Ketahui 5 Fakta seputar Operasi Pengangkatan Payudara

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Juni 2023

“Operasi pengangkatan payudara atau mastektomi adalah prosedur bedah yang bertujuan untuk mengangkat jaringan pada payudara secara sebagian atau keseluruhan. Secara umum, mastektomi dilakukan sebagai pengobatan kanker payudara.”

Ketahui 5 Fakta seputar Operasi Pengangkatan PayudaraKetahui 5 Fakta seputar Operasi Pengangkatan Payudara

Halodoc, Jakarta – Operasi pengangkatan payudara atau mastektomi adalah prosedur bedah yang bertujuan untuk mengangkat jaringan pada payudara secara sebagian atau keseluruhan.

Meskipun operasi pengangkatan payudara adalah langkah drastis bagi banyak wanita, prosedur ini memiliki manfaat yang signifikan dalam konteks medis. Ketahui tujuan operasi, jenis-jenisnya, dan risiko komplikasinya berikut ini!

Fakta tentang Operasi Pengangkatan Payudara

Inilah beberapa fakta yang bisa kamu ketahui memahami lebih dalam mengenai operasi pengangkatan payudara, antara lain:

1. Bentuk pengobatan kanker

Umumnya, seseorang perlu melakukan operasi pengangkatan payudara atas rekomendasi dokter di situasi tertentu. Salah satunya adalah ketika ia mengidap kanker payudara atau memiliki tumor yang berisiko berkembang menjadi kanker. 

Jika seseorang memiliki kanker yang menyebar ke jaringan payudara, cara menghilangkan sel-sel kanker dan mencegahnya untuk menyebar lebih jauh adalah dengan pengangkatan payudara.

Wanita dengan riwayat kesehatan keluarga atau mutasi genetik tertentu yang meningkatkan risiko kanker payudara juga dapat memilih mastektomi preventif untuk mengurangi risiko terjadinya kanker.

2. Bisa hanya sebagian

Meskipun berdasarkan namanya kamu mungkin berasumsi bahwa pengangkatan payudara berarti pengangkatan seluruhnya, mastektomi terbagi menjadi beberapa jenis tergantung dengan sebesar apa area yang terangkat.

Pada mastektomi total, dokter akan mengangkat seluruh jaringan payudara. Sifatnya bisa bilateral atau unilateral. Jika kamu melakukan mastektomi total bilateral, berarti kedua payudara akan terangkat.

Selain itu, terdapat pula mastektomi parsial yaitu pengangkatan sebagian jaringan payudara yang terinfeksi atau terkena kanker. Jenis mastektomi ini bisa mempertahankan sebagian besar bentuk payudara.

3. Dilanjut dengan rekonstruksi payudara

Setelah operasi pengangkatan payudara, banyak wanita memilih untuk menjalani rekonstruksi payudara. Rekonstruksi payudara merupakan prosedur breast treatment yang melibatkan pembentukan kembali payudara menggunakan implan silikon atau transfer jaringan dari area lain di tubuh, seperti punggung atau perut.

Biasanya, pasien bisa melakukan rekonstruksi segera setelah mastektomi atau dalam beberapa tahap kemudian. Tujuan dari melakukan rekonstruksi ini adalah sehingga payudara terlihat kembali normal.

4. Bisa juga dilakukan pada pria

Dalam kasus tertentu yang cukup jarang, pria juga bisa mengalami kanker payudara. Umumnya, ini adalah kondisi duktal karsinoma invasif di mana sel kanker tumbuh di jaringan area dada atau payudara. Operasi pengangkatan area payudara juga akan menjadi cara pengobatan jenis kanker ini pada pria.

Selain kanker, pria yang memiliki kondisi ginekomastia juga bisa melakukan operasi ini. Ginekomastia terjadi saat terjadi pertumbuhan payudara yang abnormal pada pria karena kurangnya produksi hormon testosteron.

Untuk mengetahui pilihan penanganannya, kamu bisa mencari tahu Cara Lain untuk Mengatasi Ginekomastia Selain Operasi.

5. Memiki risiko dan komplikasi

Seperti operasi pada umumnya, operasi pengangkatan payudara juga memiliki risiko dan kemungkinan komplikasi. Risiko umum yang bisa terjadi yaitu infeksi, perdarahan, pembentukan jaringan parut, dan nyeri pasca operasi.

Selain itu, ada juga risiko komplikasi jangka panjang, seperti masalah kesehatan pada jaringan payudara yang tersisa atau kelainan sensorik. Khusus untuk prosedur medis ini, dampak psikologis pasca operasi juga bisa muncul.

Kehilangan payudara dapat memengaruhi citra diri, kepercayaan diri, dan hubungan interpersonal seorang wanita. Hal ini bisa menyebabkan perasaan sedih, kehilangan, dan cemas setelah operasi. Maka dari itu, dukungan emosional dan bantuan psikologis sangat penting dari orang sekitar.

Itulah berbagai fakta seputar operasi pengangkatan payudara yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu mengalami keluhan tentang kesehatan payudara, jangan ragu untuk segera berkonsultasi lebih lanjut dengan hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc.

Dengan begini kamu bisa berkonsultasi dengan praktis kapan saja dan dari mana saja. Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
MayoClinic. Diakses pada 2023. Mastectomy.
Breast Cancer Org. Diakses pada 2023. Types of Mastectomy.
Breast Cancer Org. Diakses pada 2023. Breast Reconstruction.
CDC. Diakses pada 2023. Breast Cancer in Men.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan