Kenali Penyebab Frostbite dan Cara Mengatasinya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   07 Oktober 2022

“Frostbite adalah salah satu gangguan kesehatan yang terjadi saat terpapar suhu dingin. Agar dapat menghindarinya, perlu tahu berbagai penyebab dari gangguan ini dan cara mengatasinya dengan benar.”

Kenali Penyebab Frostbite dan Cara MengatasinyaKenali Penyebab Frostbite dan Cara Mengatasinya

Halodoc, Jakarta – Suhu yang terlalu dingin dapat menyebabkan berbagai macam gangguan, salah satunya adalah frostbite. Hal ini terjadi saat kulit dan jaringannya mengalami kematian akibat kedinginan.

Masalah ini perlu mendapatkan penanganan segera agar tidak menimbulkan komplikasi. Maka dari itu, perlu tahu berbagai penyebab terjadinya frostbite dan cara mengatasinya saat terjadi.

Penyebab Terjadinya Frostbite

Gangguan ini terjadi saat seseorang mengalami pembekuan pada kulit dan jaringan di bawahnya. Hal ini berpotensi menyebabkan masalah permanen saat jaringan tubuh terluka akibat paparan dingin. Potensi untuk alami frostbite lebih tinggi selama musim dingin, saat cuaca berangin atau berada di ketinggian.

Lalu, apa sih penyebab dari gangguan ini?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, gangguan ini terjadi akibat paparan suhu atau air yang dingin. Namun, kamu juga bisa mengalami masalah ini saat terpapar suhu yang tidak terlalu dingin, tetapi terjadi dalam waktu yang lama. Beberapa penyebab lainnya adalah kompres es dan logam dingin saat ditekan langsung.

Selama frostbite, air di kulit membeku, sehingga menyebabkan kerusakan yang terlihat dan tidak terlihat pada sel dan jaringan lunak. Umumnya, masalah ini pertama kali menyerang jari tangan, jari kaki, dan telinga. Jika dibiarkan, kulit dan jaringan di bawahnya dapat terluka, seperti otot, saraf, dan sendi.

Beberapa kondisi lainnya, antara lain:

  • Menggunakan pakaian yang tidak sesuai saat cuaca sedang dingin.
  • Berada di luar ruangan saat cuaca sedang dingin dan angin yang besar.

Cara Mengatasi Frostbite

Salah satu hal yang vital pada seseorang yang mengalami frostbite adalah waktu. Maka dari itu, jika alami gejala dari frostbite tahap awal seperti jari memerah atau nyeri, segera masuk ke ruangan dan hangatkan kulit secara perlahan.

Jika gejala yang dialami sudah parah, pastikan segera mendapatkan bantuan medis. Lepaskan semua pakaian yang basah dan bungkus tubuh dengan kain bersih, lalu segera dapatkan perawatan darurat.

Beberapa tindakan lainnya yang dilakukan oleh ahli medis, yaitu:

  • Membantu untuk menaikkan suhu tubuh dengan air hangat atau kompres hangat.
  • Membalut kulit yang terkena frostbite dengan perban steril, serta pisahkan dengan jari yang sehat untuk menghindari gesekan.
  • Melakukan tes aliran darah guna memastikan radang dingin yang dialami parah atau tidak.
  • Memberikan antibiotik dan pereda nyeri.
  • Merehidrasi dengan pemberian air.

Jangan pernah mengatasi frostbite dengan sesuatu yang panas saat disentuh. Hindari juga penggunaan pemanas ruangan, selimut listrik, perapian, hingga air panas.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi frostbite yang perlu diketahui. Maka dari itu, jika udara atau cuaca sedang dingin, pastikan untuk menggunakan pakaian yang dapat menjaga suhu tubuh tetap hangat. Selain itu, sebaiknya tidak ke luar rumah saat suhu sangat dingin.

Jika masih memiliki pertanyaan lainnya terkait penyebab dan cara mengatasi frostbite, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk mendapatkan jawaban. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Jangan ragu lagi, gunakan aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Frostbite.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Frostbite.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan