tidak terawat. Jadi triknya adalah mengistirahatkan kuku usai diwarnai selama dua atau tiga hari sebelum kembali mewarnainya. Kemudian, ketika kamu membubuhkan warna pada kuku, sebaiknya gunakan juga base coat agar warna tahan lama.

4. Minyak Esensial

Kamu bisa merawat kuku dengan merendamnya dalam larutan air hangat yang diberi minyak esensial selama beberapa menit. Dengan melakukan perawatan ini, kuku akan lebih kuat dan tidak rapuh. Selain itu, perawatan ini pun ampuh untuk membuat kuku jadi lembut. Sifat pemutih dalam bahan alami tersebut juga dapat mengatasi masalah perubahan warna pada kuku sampai ke akarnya.

5. Baking Soda

Jika kuku kamu mulai menguning karena pemakaian cat kuku, kamu bisa coba mengembalikan warna putih alaminya. Caranya dengan menggunakan campuran 2 sendok teh baking soda dengan 4 sendok teh air. Kemudian, campurkan hingga menjadi pasta. Oleskan pada kuku dan diamkan sekitar 3 hingga 5 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini setidaknya sekali dalam seminggu untuk hasil yang diinginkan, ya!

6. Cuka Sari Apel

Kembalikan warna alami kuku dengan cuka sari apel. Caranya dengan mencampurkan ½ sendok teh cuka sari apel ke dalam mangkuk berisi air hangat. Lalu, rendam kuku dalam larutan dan biarkan selama 5-10 menit. Lakukan perawatan ini seminggu sekali untuk hasil yang diinginkan. 

Memang tidak mudah untuk merawat kuku agar tetap cantik. Kamu perlu memperhatikan cara merawat serta menjaga kebersihan kuku. Mulai dari alat hingga rutinitas di tempat perawatan kuku atau saat melakukannya sendiri di rumah. Dengan begini tak hanya cantik, kuku yang sehat pun juga didapatkan.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai kesehatan kuku, tanyakan saja pada dokter dari Halodoc. Dengan download aplikasi Halodoc, interaksi bisa dilakukan melalui fitur Chat atau Voice/Video Call.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. A Dozen Tips for More Beautiful Nails.
Real Simple. Diakses pada 2022. 8 Simple Ways to Banish Dry, Brittle Nails for Good.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan